Rekomendasi Aplikasi dan Tips Sukses Belajar Online

Rekomendasi Aplikasi dan Tips Sukses Belajar Online

 185,966 total views,  9 views today

Halo sobat Teknokrat – Beberapa tahun terakhir pembelajaran dengan metode belajar online atau e-learning mulai banyak digalakkan oleh berbagai kalangan. Cara tersebut dianggap dapat menjadi alternatif untuk proses belajar yang lebih fleksibel dan praktis serta disukai oleh generasi pelajar saat ini. Ada banyak sekali manfaat online learning, terutama dari segi penyampaian yang cenderung lebih atraktif sehingga meningkatkan minat belajar.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online

Ada banyak aplikasi belajar online yang tersedia di pasaran. Tapi salah satu yang menonjol adalah iSpring. Aplikasi iSpring memiliki banyak fitur yang membantu karyawan dan mentor untuk belajar secara efektif. Ini adalah aplikasi LMS (Learning Management System) berbayar yang menawarkan belajar online, pelatihan, dan kuis untuk semua jenis pelatihan.

Aplikasi iSpring ini menawarkan berbagai fitur guna memudahkan mentor dan karyawan untuk belajar dari dan berlatih pada waktu mereka sendiri. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat kuis sendiri untuk konten yang ingin mereka pelajari atau ajarkan kepada orang lain.

Baca Juga : Tips Kuliah di Luar Negeri untuk Memulai Karir Akademis

iSpring LMS juga menawarkan fitur white label yang memungkinkan perusahaan untuk mengubah sesuai nama brandnya. Ini merupakan value tambahan yang tidak Anda dapatkan pada aplikasi serupa.

aplikasi belajar online

Aplikasi LMS iSpring membantu orang belajar bersama dengan berbagi pengetahuan satu sama lain dalam kelompok sambil tetap menjaga privasi dengan hanya menunjukkannya di dalam grup yang sudah tergabung. Aplikasi belajar online iSpring dirancang bagi karyawan untuk meningkatkan kompetensi mereka. Memudahkan karyawan untuk mengakses berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar.

Karyawan dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengakses materi kursus, kuis, dan pelatihan kompetensi dari mana saja, kapan saja. Beberapa aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk siaran langsung (livestream). Karyawan juga dapat mengakses grup belajar dan ruang obrolan di platform ini yang akan membantu mereka dengan tugas, proyek, atau ujian mereka.

Aplikasi belajar online iSpring adalah aplikasi berbasis windows. Sehingga Anda membutuhkan instalasi sebelum menggunakannya. Namun tak perlu khawatir, iSpring LMS sudah menyediakan dokumentasi lengkap dari proses instalasi hingga konfigurasi. Beberapa keunggulan LMS iSpring:

  • Membuat konten edukasi secara mudah. Dinamis dan menarik.
  • Terintegrasi dengan aplikasi berbasis mobile phone
  • Bisa di konversi ke power point (PPT). sehingga bisa Anda jadikan materi presentasi
  • Tangkapan layar berguna untuk Anda simpan bagian yang menurut Anda sangat penting
  • Kompatibilitas lintas platform, seperti: LearnDash, EasyLMS, Canvas, SmartU, dsb.

Demikian aplikasi LMS karya iSpring. kaya fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang kompetensi karyawan Anda.

Tips Sukses Belajar Online

Jika Anda baru mengikuti kelas online, perlu sedikit penyesuaian untuk menyesuaikannya Untuk membantu Anda, kami melihat beberapa tips untuk membantu Anda sukses dengan pembelajaran online.

Bagi banyak siswa, awal tahun ajaran baru terlihat sangat berbeda. Baik Anda akan kuliah untuk pertama kalinya atau kembali untuk melanjutkan studi, pandemi COVID-19 berarti ada banyak perubahan yang terjadi. Jadi, dengan banyaknya kursus dan kelas yang berlangsung secara virtual, bagaimana Anda berhasil dengan pembelajaran online? 

Selain menjelajahi beberapa perdebatan terkini seputar pembelajaran online, kami juga akan melihat beberapa tip dan trik tentang cara memaksimalkan efektivitas Anda. Bagi banyak pelajar, keterampilan dan pengetahuan sudah ada. Seperti yang akan kita lihat, ini hanya kasus mengetahui bagaimana menerapkannya.

Apakah Anda Sudah Siap untuk Belajar Online?

Pandemi virus corona berarti bahwa kita semua harus mengubah dan menyesuaikan hidup kita sampai taraf tertentu. Dalam banyak kasus, ini juga mempercepat beberapa tren yang sudah kita lihat. Salah satu perubahan tersebut adalah bergerak menuju pembelajaran online. Tetapi apakah siswa siap untuk pengalaman online sepenuhnya atau sebagian besar? 

Sebuah artikel terbaru dari The Guardian melaporkan bahwa para ahli khawatir siswa baru tahun ini telah ‘kehilangan disiplin belajar.’ Alasan mereka adalah bahwa bulan-bulan penguncian tanpa persiapan ujian dapat berarti mereka berjuang untuk beradaptasi dengan belajar secara mandiri di universitas. 

Demikian pula, penelitian dari National Union of Students (NUS) Inggris menunjukkan bahwa satu dari lima siswa tidak memiliki akses ke pembelajaran online . Kelompok tertentu paling terpukul, dan sebanyak satu dari tiga siswa mengatakan pengalaman belajar online mereka berkualitas buruk. 

Meskipun ini semua terdengar cukup suram, ada beberapa faktor yang memberi harapan. Misalnya, statistik terbaru menunjukkan bahwa 46% individu berusia 16-24 di Inggris Raya sudah menggunakan materi pembelajaran online. Terlebih lagi, banyak universitas di seluruh negeri memiliki pengalaman memberikan kesempatan belajar online dan dukungan serta dorongan bagi siswa. 

Generasi pembelajar saat ini dikenal sebagai ‘digital natives’, tumbuh di era internet. Mudah-mudahan, pengalaman dengan teknologi ini, ditambah dengan struktur yang disediakan oleh institusi pendidikan tinggi, akan memungkinkan siswa dari semua jenis untuk berhasil dengan pembelajaran online.

Cara Sukses Dengan Pembelajaran Online

Meskipun ada ketidakpastian tentang bagaimana tahun ini akan berjalan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan kelas, kuliah, dan kursus online Anda seefektif mungkin. Sekali lagi, banyak dari pengetahuan dan banyak keterampilan adalah hal-hal yang sudah Anda terapkan pada pembelajaran Anda. Namun, ada baiknya mengetahui bagaimana dan kapan menggunakannya. 

Agar berhasil dengan pembelajaran online, ada empat bidang utama yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Memperhatikan masing-masing hal ini dapat membantu Anda belajar seefisien mungkin:

Manajemen Rutinitas Anda

Rutinitas belajar Anda adalah salah satu landasan studi online Anda. Jika Anda mempertahankan kebiasaan positif, Anda akan segera melihat hasilnya. Meskipun tergoda untuk berpuas diri saat kelas Anda ada di internet (baik secara langsung atau direkam), penting bagi Anda untuk tetap fokus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Perlakukan seperti yang Anda lakukan secara pribadi

Salah satu cara terbaik untuk berhasil dengan pembelajaran online adalah memperlakukan pengalaman seperti yang Anda lakukan dengan kelas tatap muka. Ini berarti mendekati studi Anda dengan cara yang sama seperti jika Anda harus menghadiri kampus. Pertahankan diri Anda pada standar yang sama, pastikan Anda teratur, tepat waktu, dan siap belajar. 

Sama menariknya dengan prospek belajar dari tempat tidur Anda atau bermain video game selama kuliah terdengar, itu tidak kondusif untuk belajar. Anda tidak akan melakukannya selama studi reguler Anda, jadi hindari melakukannya saat Anda belajar online.

Tetap disiplin

Bagian dari memperlakukan pembelajaran online Anda seperti yang Anda lakukan dengan pengalaman langsung adalah tetap disiplin. Meskipun rumah atau asrama Anda tidak terlihat seperti kampus, Anda tetap harus memiliki disiplin diri yang sama dalam hal belajar mandiri. Kelas dan jadwal belajar Anda harus sesuai dengan yang digariskan dalam kursus Anda, dan Anda juga perlu mendedikasikan waktu untuk studi Anda sendiri di luar itu. 

Sisihkan waktu dan ruang di hari Anda untuk belajar, dan patuhi jadwal Anda begitu Anda memilikinya. Coba dan perhitungkan waktu yang dihabiskan di meja Anda, serta untuk hal-hal seperti makan siang, istirahat sejenak, dan akhir hari Anda. Menulis jadwal Anda dapat membantu, karena mungkin memaksa Anda untuk tetap pada jalur pembelajaran Anda.

Tulis catatan Anda

Apakah kuliah atau seminar Anda direkam sebelumnya atau disiarkan langsung, Anda harus meluangkan waktu untuk menulis catatan Anda. Mungkin tergoda untuk menganggap sumber online sebagai catatan studi yang sudah dibuat sebelumnya. Namun, membuat catatan sendiri mendorong Anda untuk terlibat dengan materi dan memasukkannya ke dalam kata-kata Anda sendiri. 

Untuk video langsung, cobalah dan perhatikan apa yang terjadi saat ini daripada langsung menulis catatan. Semoga nanti bisa nonton lagi videonya. Jika kelas Anda sudah direkam sebelumnya, Anda dapat menjeda dan membuat catatan sambil berjalan.

Menyumbang Pemikiran

Belajar adalah proses dua arah. Meskipun membuka kuliah online atau meninjau materi itu penting, begitu juga terlibat dalam diskusi. Ajukan pertanyaan jika perlu, dan jangan takut untuk mencari bantuan dengan materi jika Anda membutuhkannya. 

Anda mungkin juga menemukan bahwa ada hal-hal seperti grup diskusi, forum, atau papan pesan tempat Anda dapat memposting pertanyaan. Cobalah dan berkontribusi di sini di mana Anda bisa, apakah itu membaca apa yang telah ditulis orang lain atau mengajukan pertanyaan sendiri. Pada akhirnya, Anda berada di sana untuk belajar, jadi jika Anda tidak memahami sesuatu, Anda berhak untuk meminta klarifikasi!

Menindaklanjuti

Setelah kelas, kuliah, atau seminar Anda selesai, jangan lupakan saja dan lanjutkan. Selain menulis catatan Anda, luangkan waktu untuk memikirkan topik yang Anda bahas dan pertanyaan apa pun yang diajukan. Pastikan Anda telah memahami detailnya sebelum mengakhiri pembelajaran Anda. 

Tetap berhubungan dengan tutor Anda juga. Mereka mungkin meminta umpan balik tentang materi dan video mereka, misalnya. Jangan lupa bahwa ini mungkin cara baru dalam melakukan sesuatu untuk mereka juga. Mereka ingin Anda berhasil dengan pembelajaran online Anda, jadi umpan balik yang jujur ​​tentang seberapa efektif presentasi mereka dapat sangat membantu Anda berdua.

Tingkatkan Keterampilan Anda

Salah satu aset utama yang dapat membantu pengalaman belajar online Anda adalah soft skill Anda . Ini adalah ciri-ciri karakter, perilaku, dan sikap yang membantu Anda menghadapi tantangan. Ada semua jenis ini yang dapat membantu Anda sukses dengan pembelajaran online, dan banyak yang Anda gunakan di kelas reguler:

Manajemen waktu

Selalu ada bahaya penundaan saat Anda belajar dari jarak jauh. Tergantung pada beberapa faktor, kursus Anda mungkin atau mungkin tidak diajarkan secara real-time. Either way, jadwal belajar Anda mungkin tidak terdefinisi dengan baik. Dengan demikian, terserah Anda untuk mengatur waktu Anda sendiri dan memastikan Anda memenuhi tenggat waktu. 

Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan meninjau silabus untuk setiap kursus Anda. Anda kemudian dapat mengidentifikasi kapan tanggal penting Anda, seperti tugas dan ujian yang harus diselesaikan. Tambahkan ini ke buku harian atau agenda Anda, agar tidak mengejutkan Anda. Daftar tugas harian juga dapat membantu Anda tetap di jalur, serta memberi Anda kepuasan untuk menandai pencapaian Anda.

Organisasi

Kami telah menjelaskan betapa pentingnya rutinitas belajar Anda. Selain mengatur waktu Anda, Anda perlu merencanakan bagaimana Anda akan menyelesaikan pekerjaan Anda, di mana Anda akan belajar, dan jenis lingkungan apa yang terbaik untuk Anda. 

Ada banyak cara untuk mengatur usaha Anda. Buku harian studi, sistem pengarsipan, dan daftar tugas semuanya berguna. Demikian pula, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk lingkungan kerja yang produktif, yang akan kami bahas lebih detail di bawah.

Keterampilan digital

Sebagai salah satu generasi digital, Anda mungkin cukup familiar dengan banyak teknologi yang akan Anda gunakan. Namun untuk berhasil dengan pembelajaran online, Anda perlu tahu tentang bagaimana menerapkan beberapa keterampilan digital penting untuk studi Anda. 

Penting untuk mengetahui cara memanfaatkan alat digital dan sumber daya online yang disediakan oleh universitas Anda. Sama pentingnya, memahami bagaimana mengembangkan hubungan dan membangun jaringan dukungan sangat penting.

Komunikasi

Saat Anda belajar online, keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang kuat sangat penting. Keterampilan yang dibutuhkan berbeda dari yang dibutuhkan di kelas, artinya ada baiknya memikirkannya. Selain mendiskusikan dan berbagi pekerjaan Anda dengan tutor, Anda juga harus bekerja dengan orang lain dalam proyek. 

Memahami di mana kekuatan dan kelemahan Anda dalam hal ini sangat penting. Dengan melatih keterampilan ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda memahami konten kursus dan bahwa kebutuhan serta pertanyaan Anda dipahami oleh orang lain.

Motivasi 

Mengingat betapa tidak pastinya dunia saat ini, tidak heran beberapa orang berjuang untuk tetap terlibat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Namun, jika Anda ingin berhasil dengan pembelajaran online, Anda harus tetap termotivasi . 

Keterampilan rutin dan manajemen waktu Anda akan berperan dalam motivasi Anda secara keseluruhan. Anda mungkin juga ingin mengambil pendekatan yang berorientasi pada tujuan. Tetapkan tujuan keseluruhan Anda untuk setiap kursus/modul, dan bagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dari sini, Anda dapat menghargai diri sendiri karena memenuhi tujuan kecil Anda, baik secara harian, mingguan, atau bulanan.

Ruang Belajar Yang Nyaman

Jika sebagian besar waktu belajar Anda akan dilakukan di luar ruang kuliah, laboratorium, atau ruang seminar, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada lingkungan kerja Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan ruang belajar yang efektif:

Pilih tempat yang tenang

Saat Anda sedang duduk untuk belajar, Anda ingin memastikan Anda memiliki area yang tenang untuk duduk. Untuk kelas langsung, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda dapat berkontribusi dengan percaya diri tanpa risiko kebisingan latar belakang yang merembes melalui mikrofon Anda. Demikian pula, tempat yang tenang memungkinkan Anda untuk fokus pada materi pembelajaran Anda, memberi Anda waktu untuk belajar dan berefleksi .

Tetap rapi dan rapi

Ada beberapa penelitian yang menghubungkan lingkungan yang berantakan dengan kesulitan untuk fokus. Alasannya adalah, ketika ada banyak objek berbeda untuk diterima otak Anda, otak tidak dapat memproses situasi dengan cepat. Alasan ini juga mengapa kita bisa merasa tidak fokus dan otak tercerai-berai ketika kita dikelilingi oleh kekacauan. 

Ruang kerja yang rapi juga membantu organisasi dan rutinitas Anda. Anda tahu di mana barang-barang itu berada, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan catatan, bahan, alat tulis, dll.

Pastikan nyaman

Anda mungkin akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk belajar online, setidaknya untuk saat ini. Oleh karena itu, Anda ingin memastikan bahwa ruang Anda diatur agar Anda tetap fokus dan nyaman. Sekali lagi, hindari hal-hal seperti tempat tidur dan sofa Anda di sini. Cobalah dan dapatkan meja dan kursi dengan dukungan punggung yang cukup. Anda ingin postur Anda tegak, dengan lengan dan paha Anda kira-kira sejajar dengan lantai. 

Perhatikan juga hal-hal seperti suhu dan pencahayaan. Cahaya alami adalah yang terbaik, dan pilih suhu yang membuat Anda tetap produktif tanpa merasa mengantuk atau kedinginan.

Hindari gangguan

Salah satu masalah yang sering ditemukan oleh orang-orang yang baru belajar atau bekerja dari rumah adalah banyaknya gangguan. Komputer Anda mungkin telah menginstal game, sementara TV, ponsel, dan tablet Anda mungkin berada dalam jangkauan tangan. Jika Anda ingin berhasil dengan pembelajaran online, Anda harus menghilangkan gangguan ini. 

Coba matikan ponsel Anda atau tinggalkan di ruangan lain. Tambahkan waktu TV atau game yang ditentukan sebagai bagian dari jadwal Anda. Dan gunakan hal-hal seperti pemblokir situs web untuk menghapus aplikasi atau situs web yang Anda tunda.

Cek peralatan Anda

Tidak peduli seberapa banyak pembelajaran Anda berbasis online, Anda tetap harus memastikan bahwa teknologi Anda siap untuk itu. Unduh perangkat lunak dan aplikasi yang diperlukan, kumpulkan detail login untuk layanan yang Anda butuhkan, dan uji webcam, mikrofon, dan koneksi internet Anda. 

Dengan pembelajaran online, akan selalu ada kesulitan teknis di sana-sini. Namun, dengan mempersiapkan dan menguji penyiapan Anda sebelumnya, Anda dapat meminimalkannya dan dampaknya.

Perhatikan Kesehatan

Perawatan diri adalah bagian penting dari studi Anda. Mengingat keadaan saat ini, itu lebih penting dari sebelumnya. Menjaga kesehatan fisik dan mental Anda dapat membantu Anda tetap produktif dan mencegah Anda dari kelelahan.

Bersikap baik kepada diri sendiri

Belajar online terkadang bisa sedikit melelahkan. Jika Anda menghabiskan sepanjang hari duduk di depan komputer, Anda mungkin mulai merasa sedikit sakit dan kewalahan. Untuk menghindari hal ini terjadi, beberapa perawatan diri bisa sangat membantu. Ingatlah untuk sering melakukan peregangan dan menjauh dari meja Anda. Hadiahi diri Anda dengan secangkir teh atau biskuit sesering mungkin. Pada akhirnya, jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda mengalami kesulitan. Ketahuilah bahwa ada bantuan dan dukungan di luar sana jika Anda membutuhkannya.

Istirahat

Apakah Anda menghabiskan waktu untuk meneliti sebuah proyek atau mempelajari catatan studi dari kuliah, beri diri Anda waktu untuk istirahat. Banyak penelitian setuju bahwa kebanyakan orang dapat mempertahankan konsentrasi karena dalam sekali jalan adalah sekitar 50-90 menit. Apa pun yang lebih dari itu kemungkinan akan membuat Anda merasa frustrasi dan lelah. 

Dengan pengetahuan ini dalam pikiran, rencanakan istirahat Anda sesuai dengan itu. Rencanakan istirahat pendek dan panjang sepanjang hari belajar Anda. Ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk suguhan, seperti minuman panas atau menelusuri media sosial dengan cepat. 

Berlatih perhatian

Mindfulness adalah praktik menyadari sepenuhnya diri sendiri dan lingkungan Anda. Ini tentang mengesampingkan gangguan sejenak untuk berhubungan dengan perasaan kita saat ini. Teknik ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan meningkatkan kesehatan mental, kreativitas, dan memori Anda. Untuk seseorang yang sedang belajar, ini semua penting. 

Tidur yang cukup

Kita semua tahu betapa pentingnya tidur bagi kemampuan kita untuk berfungsi, namun hanya sedikit dari kita yang merasa cukup. Ketika Anda mencoba untuk berhasil dengan pembelajaran online, rutinitas tidur yang teratur dapat menghasilkan keajaiban. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas, memungkinkan Anda fokus pada hari kerja Anda. 

Saat Anda belajar dari rumah, godaannya adalah tidur siang di siang hari, yang bisa menjadi kesalahan besar. Sebagai gantinya, cobalah dan atur waktu tidur yang teratur dan pastikan Anda lelah saat naik ke tempat tidur. Hindari kafein di sore hari, minimalkan waktu layar Anda sebelum tidur, dan pastikan untuk banyak berolahraga.

Tetap bersosialisasi

Ini bukan waktu termudah untuk bersosialisasi dan bertemu orang baru, tetapi bukan tidak mungkin. Banyak kursus online, baik melalui universitas atau lainnya, memiliki opsi untuk mengobrol dengan rekan-rekan Anda. Baik itu memposting pertanyaan di forum atau menjawab pertanyaan sesama siswa, memulai percakapan akan bermanfaat. Anda juga dapat membuat kelompok belajar virtual dengan orang-orang di program studi Anda. 

Ada juga banyak cara Anda dapat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga di tempat lain, melalui telepon, pesan, dan obrolan video. Jangan biarkan diri Anda merasa terisolasi, dan pastikan untuk mencari dukungan jika Anda membutuhkannya.

37 thoughts on “Rekomendasi Aplikasi dan Tips Sukses Belajar Online

  1. It’s actually a great and useful piece of information. I am satisfied that you simply shared this useful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  2. Wow! Thank you! I continually needed to write on my blog something like that. Can I implement a fragment of your post to my blog?

  3. A pension scheme casodex product insert Over the years, Nash has developed strong relationships with many long-term patients

  4. This post offers clear idea in favor of the new visitors of blogging, that actually how to dorunning a blog.

  5. It’s truly a great and helpful piece of info.I am happy that you just shared this helpful info with us.Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  6. I enjoy what you guys tend to be up too. This type of clever work and reporting! Keep up the good works guys I’ve you guys to my own blogroll.

  7. Thanks on your marvelous posting! I certainly enjoyed reading it, you are a great author.I will be sure to bookmark your blog and may come back sometime soon. I want to encourage continue your great posts, have a nice morning!

  8. Wow that was odd. I just wrote an very long comment butafter I clicked submit my comment didn’t show up.Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyhow, justwanted to say excellent blog!

  9. I am not sure where you’re getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for magnificent information I was looking for this information for my mission.

  10. Discord’da kaliteli ve aktif Discord sunucusu aramaya artık son. discord gif sunucuları ortak buluşma noktası. Ücretsiz sunucunu ekle, gerçek üyeler kazan.

  11. I was suggested this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You’re wonderful! Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux