Campuspedia – Sama seperti kebanyakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya, Universitas Airlangga (Unair) sebentar lagi juga akan membuka pendaftaran seleksi mandiri. Jalur mandiri ini biasa disebut dengan Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA).

Tahun ini, ada ada 4 jalur SMUA yang bisa dipilih oleh kamu para pejuang PTN. Kira-kira kapan dan apa syarat pendaftarannya? Berapa perkiraan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mandiri Unair? Berikut ini penjelasannya.

Jalur Seleksi Mandiri Unair (SMUA) 2024

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada banyak jalur SMUA 2024 yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. Mandiri Prestasi

Seleksi mandiri Unair satu ini dilakukan berdasarkan berdasarkan penilaian akademik (nilai rapor) serta prestasi akademik dan non-akademik peserta.

Mengingat penilaian seleksi yang demikian, maka peserta yang bisa mendaftar di seleksi Mandiri Prestasi Unair hanyalah para siswa kelas 12 eligible atau mereka yang bisa mendaftar pada SNBP 2024.

Pendaftaran Mandiri Prestasi Unair 2024 ini dibuka pada 27 Mei s.d. 27 Juni 2024. Tanggal tersebut sudah mencakup pada pembayaran pendaftaran serta pengisian form pendaftaran. Sementara pengumuman akhir akan dilakukan pada 5 Juli 2024.

2. Mandiri UTBK

Sesuai dengan namanya, seleksi mandiri satu mensyaratkan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahun berjalan.

Selain itu, ada pula Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang harus diikuti peserta jika ingin mendaftar di Seleksi Mandiri Unair satu ini. TKA ini diambil untuk melihat kemampuan peserta di bidang saintek atau soshum, sesuai dengan ranah program studi (prodi) yang dipilihnya.

Pendaftaran Mandiri UTBK Unair 2024 dibuka pada 3 Juni s.d. 8 Juli 2024, termasuk didalamnya waktu pembayaran biaya seleksi serta melengkapi form/dokumen yang diminta. Sementara TKA akan diadakan pada 13 – 14 Juli 2024 dan pengumuman akhir pada 17 Juli 2024.

3. Mandiri Ujian Tulis

Seleksi mandiri Unair satu ini merupakan seleksi dengan tes yang diselenggarakan langsung oleh Universitas Airlangga dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

Nantinya ada dua materi pada Mandiri Ujian Tulis Unair, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan TKA sesuai dengan pilihan ranah prodi.

Pendaftaran Mandiri Ujian Tulis Unair akan dibuka pada 10 Juni s.d. 19 Juli 2024, termasuk didalamnya pembayaran biaya seleksi serta pengisian form/dokumen pendaftaran. Ujian akan diselenggarakan pada 24 – 25 Juli 2024 dan pengumuman akhir pada 29 Juli 2024.

4. Mandiri Kemitraan Ujian Tulis

Secara keseluruhan, Mandiri Kemitraan Ujian Tulis sama seperti Mandiri Ujian Tulis. Hanya saja, ada beberapa syarat khusus yang harus dimiliki peserta, yaitu:

  • Peserta harus memiliki Rekomendasi Mitra yang ditunjukkan dengan Surat Pernyataan
  • Mitra merupakan instansi pemerintah atau instansi lain yang bekerja sama dengan Universitas Airlangga

Jadwal penting untuk seleksi mandiri Unair satu ini juga sama seperti Mandiri Ujian Tulis.

Perkiraan Biaya Pendidikan Seleksi Mandiri Unair

Seleksi mandiri PTN tidak lepas dari uang pangkal. Di Universitas Airlangga sendiri, uang pangkal mereka disebut dengan Iuran Pengenbangan Instansi (IPI) yang dibayarkan sekali saja saat masuk. IPI ini terbagi menjadi 4 golongan yang bisa dipilih berdasarkan kemampuan ekonomi.

Jumlah IPI yang dibayarkan pun beragam, tergantung pada pilihan prodi peserta. Berikut ini adalah kisaran besaran IPI yang dibayarkan:

  1. Fakultas saintek
    • Non-kesehatan: paling tinggi Rp 100 juta dan paling rendah Rp 25 juta
    • Kesehatan: paling tinggi Rp 275 juta dan paling rendah Rp 45 juta
  2. Fakultas soshum paling tinggi Rp 75 juta dan paling rendah Rp 25 juta

Ada pun UKT yang harus dibayarkan tiap semesternya. Bagi mahasiswa yang masuk Unair lewat seleksi mandiri, maka besaran UKT-nya sudah ditetapkan, tanpa ada penggolongan lagi.

Berikut ini adalah besaran UKT yang masuk lewat jalur seleksi mandiri:

  1. Fakultas saintek
    • Non-kesehatan: paling tinggi Rp 10 juta dan paling rendah Rp 9 juta
    • Kesehatan: paling tinggi Rp 20 juta dan paling rendah Rp 10 juta
  2. Fakultas soshum paling tinggi Rp 8,5 juta dan paling rendah Rp 6 juta

Itulah informasi terkait Seleksi Mandiri Unair 2024 yang perlu kamu ketahui. Terus pantau web resmi kampus untuk mengetahui jika ada perubahan informasi sewaktu-waktu. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *