Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Diten Dikti Kemendikbudristek) menegaskan, mata kuliah Startup Digital hanya bersifat opsional atau pilihan. Sebelumnya, mata kuliah ini diwacanakan bakal menjadi mata kuliah wajib.

Sekretaris Ditjen Dikti Kemendikbudristek Paristiyanti Nurwardani menyatakan, mata kuliah Startup Digital bukan bagian dari Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK). Mata kuliah ini direncanakan akan mulai diterapkan pada tahun 2022 mendatang.

“Kami akan dorong hadirnya mata kuliah Startup Digital pada tahun 2022 namun perlu kami luruskan bahwa sifatnya opsional seperti program kewirausahaan yang selalu jadi opsi sebagai bagian dari Kampus Merdeka,” ujar Paris sebagaimana dikutip dari , Selasa (18/05/2021).

Baca juga:

Mata kuliah Startup Digital merupakan kolaborasi antara Ditjen Dikti dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kolaborasi ini diyakini sebagai bentuk respon atas perkembangan dunia startup di Indonesia.

Selain itu, mata kuliah ini juga sejalan dengan Gerakan 1000 Startup yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo. Sehingga mata kuliah ini dijadikan sebagai wadah pendampingan sekaligus pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang startup.

“Melalui hal ini nantinya mahasiswa dapat semakin mudah mengembangkan diri sesuai dengan minat dan kompetensinya masing-masing agar dapat bersaing di dunia kerja,” imbuh Paris kepada .

Baca juga:

Guna mempersiapkan jalannya mata kuliah, Kemendikbudristek sudah mulai melatih para dosen yang nantinya akan bertugas sebagai dosen pengampu. Pada tahun 2021, Ditjen Dikti menargetkan sebanyak 100 ribu dosen dan mahasiswa mengikuti program pelatihan tersebut.

Adakah Campuspedia Friends yang penasaran dengan mata kuliah ini? Bagi Campuspedia Friends yang sangat tertarik dengan dunia startup, pastikan kamu mengambil mata kuliah ini nantinya, yah!

Baca juga:

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *