Hallo campuspedia friends! Siapa nih yang mau UTBK? Seminggu lagi UTBK tiba ya untuk gelombang pertama. Pastikan kamu juga menyiapkan mental untuk menghadapi hari H UTBK. Nah yang tidak kalah penting adalah memahami perlengkapan UTBK apa saja yang harus kamu bawa. Yuk disimak! 

Perlengkapan UTBK: Berkas dan Prokes 

1.SKL Asli atau Surat Keterangan Aktif 

a. SKL Asli 

Bagi lulusan 2021, pasti sebagian besar ijazah kamu belum dikeluarkan oleh pihak sekolah. Oleh karena itu kamu bisa membawa Surat Keterangan Lulus yang asli, dengan syarat SKL sebagai berikut. 

  • Pada SKL tersebut terdapat: nama siswa, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto siswa terbaru (3 bulan terakhir) 
  • Tandatangan kepala sekolah 
  • Cap atau stempel asli dan basah dari sekolah 

Cap asli dan basah artinya adalah langsung distempel basah di sekolahan. Tidak  boleh apabila SKL yang sudah ditandatangani dan dicap kemdian file scan diberikan kepada siswa untuk diprint sendiri. 

b. Surat Keterangan Aktif 

Bagi siswa lulusan 2021 yang belum ujian sekolah dan belum lulus pastinya tidak akan mendapat SKL. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan Surat Keterangan Aktif (SKA) atau Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah sebagai siswa. 

Nah data yang harus ada dalam SKA antara lain sebagai berikut.

  • Surat dalam bentuk hard file bukan softfile  
  • Memuat informasi jati diri (nama lengkap, tempat dan tanggal Lahir, NISN, NPSN) 
  • Foto berwarna terbaru yang bersangkutan (ukuran dan background bebas) 
  • Ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhkan cap stempel yang sah (cap basah) 

2.FC Ijazah yang telah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020 

Karena ijazah sudah keluar satu tahun bahkan dua tahun yang lalu, bagi lulusan 2019 dan 2020 wajib membawa fotocopy ijazah yang dilegalisasi oleh sekolah. Tidak boleh membawa SKL atau surat keterangan aktif. Jika memang tidak mempunyai fotocopy ijazah yang dilegalisasi, kamu boleh membawa ijazah yang asli dengan syarat adalah menjaga baik-baik ijazah jangan sampai hilang. Risiko ditanggung oleh peserta. 

Baca juga:

3.Kartu Identitas Diri 

Untuk menghindari kecurangan yang mungkin muncul, peserta diharapkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Silahkan memilih salah satu dari kartu identitas berikut. 

  • KTP 
  • SIM
  • Paspor
  • Kartu siswa atau kartu pelajar
  • Jika tidak memiliki salah satu dari empat kartu tersebut, kamu bisa membawa kartu keluarga. 

4.Kartu peserta UTBK SBMPTN 2021 

Kartu UTBK harus dicetak (hardfile) bukan berupa softfile. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut. 

  • Kartu peserta UTBK dicetak pada kerta HVS putih berukuran A5/A4/F4 (pilih salah satu) 
  • Kartu UTBK dicetak berwarna (bukan hitam putih) 
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan QR Code UTBK terlihat dengan jelas karena nanti akan dilakukan pengecekan keaslian peserta dan scan QR Code  
  •  QQR Code pada kartu peserta hanya bisa discan dengan aplikasi khusus yang dimiliki oleh panitia. Jadi pastikan saja hasil print terlihat jelas, tajam, dan tidak shadow. 

Baca juga:

5.Melihat pandemi tahun kemarin peserta diwajibkan tes kesehatan dan nantinya memperoleh SKS (surat keterangan sehat) dan itu berlaku 7 hari

6.Rapid test tidak wajib, hanya beberapa pusat saja yang mewajibkan contohnya Surabaya. Bagi yang lintas provinsi pusat UTBKnya sesuai tahun kemarin wajib rapid.

7.Karena masih pandemi wajib memakai masker yaguys. Selain itu, sarung tangan juga wajib. Kalau untukfacashield tidak wajib, tetapi tergantung pusat UTBK kalian. 

8.Ketentuan Pakaian dan Atribut 

Laki-laki: pakai kemeja jangan pakaian surfing/pantai lebih baik kemeja putih polos. Kalau mau pakai kemeja motif, pastikan motifnya tidak terlalu ramai. Untuk bawahan dilarang memakai jeans atau celana berbahan ketat. 

Perempuan: Atasan kemeja, bawahan menyesuaikan dengan catatan tidak boleh pakaian ketat. Bagi yang memakai jilbab menyesuaikan.  Jangan pakai makeup berlebih. 

Wajib memakai sepatu dengan ketentuan bebas asalkan sepatu. Tidak boleh membawa jam tangan atau gelang. Untuk laki-laki rambut harus rapi.

Baca juga:

9.Datang 1 jam sebelum ujian dimulai

10.Membawa alat tulis seperti pensil pulpen

Nah itulah deretan perlengkapan UTBK yang wajib kamu bawa. Pastikan kamu sudah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari sebelum UTBK ya! Selain itu, jaga dan simpanlah dokumen berharga kamu agar tidak rusak. 

Jangan lupa untuk follow akun , , , , ,  dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *