Hallo para pejuang PTN 2021? Bagi kamu yang mengikuti SNMPTN, kamu sudah finalisasi belum ini? Kalau sudah semoga mendapat hasil terbaik ya. Eits tapi sebelumnya, kamu mesti tahu hal-hal apa saja yang sebaiknya kamu lakukan setelah finalisasi SNMPTN. Yuk simak informasinya berikut ini. 

1. Berserah Diri untuk Hasil yang Didapatkan 

Setelah finalisasi SNMPTN, kamu tidak dapat mengubah lagi pilihanmu. Dengan kata lain, prodi dan universitas yang kamu pilih telah final, tidak bisa diubah lagi. Alhasil hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berserah diri untuk hasil yang nanti kamu peroleh. 

Perjuanganmu untuk mendapatkan nilai raport yang baik kini terbayarkan melalui SNMPTN. Entah hasil seperti apa yang nanti kamu dapat, milikilah mindset bahwa semuanya merupakan hasil terbaik untukmu. 

Baca juga:

2. Berdoa agar Dimudakan 

Selain berserah diri, setelah finalisasi SNMPTN sudah semestinya kamu memohon doa untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Doa merupakan kunci atas segala usaha. Oleh karenanya tak heran jika doa bisa mengubah segala yang telah kamu usahakan. 

Untuk itu, selalulah berdoa agar kamu diberikan kemudahan untuk meraih PTN impian. Semoga hasil yang terbaik dan sesuai harapan bisa segera kamu dapatkan. 

3. Tetap Fokus 

Hayo siapa bilang kamu akan lolos SNMPTN 2021? Siapa yang bisa menjamin kamu lolos pada seleksi jalur prestasi nasional tersebut? Tidak ada yang bisa menjamin bukan? Sebab, SNMPTN merupakan kebijakan perguruan tinggi terkait. Meskipun kamu banyak mendapat tips lolosnya, belum tentu cocok dengan apa yang terjadi padamu. 

Untuk itu, tetap fokus setelah finalisasi SNMPTN. Fokus pada apa yang ingin kamu raih, jangan terlena dan membiarkan diri santai begitu saja karena terlalu berharap pada SNMPTN. 

4. Belajar untuk Persiapan UTBK-SBMPTN 

Setelah mengatur fokus, yuk coba persiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN. Karena jalur SNMPTN sering dianggap jalu ghoib, sudah semestinya kamu persiapkan untuk jalur nyata melalui SBMPTN deh. 

Jika ditelusuri, jalur SBMPTN ini sudah memiliki polanya. Dengan kata lain, terdapar bobot nilai sesuai dengan kualifikasi prodi yang ingin kamu tuju. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkannya dengan matang. 

Mulailah belajar UTBK setelah finalisasi SNMPTN.Ketahui strategi-strategi menjawab soal SBMPTN beserta trik cepatnya. Kamu juga bisa mencari mentor dengan bergabung pada . 

5. Coba Daftar Jalur Raport Lainnya 

For Your Information, jalur prestasi yang menggunakan raport tidak hanya SNMPTN lho! Banyak jalur prestasi lain yang bisa kamu coba. Syaratnya hanya dengan nilai raport saja lho. Misalnya seperti SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri), SPAN-PTKIN untuk perguruan tinggi keagamaan, dan jalur raport yang diadakan oleh setiap PTN. 

Baca juga:

6. Mencari Informasi Tentang Ujian Mandiri 

Kamu pernah mendengar kalau sebaiknya kita menyiapkan lebih dari satu rencana? Hal tersebut bertujuan agar jika satu rencana gagal, kamu masih bisa mengupayakan keberhasilan untuk rencana yang lain. 

Nah hal ini juga berlaku dalam konteks perjuangan masuk SNMPTN. Setelah finalisasi SNMPTN, selain belajar UTBK, kamu juga sebaiknya mencari informasi mengenai jalur mandiri PTN. Di beberapa PTN, jalur ini membuka daya tampung yang lebih besar dibandingkan SNMPTN dan SBMPTN lho. 

Baca juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi atau kamu akan kehilangan kesempatan masuk PTN tahun ini. Itulah hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah finalisasi SNMPTN. 

Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *