Skill merupakan keahlian spesifik yang dimiliki oleh seseorang. Di tahun 2021 ini, kamu perlu memiliki beberapa skill yang banyak dibutuhkan oleh orang lain. Apa aja skill yang perlu dimiliki tersebut? Yuk kita kupas dalam artikel ini!

SEO Specialist

Di zaman yang serba menggunakan internet ini, udah gak aneh kalau segala aspek yang berhubungan dengan internet juga berkembang pesat. Website merupakan salah satu contoh aspek yang terus berkembang dengan pesat. Dengan perkembangan ini, orang-orang yang mempunyai skill di bidang website sangat diperlukan sekarang, termasuk SEO specialist.

SEO specialist merupakan orang yang mengoptimalkan website supaya website tersebut dapat berada di urutan teratas mesin pencarian. Oleh sebab itu, skill ini banyak dibutuhkan di tahun 2021. Kalau sekarang kamu belum mempunyai skill tersebut, gak usah khawatir karena skill tersebut bisa dipelajari di kelas-kelas kursus maupun secara otodidak. So, let’s try!

Data science 

Data science banyak dibutuhkan didunia industri seperti keuangan, perbankan, serta industri kesehatan. Skill di bidang data science ini dibutuhkan karena kemampuannya dalam menentukan peluang yang lebih baik berdasarkan data dan fakta yang ada.

Public speaking

Siapa nih yang suka malu-malu kalau bicara di depan banyak orang? Kebiasaan tersebut harus segera kita buang pelan-pelan karena kemampuan berbicara di depan banyak orang merupakan skill yang dibutuhkan di tahun 2021 ini. Di dunia kerja, skill ini bukan hanya untuk pemimpin, motivator, ataupun sales aja, loh. Semua aspek pekerjaan membutuhkan skill public speaking ini. Contohnya adalah ketika kamu negosiasi, menawarkan produk, presentasi, dan masih banyak lagi.

Digital marketing

Dengan meningkatnya e-commerce dan penjualan online lainnya, digital marketing sangat dibutuhkan keberadaannya. Dengan skill digital marketing, suatu bisnis akan dibantu dalam hal riset, perencanaan, serta pemasaran online produk yang dijual. 

Content creator

Di tahun 2021 ini, penggunaan internet terus berkembang pesat. Di Indonesia sendiri, penggunaan internet mayoritas digunakan untuk mengakses media sosial. Media sosial ini membutuhkan konten yang harus dibuat secara rutin. Oleh sebab itu, content creator banyak dibutuhkan sekarang. Jenis konten yang dibuat berbagai macam, mulai dari tulisan, video, foto, desain gambar, dan lain sebagainya.

Nah itu dia beberapa skill yang dibutuhkan di tahun 2021. Masih banyak skill yang juga diperlukan di tahun ini seperti manajemen waktu, kecerdasan emosional, negosiasi, berpikir kritis, berbisnis, data science, desain, dan lain sebagainya. Buat kamu yang merasa belum mempunyai skill tersebut, jangan patah semangat karena skill tersebut bisa kamu asah mulai dari sekarang. 

Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman kamu agar mereka juga tahu!

Yuk follow seluruh akun media sosial Campuspedia di , , , , , dan untuk mendapatkan informasi menarik lainnya yang pastinya up to date banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *