Hai Campuspedia Friends! Wah, tak terasa ya UTBK 2021 sudah di depan mata dan setelah itu langsung berlanjut ke ujian mandiri. Bagi kamu yang berencana untuk mengikuti UTBK dan ujian mandiri, apakah kamu sudah mempersiapkan starter pack persiapan UTBK 2021 dan ujian mandiri?

Pelaksanaan UTBK di tengah Pandemi Covid-19 memang banyak membuat orang merasa bingung akan kemampuan yang mereka miliki. Apalagi bagi orang-orang yang mempunyai mindset bahwa kesuksesan di UTBK dan ujian mandiri hanya dapat diraih oleh orang-orang yang mengikuti bimbel saja.

Apakah ada di antara C-friends di sini yang mempunyai pola pikir seperti itu? Kalau memang ada, segera dirubah, ya! Karena hal tersebut sebenarnya salah, lho! Lantas, apa sebenarnya yang membaut kamu dapat sukses melakukan persiapan UTBK 2021 dan ujian mandiri di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang? Yuk, disimak!

Baca juga: 

1. Pahamilah Sistem dan Metode Belajar yang Kamu Terapkan

Pahamilah Sistem dan Metode Belajar yang Kamu Terapkan

Sudah menjadi rahasia umum kalau di setiap bimbel menerapkan sistem dan metode belajar masing-masing. Namun, bagi C-friends yang tidak mengikuti bimbel, sebenarnya kamu punya keuntungan sendiri, lho!

Karena kamu dapat leluasa menentukan sistem dan metode belajar seperti apa yang ingin kamu terapkan, Pastikan sistem dan metode belajar itu membuatmu nyaman, ya! Lantas, sebenarnya apa sih bedanya sistem dan metode belajar?

Sebenarnya kedua hal tersebut sangat berkesinambungan satu sama lain nih, C-friends! Di mana sistem belajar merupakan bagaimana cara agar kamu dapat memahami suatu materi dengan baik.

Baca juga:

Sedangkan, untuk metode belajar sendiri merupakan suatu strategi yang dilakukan dengan tujuan untuk menyelesaikan seluruh materi yang ada dengan waktu yang efisien. Misalnya saja seperti pembagian bab-bab belajar setiap minggunya.

Hal tersebut harus kamu persiapkan sejak awal ya karena dapat mempermudah saat kamu mengatur pembagiannya. Kamu dapat membuat silabus senyaman mungkin yang berisikan pembagian jadwal tadi, ya! Nah, setelah itu pastikan kamu konsisten untuk mematuhi jadwal tersebut ya, C-friends!

2. Persiapan UTBK 2021 Bukan Hanya tentang Belajar, tetapi Lebih ke Sistem Kontrol

Persiapan UTBK 2021 Bukan Hanya tentang Belajar, tetapi Lebih ke Sistem Kontrol

Lantas, setelah jadwal sudah siap, kira-kira persiapan apalagi ya yang harus dilakukan untuk menghadapi UTBK 2021 dan ujian mandiri? Bagi kamu yang merasa pas mau belajar, tetapi sering kali mager, kamu harus segera mengatasi hal ini nih, C-friends!

Sebab, jika terus kamu pertahankan, maka pastinya jadwal yang udah kamu buat sedemikian rupa jadi berantakan. Maka dari itu, kamu membutuhkan yang namanya sistem kontrol.

Setiap bimbel pastinya mempunyai sistem kontrol ciri khas yang bertujuan agar murid-murid yang mereka didik berkualitas. Namun, bagi kamu yang tidak mengikuti bimbel, jangan pernah berkecil hati, ya!

Sebab, kalau kamu tidak ikut bimbel, bukan berarti kamu tidak bisa membuat sistem kontrol versimu sendiri, lho! Sarananya sangat mudah, kamu hanya membutuhkan kerja sama dengan orang tua atau teman seperjuanganmu.

Misalnya saja seperti kamu memiliki kelompok belajar dengan metode pembagian jadwal belajar yang sama. Hal seperti ini sebenarnya dapat menjadi nilai lebih karena kamu dapat melakukan komparasi dari kompetensi yang kamu dan teman-temanmu miliki.

Caranya ada banyak, salah satunya seperti video call bersama di akhir pekan dan review materi-materi UTBK 2021 dan ujian mandiri bersama-sama. Lakukan hal ini dengan kondisi seperti kalian sedang berkompetisi satu sama lain, ya!

Baca juga: 

3. Manfaatkan Berbagai Sarana yang Kamu Miliki untuk Menunjang Persiapan UTBK 2021 dan Ujian Mandiri

Manfaatkan Berbagai Sarana yang Kamu Miliki untuk Menunjang Persiapan UTBK 2021 dan Ujian Mandiri

Siapa nih di antara kamu yang melakukan persiapan UTBK 2021 dan ujian mandiri hanya bermodalkan belajar buku saja? Hal seperti ini sebenarnya tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar ya, C-friends!

Sebab, di zaman yang serba digital seperti sekarang, sudah banyak bertebaran ringkasan materi-materi UTBK dan ujian mandiri melalui berbagai media sosial, lho! Misalnya saja seperti grup WhatsApp para pejuang PTN, Twitter, dan Telegram,

Hanya saja kamu harus cerdas memilah dan mencari grup/relasi yang tepat di media sosial, ya! Karena dengan cara seperti ini, kamu dapat lebih mudah mencari berbagai jenis soal dan juga pembahasannya, lho!

Selain di media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan website-website yang menyediakan berbagai starter pack penunjang keberhasilan UTBK dan ujian mandiri nih, C-friends! Kamu merasa masih kurang? Tenang, berbagai video gratis di YouTube juga tak kalah menariknya untuk ditonton kapan dan di mana saja.

4. Kamu Merasa Persiapanmu Sudah Matang? Sesekali Ujilah Kemampuanmu!

Kamu Merasa Persiapanmu Sudah Matang? Sesekali Ujilah Kemampuanmu!

Apakah kamu sekarang sudah merasa sangat siap untuk menghadapi UTBK 2021 dan ujian mandiri? Sebenarnya keyakinan seperti ini tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya dapat dibenarkan ya, C-friends!

Sebab, seperti kata pepatah, “Di atas langit masih ada langit.” Maka kamu disarankan tidak boleh terlalu percaya diri. Daripada merasa dirimu sudah sangat siap, bukankah lebih baik kamu merasa masih belum siap agar terus berjuang dengan semangat untuk menghadapi UTBK 2021 dan ujian mandiri?

Sesekali, kamu boleh nih kamu ikut try out yang telah bertebaran di berbagai platform yang ada di media sosial. Dengan begitu, kamu dapat mengevaluasi kemampuanmu sekaligus mengumpulkan soal dan pembahasan yang dapat kamu pelajari lagi. Setelah itu, amatilah perkembanganmu dari waktu ke waktu ya, C-friends!

Baca juga: 

5. Jangan Lupa juga untuk Mempersiapkan Starter Pack Paling Penting menjelang Ujian Berlangsung

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan ini juga tak kalah penting, lho! Sebab, tanpa adanya starter pack ini, dapat dipastikan kamu akan gagal mengikuti UTBK 2021 dan ujian mandiri sebelum mencoba untuk mengerjakan ujian nih, C-friends!

Karena saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang, LTMPT membuat kebijakan baru sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah untuk pelaksaan ujian. Di mana para calon mahasiswa diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat baik sebelum maupun saat melakukan ujian nih, C-friends!

Oleh sebab itu, salah satu persiapan UTBK 2021 dan ujian mandiri saat Pandemi Covid-19 adalah sesuatu yang paling penting. Di mana saat ujian nanti kamu harus menyiapkan alat-alat seperti hand sanitizer, masker, sarung tangan, dan juga face shield ya, C-friends!

Sebelum berangkat ke tempat ujian, pastikan alat-alat protokol kesehatan ini telah ada di tasmu ya, C-friends! Jangan sampai terlupa dan akhirnya membuat pikiranmu kurang fokus saat memasuki lokasi ujian nanti, ya!

Baca juga:

Nah, jadi bagaimana? Apakah C-friends sudah melakukan persiapan UTBK 2021 dan ujian mandiri di tengah Pandemi Covid-19 dengan baik? Jangan lupa juga untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi seputar kampus, karier, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya ya, ­Campuspedia friends!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *