Adakah Campuspedia Friends, khususnya mahasiswa Komunikasi, yang lagi bingung mencari tempat magang? Tenang saja, Minca akan beberkan solusinya!

Komunikasi merupakan jurusan yang fleksibel. Anak-anak dari jurusan ini dibutuhkan di banyak tempat. Saking banyaknya, jadi bingung mau pilih yang mana sebagai tempat magang.

Eits Minca sudah kelompokkan tempat-tempat mana saja yang bisa dijadikan sebagai tempat magang bagi anak Komunikasi. Berikut rekomendasi tempat magang buat anak Komunikasi. Simak, yah!

Baca juga:

Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah termasuk salah satu tempat yang sering membutuhkan anak Komunikasi. Karena instansi pemerintah membutuhkan tenaga untuk mengelola jalannya arus komunikasi, baik itu arus komunikasi internal maupun eksternal.

Umumnya jika magang di instansi pemerintah, anak Komunikasi bakal ditempatkan di Divisi Hubungan Masyarakat atau Protokoler Pemerintah. Di sini kamu bakal mempelajari berbagai hal mengenai seluk beluk komunikasi organisasi, government public relations, bahkan jurnalistik.

Beberapa instansi pemerintahan yang bisa kamu apply sebagai tempat magang adalah Kementerian Sekretariat Negara, Dewan Perwakilan Rakyat (beserta fraksi-fraksi di dalamnya), Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Untuk instansi pemerintah pusat, informasi mengenai program magang akan diumumkan secara resmi dalam periode tertentu. Jadi, kamu bisa mengecek website instansi tersebut secara berkala. Seperti dan .  

Namun untuk instansi pemerintah provinsi dan daerah, jarang sekali mengumumkan program magang melalui website mereka. Nah, solusinya kamu bisa menghubungi langsung instansi tersebut.

Perusahaan Media

Tempat yang satu ini tidak usah diragukan lagi buat anak Komunikasi. Lowongan magang di media buat anak Komunikasi sangatlah banyak. Karena nyaris seluruh aspek di perusahaan media membutuhkan anak Komunikasi. Ditambah perusahaan media pun sudah beragam. Tidak hanya media konvensional seperti televisi, radio dan surat kabar, kamu juga bisa apply tempat magang di media online.

Apabila kamu magang di perusahaan media, keahlian utama yang dibutuhkan adalah kompetensi produksi konten media. Namun, saat ini perusahaan media tidak hanya membuka lowongan pada divisi produksi saja. Melainkan juga ada divisi lain seperti divisi Hubungan Masyarakat dan Media Analis. Sehingga keahlian dasar ilmu komunikasi lainnya juga perlu kamu kuasai jika ingin magang di perusahaan media.

Baca juga:

Agensi

Agensi termasuk tempat magang yang cocok dengan anak Komunikasi. Bidang industri ini membutuhkan insan-insan kreatif yang terbiasa memproduksi konten media. Tentunya kualifikasi tersebut identik sekali dengan anak Komunikasi.

Adapun agensi yang bisa kamu jadikan sebagai tempat magang diantaranya adalah agensi periklanan dan agensi model. Jika kamu magang di kedua agensi ini, kemampuan seni komunikasi kamu bakal diasah banget. Seperti menulis, fotografi, desain, dan videografi.

Wedding atau Event Organizer

Bagi anak komunikasi yang ingin belajar lebih dalam mengenai pengelolaan sebuah event, bisa mencoba magang di wedding atau event organizer. Kedua tempat ini akan menambah pengetahuan kamu tentang seluk beluk dunia produksi event.

Serunya mencari klien, membuat planning event, hingga running event akan kamu rasakan jika kamu melakukan magang di wedding dan event organizer. Dari sana kemampuan kamu dalam bidang komunikasi publik, public relations, dan manajemen komunikasi akan semakin terasah.

Start-Up

Ranah yang sedang digandrungi anak muda ini juga membuka banyak lowongan magang untuk anak Komunikasi. Kebanyakan start-up memanfaatkan media komunikasi seperti media sosial dan internet sebagai platform mereka, sehingga kebolehan anak-anak Komunikasi dalam mengelola pesan sangat dibutuhkan.

Beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu ambil jika nantinya magang di start-up diantaranya Digital Marketing, Visual Designer, Product Development, Creative Writer, Editor, dan masih banyak lagi! 

Baca juga:

Magang atau internship sangat berguna untuk mengasah skill kamu. Melalui kegiatan ini kamu akan terjun langsung mengimplementasikan apa yang kamu punya. Sekaligus mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya tidak kamu temukan di bangku kuliah. Mulai dari menjalankan job desc yang diberikan, berinteraksi dengan lingkungan baru, hingga mendapatkan relasi baru. 

Buat Campuspedia Friends yang mengambil jurusan Komunikasi, bisa banget mendapatkan berbagai manfaat magang tersebut dengan mengikuti program magang di berbagai tempat, seperti yang telah Minca rekomendasikan di atas.

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *