Campuspedia – Bagi kamu yang siswa kelas 12 yang akan berkuliah tapi masih takut terkendala biaya, jangan khawatir. Berikut ini ada beberapa pilihan beasiswa S1 yang bisa kamu coba langsung begitu masuk semester pertama perkuliahan nanti.

Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa satu ini bisa disebut juga sebagai program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan). Sesuai namanya, beasiswa ini dibuka untuk menciptakan generasi unggul yang memiliki kemampuan memimpin.

Beasiswa ini nantinya akan memberikan bantuan biaya pendidikan serta tunjangan biaya hidup selama 3,5 tahun, mulai dari semester 2 hingga semester 8.

Jika nantinya kamu sudah diterima sebagai mahasiswa semester pertama di perguruan tinggi mitra berikut, kamu bisa mendaftar Beasiswa Tanoto Foundation:

  1. IPB University
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Brawijaya (UB)
  4. Universitas Diponegoro (Undip)
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  6. Universitas Andalas
  7. Universitas Riau (Unri)
  8. Universitas Sumatera Utara (USU)
  9. Universitas Hasanuddin

Informasi lebih lanjut bisa diakses di https://www.tanotofoundation.org/id/teladan-2024/

Bright Scholarship

Bright Scholarship YBM BRILian merupakan beasiswa S1 yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi mitra yang bisa kamu ambil selama kamu merupakan mahasiswa aktif.

Nantinya para penerima beasiswa akan mendapat bantuan biaya pendidikan, uang saku, serta tunjungan asrama selama masih menjadi mahasiswa aktif di perguruan tinggi bersangkutan.

Selain manfaat biaya, penerima beasiswa juga akan mendapat pembinaan secara rutin dari YBM BRILian untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dan sosial dengan mengabdi langsung di masyarakat.

Jika kamu tertarik, kamu bisa coba kunjungi https://ybmbrilian.id/program/pendidikan/bright-scholarship/ untuk informasi lebih lanjut.

Beasiswa Unggulan

Beasiswa lain yang bisa kamu coba adalah Beasiswa Unggulan dari Pemerintah Indonesia yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif S1, S2, maupun S3.

Beasiswa ini bisa kamu ambil sebelum atau sesudah semester pertama perkuliahan. Kamu bisa mengambil beasiswa ini begitu dinyatakan lulus SMA maksimal setelah 2 tahun sebelum tahun berjalan atau pada saat kamu sedang menjalani perkuliahan maksimal semester 3.

Ada beberapa jenis dari beasiswa ini yang diperuntukkan bagi setiap golongan, yaitu:

  1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi
  2. Beasiswa Pegawai Kementerian
  3. Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas
  4. Beasiswa Penghargaan

Kamu tidak perlu khawatir dengan adanya ketentuan perguruan tinggi mitra karena Beasiswa Unggulan tidak terikat dengan perguruan tinggi mitra. Namun, beasiswa ini mengutamakan perguruan tinggi dalam negeri lebih dulu.

Beasiswa Unggulan biasanya dibuka pada bulan Agustus. Informasi lebih lanjut bisa kamu lihat di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia ini juga bisa disebut sebagai BPI Kemendikbudristek. Beasiswa ini adalah program dari Pemerintah Indonesia hasil kerjasama Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

BPI Kemendikbudristek ini dibuka bagi kamu yang ingin mengambil program bergelar bagi S1, S2, maupun S3. Nantinya, masing-masing jenjang berhak mendapat bantuan dana pendidikan, dana penelitian tesis/disertasi, dana buku, dana bantuan seminar internasional, hingga dana tunjangan keluarga.

Terkhusus beasiswa S1 BPI ini, sasaran utamanya para siswa berprestasi, calon guru SMK, serta pelaku budaya/penyuluh kepercayaan. Sebagai catatan tambahan, pendaftar beasiswa harus memiliki LoA/Surat diterima di Perguruan Tinggi lebih dulu.

Selain itu, durasi beasiswa untuk program bergelar bagi S1 hanya berlaku maksimal selama 48 bulan atau 4 tahun.

Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan di https://beasiswa.kemdikbud.go.id/.

GrabScholar

Sesuai dengan namanya, GrabScholar adalah program beasiswa oleh Grab yang terbuka untuk mitra Grab, anggota keluarga mitra Grab, dan masyarakat umum dengan rata-rata nilai rapor SMA/SMK setidaknya 8,5.

Beasiswa ini diperuntukkan untuk kamu yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan di jenjang sekolah (SD, SMP, SMA) dan kuliah (S1).

Jadi bagi kamu yang mengincar beasiswa ini untuk kuliah S1, segera persiapkan diri dari sekarang karena GrabScholar tidak menerima pendaftar yang sudah atau sedang berkuliah.

Nantinya, penerima beasiswa akan langsung mendapat bantuan di semester pertama perkuliahan. Penerima beasiswa akan mendapat bantuan berupa biaya UKT selama maksimal 8 semester serta sejumlah biaya hidup.

Sebagai catatan, kamu tidak bisa atau tidak boleh menerima beasiswa lain jika ingin mendapatkan GrabScholar.

Beasiswa ini juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi mitra, seperti:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Diponegoro (Undip)
  5. Universitas Sriwijaya

Beasiswa DataPrint

Beasiswa DataPrint juga diperuntukkan untuk jenjang sekolah (SD, SMP, dan SMA) serta jenjang kuliah (D4 dan S1).

Dikutip dari web resminya, pada 2024 beasiswa ini akan dibuka dalam 4 periode, di mana Periode 1 sudah ditutup pada 8 Maret 2024 kemarin.

Nantinya, penerima beasiswa akan mendapat dana bantuan pendidikan sebanyak 1 kali sebesar Rp 500.000.
Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi https://beasiswadataprint.com/ untuk informasi lebih lanjut.

CIMB ASEAN Scholarship

Beasiswa S1 lainnya yang bisa kamu coba adalah CIMB ASEAN Scholarship yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, dan Filipina.

Meski beasiswa ini dibuat oleh perusahaan perbankan, kamu tidak harus memilih jurusan perbankan di perkuliahan.

Namun beasiswa ini mewajibkan lulusan penerima beasiswanya untuk bergabung dengan CIMB karena memiliki benefit jaminan karir terutama di bidang perbankan.

Penerima CIMB ASEAN Scholarship untuk program S1 akan diberi bantuan biaya pendidikan secara penuh hingga 4 tahun perkuliahan. Selain itu, penerima juga akan mendapat bantuan akomodasi dan biaya hidup selama perkuliahan.

Jika penerima beasiswa tidak berhasil menyelesaikan masa studinya tepat waktu, maka penerima akan diwajibkan untuk mengembalikan semua dana bantuan kepada CIMB.

Persyaratan lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa kamu lihat di https://www.cimb.com/en/careers/students/cimb-asean-scholarship.html.

Ada cukup banyak beasiswa S1 yang bisa kamu coba untuk segera di semester pertama perkuliahan, bahkan sebelumnya. Jika kamu berniat untuk mendapatkannya, jangan lupa untuk cek persyaratan dan jadwalnya lebih teliti lagi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *