Hallo Campuspedia Friends! Apakah dari kalian ada yang menjadi salah satu dari #pejuangkedinasan2021 ? Salah satu sekolah kedinasan yang ada, yakni IPDN menjadi salah satu pilihan sekolah kedinasan terfavorit pada pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021.

Seperti yang diketahui, pendaftaran sekolah tinggi kedinasan sudah dibuka sejak tanggal 9 April 2021 dan akan berlangsung hingga 30 April mendatang. Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Seperti Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan lain-lain.

 

Baca juga :

 

Berdasarkan update dari pada hari Sabtu (24/04/2021), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjadi sekolah kedinasan dengan pemilih sebesar 25.103 calon mahasiswa dari 115.510 pendaftar dan 12.378 calon mahasiswa dari 69.986 pendaftar yang telah melakukan submit.

Dalam posisi kedua, diikuti oleh perguruan tinggi naungan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) yakni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang dipilih oleh 16.878 pendaftar. Diikuti oleh Polstat STIS dengan 13.018 pendaftar, dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara dengan 5.947 pendaftar.

Melansir IPDN merupakan sekolah kedinasan naungan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Dalam , dijelaskan bahwa :

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Minimal berumur 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 September 2021,
  3. Tinggi badan minimal 160 cm (Pria) dan 155 cm (Wanita)

 

Baca juga :  

 

Persyaratan Khusus

  1. Tidak sedang menjalani atau terancam pidana,
  2. Tidak bertindik bagi pria (kecuali tuntutan adat/agama),
  3. Tidak bertato,
  4. Tidak berkacamata/lensa kontak,
  5. Tidak pernah menikah/kawin, dan melahirkan/hamil,
  6. Belum pernah diberhentikan dari IPDN atau perguruan tinggi lain secara tidak hormat,
  7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus, maka:
    1. Bersedia tidak menikah/kawin selama pendidikan,
    2. Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia,
    3. Bersedia ditempatkan di seluruh kampus IPDN,
    4. Bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku,
    5. Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan Pelanggaran Disiplin Praja,
    6. Apabila pendaftar terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen persyaratan diatas, maka pendaftar dinyatakan GUGUR.

 

Baca juga :

 

Buat kalian Campuspedia Friends  yang berminat menjadi Praja IPDN, yuk segera daftarkan diri kalian melalui laman berikut, ya! Kamu juga bisa mengakses informasi secara lengkap di sana.

 

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *