Hallo Campuspedia Friends! Pernah dapet tugas yang mengharuskan kalian membaca referensi seabrek? tapi dengan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan seluruhnya? Atau kalian sedang dalam misi membaca banyak buku dalam satu hari? Udah kenal sama teknik membaca cepat belom? 

Teknik membaca cepat adalah cara membaca dan memahami suatu materi dengan waktu seefektif mungkin. Teknik membaca ini memungkinkan kamu membaca banyak bacaan dalam waktu yang lebih singkat.

Seorang pembaca cepat, biasanya akan membaca hingga 1000-2000 kata per menitnya. Akan tetapi selain kecepatan, ketepatan atau pemahaman juga diperhatikan dalam teknik membaca ini. Kegunaanya pun beragam, mulai dari pemahaman suatu bacaan, hingga pemanfaatannya dalam ujian.

Melansir dari , secara singkat, ada 3 metode membaca cepat yang lumrah diketahui, yakni :

  1. Skimming : Menyeluruh, untuk mencari gagasan pokok
  2. Scanning : Cepat dan teliti, untuk memahami informasi dan mencari kata kunci
  3. Skipping : Mengabaikan/melompati bagian yang sudah dipahami

Nah, bagaimana caranya agar kita dapat melakukan 3 metode di atas dengan baik? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

 

Baca juga :   

 

Fokus dan Konsentrasi

Dalam membaca cepat, kamu memerlukan konsentrasi tinggi pada sebuah bacaan. Sebab jika kamu tidak berkonsentrasi, itu hanya akan membuat pemahamanmu berkurang dan memperlambat waktu selesaimu.

Pilih tempat atau suasana yang membantumu untuk lebih berkonsentrasi. Misalnya perpustakaan, cafe belajar, atau ruangan dalam rumah yang bebas dari suara-suara yang membuatmu kurang berkonsentrasi.

Hindari Gangguan

Gangguan (distraction) kerap kali muncul dan mengganggu konsentrasi yang sudah kita bangun. Ciptakan suasana dimana gangguan-gangguan yang dirasa dapat memengaruhi fokusmu dapat terhindarkan.

Jika perlu, ketika kamu sudah berada pada tempat yang cocok, beri peringatan pada orang sekitar bahwa kamu butuh fokus saat itu. Beberapa tempat mungkin menyediakan peringatan langsung seperti perpustakaan, hal ini dapat kamu lakukan pada tempat lain yang tidak memiliki peringatan langsung.

Jarak Bacaan dengan Mata

Ketika membaca cepat, kamu butuh waktu sesingkat mungkin untuk menyelesaikan kalimat dari satu sisi kalimat ke sisi kalimat yang lain. Dengan sempitnya jarak baca, tentunya mata akan kesusahan menjangkau satu kalimat dengan ujung kalimat yang lain. Sebaliknya jika terlalu jauh, mata akan berusaha lebih keras untuk memfokuskan objek yang letaknya jauh di depan.

Ciptakan jarak sekitar 30-40 cm antara bacaan dan matamu. Selain untuk meningkatkan fokus agar mata tidak cepat lelah, sekaligus juga akan menjaga kesehatan mata.

Hindari Mengulang Kata/Kalimat Yang Sudah Dibaca

Terkadang, satu topik akan beberapa kali diulang dalam suatu bacaan. Hindari membaca topik/bagian yang sama secara berulang. Karena hal ini akan membuat kalian kembali pada topik sebelumnya dan hanya akan memperlambat waktu selesai membaca.

Jangan Ragu Dengan Apa Yang Sudah Kalian Baca

Salah satu kelemahan seseorang dalam membaca cepat adalah keraguan dengan apa yang sudah dipahami tadi. Hal ini akan membuat kalian tidak fokus dengan topik yang saat ini sedang kalian baca dan hanya akan memikirkan apa yang sudah kalian baca tadi.

Terkadang situasi seperti ini hanya timbul dari sikap khawatir berlebih. Oleh karena itu, penting untuk meminimalisir rasa khawatir sebelum kalian mulai membaca cepat.

Berlatih, Berlatih, Berlatih!

Pada saat awal-awal mempraktikkan teknik ini, mungkin kalian akan merasa bosan. Terutama untuk kamu yang baru tau teknik ini.  Halini memang butuh untuk dilatih.  Tidak papa merasa bosan, yang terpentng adalah ketekunan kalian untuk mencoba.

Lihat Perkembanganmu

Setiap berlatih, lihat apakah kecepatan dan pemahaman terhadap sebuah materi sudah sesuai dengan apa yang kamu targetkan. Jika dirasa kurang, maka cari tahu apa yang membuat target tidak terpenuhi dan perbaiki di latihan berikutnya. Karena membaca cepat adalah sebuah skill yang harus terus dilatih untuk meningkatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

 

Baca juga :

 

Nah, itu tadi langkah-langkah untuk menerapkan teknik membaca cepat. Melihat begitu banyak manfaat yang akan kamu dapat, tentu tidak ada salahnya mempelajari teknik ini.

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *