Universitas dengan Pendaftar Terbanyak dan Prodi Terketat di SNMPTN 2020 – Kurang berapa hari lagi pendaftaran SNMPTN dibuka? Apakah kamu sudah memantapkan pilihan jurusan? Eits bisa jadi kamu malah sedang bimbang mengambil universitas yang mana? tentu saja ingin lolos SNMPTN bukan? 

Jalur seleksi masuk PTN yang dilakukan serentak dengan penilaian nilai raport dan prestasi lainnya ini memang menjadi dambaan banyak siswa kelas 12 SMA. Alhasil peluang lolos pun diperbesar semaksimal mungkin. 

Nah kamu perlu tahu universitas mana saja yang merupakan universitas dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN tahun 2020 lalu. Yuk simak informasinya berikut ini. 

1. Universitas Brawijaya 

Universitas Brawijaya menduduki peringkat pertama sebagai universitas dengan jumlah pendaftar terbanyak di SNMPTN 2020. Jumlah pendaftar UB sebanyak 30.932 orang. Nah jurusan soshum yang banyak diincar adalah manajemen, akuntansi, administrasi bisnis. Ilmu komunikasi, dan ilmu hukum. 

Sementara itu, jurusan saintek yang paling banyak diincar antara laun jurusan agroekoteknologi dan peternakan. Pilihanmu yang ini bukan? 

2. Universitas Diponegoro 

Para calon Diponegoro Muda mana suaranya? Julukan itu yang nanti kamu dapat ketika menjadi mahasiswa baru Universitas Diponegoro. Nah Universitas Diponegoro atau akrab disebut Undip ini ternyata termasuk dua besar pendaftar terbanyak di SNMPTN 2020. 

Jumlah pendaftar Undip sebanyak 29.316 orang. Adapun jurusan yang paling banyak diminati di antaranya adalah pendidikan dokter, kesehatan masyarakat, akuakultur, teknik sipil, psikologi, dan ilmu hukum. 

3. Universitas Gadjah Mada 

Selain ditetapkan sebagai peringkat 1 Universitas terbaik versi Webometrix 2021, UGM merupakan universitas dengan pendaftar terbanyak ketiga di SNMPTN 2020. Kampus favorit ini memang banyak diminati calon mahasiswa baru dengan jumlah pendaftar di SNMPTN 2020 sebanyak 25.604 orang. 

Nah jurusan yang paling banyak peminatnya yaitu kedokteran, teknologi informasi, manajemen, psikologi, dan hukum. 

4. Universitas Padjajaran 

Universitas Padjajaran atau Unpad memiliki jumlah pendaftar SNMPTN 2020 sebanyak 25.305 orang. Kampus yang terletak di Bandung ini memiliki jurusan favorit di antaranya teknik informatika, farmasi, psikologi, manajemen, dan ilmu komunikasi. 

Baca juga:

5. Universitas Negeri Semarang 

Posisi kelima universitas dengan jumlah pendaftar terbanyak diduduki oleh UNNES atau Universitas Negeri Semarang. Jumlah pendaftar UNNES sebanyak 24.581 orang. Adapun program studi yang paling diminati adalah kesehatan masyarakat, PGSD, manajemen, teknik informatika, akuntansi, pendidikan matematika, ekonomi pembangunan, psikologi, dan ilmu hukum. 

6. Universitas Pendidikan Indonesia 

Kampus UPI memiliki jumlah pendaftar SNMPTN sebanyak 23.204 orang. Kampus yang bergelut di bidang pendidikan ini cocok untuk kamu yang ingin menjadi tenaga pendidik. 

7. Universitas Sebelas Maret 

Universitas dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2020 selanjutnya ada Universitas Sebelas Maret. UNS memiliki jumlah pendaftar 22.011 orang. Sementara itu jurusan yang paling diminati adalah statistika, farmasi, psikologi, teknik industri, teknologi pangan, arsitektur, agribisnis, dan pendidikan matematika. 

Nah untuk prodi soshum dengan peminat terbanyak yaitu jurusan administrasi negara, akuntansi, ilmu komunikasi, bimbingan dan konseling, PGSD, hubungan internasional, DKV, sosiologi, dan sastra inggris. 

Baca juga:

8. Universitas Sumatera Utara 

Jumlah pendaftar Universitas Sumatera Utara (USU) sebanyak 20.859 orang. Adapun jurusan favoritnya adalah kedokteran, agribisnis, teknologi informasi, hukum, akuntansi, manajemen, farmasi, kesehatan masyarakat, ilmu komputer, dan psikologi. 

9. Universitas Negeri Yogyakarta 

UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta sebagai universitas dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2020 memiliki pendaftar sebanyak 20.509 orang. Jurusan favorit antara lain manajemen, akuntansi, psikologi, PGSD, dan administrasi negara. 

Baca juga:

10. Universitas Negeri Jakarta 

Jumlah pendaftar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebanyak 18.096 orang. Adapun jurusan favorit pada SNMPTN 2020 adalah manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, sastra Inggris, dan teknologi informasi. 

Nah itulah universitas dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2020. Universitas impianmu termasuk tidak? Kalau iya, semoga kamu bisa lolos dengan persaingan yang ketat ya. Tetap optimis dan berdoa semoga hasilnya yang terbaik. 

Agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa ikutin campuspedia melalui , , , ,, dan .  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *