Eks Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti, memberikan komentar terkait pesawat jet Gulfstream G650ER yang diduga digunakan oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dalam perjalanan mereka ke Amerika Serikat. Susi memperkirakan bahwa harga satu unit jet pribadi tersebut sangat fantastis. Ia menjelaskan bahwa biaya pesawat Gulfstream G650ER setara dengan harga sekitar 40 pesawat Susi Air.

Menurut data dari situs resmi Susi Air, maskapai yang dikelolanya menggunakan sebagian besar pesawat jenis Cessna Caravan, dengan total armada sebanyak 49 pesawat, di mana 32 di antaranya adalah Cessna Caravan. Harga satu unit Cessna Caravan diperkirakan sekitar 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 32 miliar. Dengan perhitungan tersebut, Susi memperkirakan harga pesawat Gulfstream G650ER bisa lebih dari 1,2 triliun rupiah.

Baca juga : Kunjungan Danbrigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Supriadi Taringan,MM.ke Universitas Teknokrat Indonesia

Pengamat penerbangan Alvin Lie juga mengungkapkan bahwa pesawat Gulfstream G650ER tersebut milik salah satu tokoh berpengaruh di Amerika Serikat. Ia menjelaskan bahwa pemilik terdaftar adalah penerima kuasa dari Bank of Utah, AS, dan mungkin kredit pesawat tersebut belum lunas.

Penulis : Riska Damaranti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *