Hallo Campuspedia Chingu! Ada kabar terbaru nih. Seperti yang kita tahu dibukanya pendaftaran seleksi CPNS menjadi hal yang paling dinantikan. Rencana tanggal pendaftaran akan mulai dibuka pada akhir Mei. Untuk mencegah penularan virus Covid-19, BKN mengeluarkan Surat Edaran (SE) baru terkait Prosedur Penyelenggaraan Seleksi.

Menurut kabar terbaru pendaftaran penerimaan CPNS akan dibuka mulai 31 Mei 2021. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi para calon pendaftar. Para pendaftar juga sudah  mempersiapkan berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Namun chingu perlu mengetahui beberapa hal penting seperti SE terbaru juga jadwal terbaru dari seleksi CPNS 2021 ini.

Baca juga:

Surat Edaran (SE) Kepala BKN No: 7 Tahun 2021

Bapak Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan SE baru mengenai penyelenggaraan tes seleksi ASN 2021 nanti. Proses seleksi akan dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang difasilitasi oleh BKN. Pengadaan tes seleksi juga akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah adanya kluster baru virus Covid-19.

Penyataan ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Kepala BKN No: 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi CAT BKN Dengan Prokes Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19. Pada SE terbaru ini BKN menjamin tes seleksi CAT BKN tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan, namun dengan protocol kesehatan yang ketat.

Ketentuan Bagi Peserta Seleksi

Ketentuan baru bagi para peserta seleksi yang akan mengikuti seleksi tes ASN 2021 antara lain:

  1. Peserta seleksi diharuskan melakukan isolasi mandiri 14 hari sebelum hari pelaksanaan tes seleksi
  2. Selama perjalanan menuju tempat seleksi tidak diperkenankan singgah di tempat lain
  3. Wajib menggunakan masker selama tes seleksi berlangsung. Dianjurkan menggunakan masker medis, untuk masker kain disarankan menggunakan masker kain 3 lapis
  4. Menggunakan faceshield jika berhadapan dengan banyak orang
  5. Menjaga jarak minimal 1 meter antar peserta lain dan mencuci tangan pada aiengalir menggunakan sabun
  6. Membawa alat tulis pribadi (tidak diperkenankan untuk meminjam)
  7. Para peserta seleksi melakukan pemeriksaan suhu terlebih dahulu. Jika suhu ≥ 37,30 C akan diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di ruangan berbeda.
  8. Peserta yang berasal dari daerah lain dari lokasi ujian wajib mengikuti protocol kesehatan yang ditentukan
  9. Para pengantar peserta seleksi tidak diperbolehkan masuk dan menunggu di dalam area seleksi. Hal ini untuk mengurangi kerumunan di tempat seleksi

Ketentuan ini telah ditandatangani oleh Kepala BKN pada 17 Mei 2021. Selain itu kita juga akan mendapat surat rekomendasi dapat/tidak dapat mengikuti seleksi yang dikelluarkan oleh tim kesehatan seleksi CAT BKN.

Baca juga:

Timeline Terbaru Seleksi ASN 2021

Berikut adalah jadwal terbaru seleksi ASN 2021:

Tanggal

Keterangan

Pengumuman Seleksi 30 Mei 2021 – 13 Juni 2021
Pendaftaran 31 Mei 2021 – 21 Juni 2021
Seleksi Berkas Administrasi & Hasil 1 Juni 2021 – 30 Juni 2021
Masa Sanggah 1 Juli 2021 – 11 Juli 2021
SKD CPNS (CAT BKN) Juli 2021 – September 2021
Seleksi Kompetensi (CAT BKN) PPPK Non Guru Juli 2021 – September 2021
Seleksi Kompetensi (CBT Kemendikbud) PPPK Guru

Tes Seleksi 1 sampai 3

 

Agustus 2021 – Desember 2021

SKB CPNS September 2021 – Oktober 2021
Pengumuman Final & Masa Sanggah November 2021
Penetapan NIP & Nomor Induk Desember 2021

 

Baca juga:

Itu dia kabar terbaru seputar surat edaran (SE) terbaru beserta jadwal seleksi ya chingu. Persiapkan segala persyaratan dan perhatikan jadwal terbarunya ya. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *