Sejarah Taekwondo

Sejarah Taekwondo

 193 total views,  6 views today

Sejarah Taekwondo – Taekwondo adalah seni bela diri yang penuh keindahan dan keterampilan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah panjang dan perkembangan seni bela diri ini, dari asal-usulnya hingga menjadi fenomena global yang kita kenal saat ini.

Taekwondo memiliki akar yang dalam di tanah Korea. Dalam sejarahnya, kita menemukan bahwa seni bela diri ini berkembang dari berbagai tradisi bela diri yang ada di Korea, termasuk Taekkyeon dan Hwa Rang Do.

Penting untuk mencatat bahwa Jenderal Choi Hong-hi memainkan peran kunci dalam pembentukan Taekwondo modern. Ia adalah salah satu tokoh utama yang memadukan berbagai elemen bela diri tradisional Korea menjadi satu sistem yang dikenal sebagai Taekwondo.

Kukkiwon, yang didirikan pada tahun 1972, adalah organisasi yang bertanggung jawab atas pengembangan dan penyebaran Taekwondo di seluruh dunia. Ini menjadi markas besar resmi seni bela diri ini.

Baca Juga : HOW TO MAKE DELICIOUS KEBABS

Puncak dari perkembangan global Taekwondo adalah saat masuknya seni bela diri ini sebagai cabang Olimpiade resmi. Ini membuka pintu bagi atlet Taekwondo untuk bersaing di panggung internasional.

Film-film seperti “The Karate Kid” dan “The Taekwondo Kid” membantu mengangkat popularitas seni bela diri ini di kalangan penonton dunia.

Poomsae adalah serangkaian gerakan dan langkah yang dilakukan untuk melatih keterampilan dan kekuatan dalam Taekwondo. Ini merupakan bagian penting dari pelatihan.

Taegeuk adalah simbol-simbol yang digunakan dalam poomsae. Mereka mewakili prinsip-prinsip dasar Taekwondo dan memiliki makna mendalam.

Taekwondo memiliki kode etik yang kuat yang mengajarkan nilai-nilai seperti disiplin, hormat, dan integritas. Ini adalah aspek penting dari seni bela diri ini.

Taekwondo tiba di Indonesia pada awal 1960-an melalui berbagai kontak internasional. Awalnya, seni bela diri ini hanya dikenal oleh segelintir orang.

Pemerintah Indonesia kemudian memainkan peran penting dalam penyebaran Taekwondo di negara ini dengan mendukung pembentukan federasi resmi.

Atlet-atlet Taekwondo Indonesia telah berhasil meraih prestasi di berbagai kompetisi internasional, seperti Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Sumber Artikel : teknokrat

Penulis : Meydalani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *