Halo Sobat Campuspedia! Adakah di antara kalian yang merasa tidak cocok dengan jurusan kuliah yang sudah terlanjur dipilih? Lalu kini sedang merasa bingung untuk menentukan apa yang harus dilakukan jika sudah mengambil suatu program studi kemudian di tengah jalan kamu merasa kurang cocok dengan apa yang sudah kamu pelajari? Haruskah berhenti dan memulai jurusan yang baru atau tetap melanjutkannya meskipun dengan perasaan yang berat?

Nah, Sobat Campuspedia untuk mengatasi salah jurusan, memang hanya ada 2 cara yaitu pindah jurusan atau bertahan. Artikel kali ini, akan membahas mengenai 5 tips jitu mengatasi salah jurusan dengan cara bertahan! Karena untuk mengulang dan memulai lagi dari awal, bukanlah sesuatu yang mudah. Ada waktu, tenaga, dan uang yang harus dikorbankan. Begitu pula dengan bertahan, memang sulit tapi tetap harus dilakukan demi masa depan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Jangan terpuruk dan berorientasilah ke masa depan

Sobat Campuspedia, ingatlah bahwa dunia tidak berhenti ketika kamu salah jurusan. Singkirkan jauh-jauh perasaan itu, jangan sampai membuatmu terpuruk. Banyak orang akan ikut sedih jika melihatmu menyerah. Ada orang tua dan keluarga yang senantiasa mendukungmu. Jadikan mereka motivasi untuk tetap bertahan di jurusan yang telah kamu pilih!

Jalani dan berusahalah semampumu! Ingat bahwa tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Jadi tetap semangat dan bertahanlah! Ingat, beberapa tahun lagi kamu akan lulus dan memakai toga! Dan saat itu, kamu bisa menyaksikan senyum bahagia dan bangga yang tersungging di wajah orang tuamu.

Baca Juga:

2. Diskusi dengan sahabat dan senior

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan ketika merasa salah jurusan adalah berdiskusi dengan orang-orang yang kamu percayai, misal sahabat-sahabatmu. Mereka pasti akan memberikan pertimbangan dan pendapat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain mendapatkan masukan dan solusi, kamu juga pasti akan merasa lebih lega karena telah membagikan apa yang menjadi pikiranmu selama ini ke orang lain. Dengan mendapat insight dari orang lain, kamu bisa berpikir lebih jernih dan melihat masalahmu dari perspektif yang lain,

Selanjutnya, kamu juga bisa sharing dengan para seniormu di kampus. Para kakak tingkat tentunya telah lebih dulu menjalani kehidupan perkuliahan dan memiliki banyak pengalaman, sehingga bisa membantu menemukan jawaban dari kebimbangan yang kamu rasakan. Kamu juga bisa menanyakan prospek kerja ke depannya dari jurusanmu sebagai motivasi untuk tetap bertahan hingga lulus. Tanyakan pula tips and trick supaya bisa suvive di jurusanmu. Mulai dari pemilihan mata kuliah, dosen, dan lain sebagainya. Dijamin deh, hal ini akan membantumu selama proses pembelajaran!

3. Ikuti UKM dan Komunitas yang sesuai dengan passion dan hobimu

Unit Kegiatan Mahasiswa memang penting sebagai sarana pengembangan diri. Mengikuti UKM yang sesuai minat bakatmu akan sangat membantumu untuk tetap betah di kampus. Apabila kamu memang memiliki interest yang tinggi pada tulis-menulis, ikuti UKM kejurnalistikan atau keilmiahan. Apabila tertarik pada seni, ikuti UKM teater, tari dan masih banyak lagi.

Selain UKM banyak komunitas-komunitas di luar perkuliahan. Seperti komunitas ulas film, komunitas fotografi dan video, dan sebagainya. Percayalah, UKM dan komunitas yang produktif itu akan memperdalam soft-skill-mu. Sehingga passion-mu yang terpendam bisa tersalurkan melalui UKM dan komunitas ini.

Baca Juga:

4. Sering-sering belajar bareng teman sejurusan

Sobat Campuspedia, salah jurusan juga bisa disebabkan karena tugas-tugas yang banyak dan materi yang terlalu sulit. Tapi tenang, itu semua bisa diatasi! Dengan belajar bareng teman, kamu tidak akan merasa berjuang sendirian, sehingga beban yang kamu rasakan bisa sedikit berkurang.  Kamu juga bisa saling membantu kesulitan yang dialami dan saling menyemangati. Belajar bersama teman akan membuat motivasi kamu untuk kuliah meningkat drastis atas rasa seperjuangan. Semangat!

5. Coba ikut kursus atau magang yang sesuai minat

Menambah ilmu untuk menunjang karier ke depannya tidak hanya dari kuliah kok. Jika memang merasa salah memilih jurusan, kamu bisa mengikuti kursus atau workshop. Di jaman sekarang tidak sulit untuk menemukan kursus untuk meningkatkan soft sklill sesuai dengan passion-mu Di masa pandemi seperti ini, kamu juga bisa melakukan kursus atau workshop secara online.

Jika kamu merasa bahwa mengikuti kursus atau workshop akan mengeluarkan biaya lebih, cobalah untuk mengikuti kegiatan magang atau volunteer yang sesuai dengan minatmu. Selain soft skill dan hard skill yang sudah pasti akan bertambah, mengikuti pengalaman magang di suatu perusahaan atau instansi akan memberikanmu pengalaman di dunia kerja, Sobat Campuspedia!

Baca Juga:

Nah, itu tadi 5 tips jitu mengatasi salah jurusan dengan cara bertahan! Semoga tips ini bermanfaat bagi Sobat Campuspedia ya! Tetap semagat dan teruslah berjuang! Biar kamu ga ketinggalan info seputar dunia pendidikan, kampus, dan lainnya, pastikan untuk follow official , ,  dan  Campuspedia.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *