Siapa nih Campuspedia Friends pengen bisa ketagihan membaca jurnal ilmiah? 

Membaca jurnal ilmiah memang sangat membantu kamu untuk mendapatkan pemahaman baru, khususnya pemahaman ilmiah. Dengan membaca jurnal, kamu akan menemukan berbagai perspektif keilmiahan yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu ketahui.

Selain itu, membaca jurnal ilmiah juga dapat mempertajam isi tulisan kamu, lho, terutama untuk Campuspedia Friends yang tengah skripsian. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula data yang kamu temukan.

Baca juga:

Tapi apakah Campuspedia Friends sudah tahu cara membaca jurnal yang benar? Berikut rangkuman dari Campuspedia mengenai strategi membaca jurnal ilmiah yang cepat dan tepat.

Tentukan Tujuan Membaca

Sebelum mulai membaca jurnal, tentukanlah terlebih dahulu tujuan yang ingin kamu capai. Dengan menentukan tujuan, kamu akan mudah mengetahui bagian mana saja yang perlu kamu baca. Strategi ini juga ampuh untuk mempercepat kamu dalam membaca jurnal sekaligus mendapatkan apa yang ingin kamu mau.

Identifikasi Judul dan Abstrak

Setelah mengetahui tujuan membaca, selanjutnya kamu perlu mengidentifikasi judul dan abstrak dari jurnal tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah jurnal yang ingin kamu baca benar-benar memuat informasi yang ingin kamu cari. Jika kamu tidak menemukannya, kamu bisa mencari jurnal yang lain. Sebaliknya, jika kamu menemukan apa yang ingin kamu cari maka lanjutkanlah membaca jurnal tersebut.

Baca juga:

Bacalah Pendahuluan Terlebih Dahulu Bukan Abstrak

Setelah kamu memastikan jurnal yang sesuai dengan apa yang kamu cari, maka mulailah membaca jurnal dengan benar.

Awali membaca jurnal dengan membaca pendahuluan (introduction) alih-alih membaca abstrak. Meskipun abstrak menyediakan rangkuman dari keseluruhan isi artikel jurnal, tapi informasi yang tercantum di dalam abstrak tidak mendalam.

Dengan membaca pendahuluan, kamu bisa memahami maksud peneliti dalam menulis artikel jurnal tersebut. Pendahuluan juga disertai dengan fakta dan data penunjang, sehingga kamu bisa mengutipnya untuk keperluan tulisanmu.

Lanjutkan Dengan Runut

Membaca jurnal ilmiah dengan runut akan membantu kamu dalam membangun pola pikir yang terstruktur. Jika membaca jurnal dengan melompat-lompat kamu hanya akan semakin bingung.

Setelah membaca pendahuluan, maka lanjutkan dengan membaca bagian lain setelahnya. Yakni membaca landasan teori dan metode penelitian, kemudian hasil penelitian dan kesimpulan.

Kembali Membaca Abstrak

Agar hasil bacaan kamu sesuai dengan maksud peneliti, maka bacalah kembali abstrak artikel jurnal. Hal ini dilakukan untuk memastikan kembali apakah pemahaman yang kamu miliki telah sejalan dengan pemahaman penulis artikel jurnal tersebut. Jika kamu menemukan kerancuan, coba kembali membaca isi jurnal.

Pangkas Waktu dengan Menerapkan Skimming

Skimming adalah metode cepat untuk membaca keseluruhan isi tulisan. Skimming berhubungan erat dengan tujuan membaca. Dalam kata lain, sebelum memulai membaca cepat kamu harus memiliki tujuan membaca.

Dengan adanya tujuan membaca, maka kamu akan dapat dengan cepat menemukan apa yang kamu cari. Membaca cepat sudah pernah diajarkan di bangku sekolah lho, Campuspedia Friends, ayo ingat-ingat kembali!

Baca juga:

Itulah rangkuman strategi membaca jurnal dengan cepat dan tepat. Bagi Campuspedia Friends yang sudah menerapkannya, maka pertahankan. Jika, belum jangan lupa untuk diterapkan yah!

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *