Teknik Skimming dan Scanning – Hallo campuspedia friends! Apa kamu termasuk pelajar/mahasiswa yang sering SKS saat ujian? Sistem kebut semalam atau SKS kenyataannya banyak dilakukan H-semalam menjelang ujian. 

Karena materi yang cukup banyak tetapi waktu singkat, jika kamu menerapkan SKS, kamu juga harus tahu triknya guys. Jangan sampai begadang semalam percuma, tidak ada materi yang masuk, malah kepalamu menjadi pening saat hari ujian. 

Nah Minca mau ngasih tips untuk kamu yang sering SKS saat ujian. Caranya yakni dengan menerapkan teknik skimming dan scanning. Penasaran seperti apa tipsnya? Yuk simak penjelasan berikut ini. 

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning 

Salah satu cara untuk menyelesaikan materi dengan sistem SKS adalah dengan menerapkan teknik membaca cepat. Fungsinya adalah melatih kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat atau ringkas. 

Nah teknik membaca cepat ini dibedakan menjadi dua, yaitu skimming dan scanning. 

Baca juga:

Mengenal Teknik Skimming 

Skimming adalah teknik membaca cepat dan sekilas. Teknik ini bisa kamu gunakan ketika ingin mencari sebuah ide utama dalam buku atau cerita yang panjang. Secara sederhana, teknik membaca cepat skimming mengajarkan untuk menemukan pokok bahasan antara satu paragraf dengan paragraf lainnya. 

Sekadar mengingatkan, dalam bacaan pokok bahasannya bisa terdapat di awal (deduktif) dan di akhir (induktif). Artinya kalau kamu menerapkan skimming, kamu hanya diharuskan membaca bagian awal dan akhir paragraf saja. Lebih cepat bukan? 

Nah dengan menerapkan teknik ini, waktu kamu akan lebih efisien. Selain itu, hasil yang kamu dapat bisa 2-3 kali lebih cepat dibandingkan ketika kamu membaca keseluruhan isi paragraf. 

Namun yang terpenting adalah perhatikan judul dan subjudul bacaan yang kamu pelajari. Jangan sampai terlewat satu pun karena bisa jadi kamu bisa langsung menyimpulkan isi bacaan hanya dengan membaca judul/subjudulnya saja. 

Selain itu, jika ada gamba, grafik, atau tabel, jangan sampai terlewatkan ya guys! Sebab informasi di dalamnya adalah informasi penting yang wajib kamu pelajari. 

Mengenal Teknik Scanning 

Teknik membaca cepat yang kedua adalah scanning. Teknik ini sedikit berbeda dengan cara skimming sebelumnya. Jika kamu mencari ide pokok, kamu menggunakan teknik skimming. Namun jika kamu ingin berfokus mencari detail dalam suatu bacaan, kamu harus menganalisisnya secara mendalam dengan teknik scanning. 

Teknik ini cocok diterapkan ketika kamu menghadapi soal. Caranya adalah baca soal terlebih dahulu kemudian cari inti dari soal tersebut. Selanjutnya beralihlah pada bacaan dan temukan kata kunci terkait. 

Ketika sudah menemukan kata kuncinya, bacalah bagian tersebut dengan cermat. Kamu juga harus memperhatikan beberapa kalimat sebelum dan sesudah dari kalimat yang berisi kata kunci. Sebab kalimat yang berdekatan biasanya masih saling berhubungan. 

Tips Mengerjakan Soal dengan Cara Skimming dan Scanning 

Teknik membaca cepat ini sangat cocok diterapkan ketika kamu menghadapi soal ujian. Nah seperti apa tips dan cara penerapan agar skimming dan scanning bekerja secara efektif?  

Membaca soal terlebih dahulu 

Langkah awal mengerjakan soal adalah dengan membaca soalnya terlebih dahulu. Dengan membaca soal kamu bisa mengetahui apa yang mesti kamu temukan dalam bacaan untuk menjawab soal tersebut. 

Selain itu kamu bisa menduga jawaban seperti apa yang diminta. Biasanya jika pilihan ganda, hal ini memudahkanmu dalam mencari keterkaitan soal dengan jawaban. 

Baca juga:

Mencari Kata yang Berkaitan 

Setelah membaca soal tentu saja kamu sudah tahu kata kunci dalam soal yang ingin kamu cari jawabannya. Selanjutnya carilah kata kunci pada bacaan. Jika tidak menemukan, kamu bisa menggunakan kata kunci terkait. 

Menerapkan Penalaran dan Logika 

Tidak semua soal jawabannya ada dalam bacaan. Jika kamu telah melakukan scanning dengan kata kunci yang sudah kamu temukan dan malah belum mendapat jawaban, cobalah untuk menggunakan nalar dan logika. 

Seringkali pertanyaan menjebak padahal intinya sederhana. Jangan sampai salah dalam berlogika ya guys! 

Terapkan Deduktif dan Induktif 

Cara lainnya adalah dengan menerapkan deduktif dan induktif. Baca kalimat awal dan akhirnya saja. Dengan membaca dua kalimat tersebut kamu sudah dapat menyimpulkan si bacaan. 

Lakukan Skimming dan Scanning 

Teknik membaca cepat skimming dan scanning sangat efektif untuk diterapkan ketika menghadapi soal ujian. Kamu bisa menghemat waktu tetapi sudah berhasil mendapat jawaban yang benar. 

Baca juga:

Nah itulah teknik skimming dan scanning yang bisa kamu praktikkan. Kalau ada tips lain kamu bisa berkomentar di bawah ya. 

Jangan lupa terus pantengin informasi menarik seputar kampus, dunia mahasiswa, karier, beasiswa, dan info lainnya dengan mengikuti ,,line, dan  campuspedia 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *