Strategi Sukses SNMPTN dan SBMPTN 2021 – Hallo Campuspedia Friends! Kamu sedang persiapan masuk perguruan tinggi negeri tahun ini? Meskipun masih pandemi, semangat untuk masuk PTN harus terus dijaga ya. Kamu berjuang bersama ratusan ribu orang pejuang lainnya. 

Jangan khawatir kamu punya kesempatan yang sama untuk bisa lolos PTN impian kamu. Nah berikut ini akademisi UNS menerangkan tiga strategi sukses SNMPTN dan SBMPTN 2021. Yuk dicatat! 

Dalam Wedangan IKA Universitas Sebelas Maret (UNS) seri XLIV, dibahas mengenai strategi sukses SNMPTN dan SBMPTN 2021. Kepala Unit Pelaksana Teknis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT SPMB) UNS Surakarta, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. memberikan tips pada calon mahasiswa.  

Nah berikut ini strategi sukses SNMPTN dan SBMPTN 2021 

Baca juga:

1. Sesuaikan minat dan bakat 

Menurut Prof. Hadiwiyono, semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat serta realistis. Minat dan bakat adalah faktor yang dapat mendorong prestasi luar biasa bagi para mahasiswa di kampus. 

“Selain itu, mengambil program studi sesuai dengan minat dan bakat akan memperlancar jalannya perkuliahan,” ujarnya seperti dikutip dari laman UNS, Kamis (11/2/2021). 

Hadiwiyono menekankan bahwa persaingan tidak hanya ada saat seleksi masuk, tetapi juga terjadi pada saat keberlangsungan kuliah hingga selesai juga harus dipikirkan. 

Baca juga:

2. Harus realistis 

Para calon pendaftar juga diminta untuk realistis. Hal ini berkenaan dengan aturan dari penyelenggara seleksi dan kemampuan diri siswa. Para pendaftar diminta untuk mengukur kembali kemampuannya dalam bidang yang ingin ditekuni. 

Jika kemampuan mereka mumpuni serta minat dan bakatnya juga mendukung, tidak perlu ragu untuk mengambil bidang tersebut. 

Baca juga:

3. Adanya kerja sama antara siswa, sekolah, dan orang tua siswa 

Koordinator Penjaminan Mutu UPT SPMB UNS, Dr. Moh. Abdul Hakim, S.Psi., M.A., juga menekankan kerja sama antara siswa, sekolah, dan pihak orang tua siswa. Jika salah satu pihak kurang mendukung proses pendaftaran maupun seleksi, kecil kemungkinan seorang siswa lolos. 

“Salah satu strategi yang bisa kami berikan untuk sekolah yaitu sebaiknya mendiversifikasikan jurusan yang akan dimasuki siswa-siswinya,” katanya. 

“Jangan semuanya masuk di satu jurusan yang sama,” imbuh Abdul Hakim.  

Baca juga:

Nah itulah strategi sukses SNMPTN dan SBMPTN 2021, langsung dari akademisi UNS lho! Dengan kamu menerapkan tiga strategi tersebut, semoga jalanmu untuk masuk PTN impian dipermudah ya, C-Friends! Selamat dan semangat berjuang. 

Agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa ikuti terus Campuspedia melalui  , , , ,, dan . 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *