TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO 2024 DIRAMAIKAN DENGAN KARYA DAN INOVASI VERTIKAL HIDROPONIC

TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO 2024 DIRAMAIKAN DENGAN KARYA DAN INOVASI VERTIKAL HIDROPONIC

Acara Academic Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) berlangsung di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM Nasrullah Yusuf, kampus setempat pada Selasa (30/1/2024).

Pameran ini memamerkan ratusan karya dan inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa UTI, yang menjadi daya tarik bagi pengunjung, terutama siswa dan guru, di Gelanggang Mahasiswa kampus setempat.

Acara Teknokrat Academic Expo 2024 dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung, Dr. Ir. Hamartoni Ahadis. Acara ini ditandai dengan pemukulan gong dan dihadiri oleh Rektor UTI, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, serta Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM.

Berbagai stan pameran menampilkan hasil inovasi mahasiswa, seperti sistem energi terbarukan, instrumentasi kendali, robotika, game untuk pendidikan, pengembangan perangkat lunak (web), pengembangan perangkat lunak (mobile), sistem tertanam lanjut, desain UI/UX, Internet of Things (IOT), desain grafis, dan topik lainnya seperti Technopreneur, manajemen pemasaran, perpajakan, analisis keuangan, dan sebagainya. Pameran ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk memamerkan potensi dan prestasi mereka di berbagai bidang inovasi dan teknologi.

Baca juga : SMKN TANJUNG SARI LAMPUNG SELATAN BANGGA DENGAN INOVASI DAN KARYA MAHASISWA TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO

Alat Hidroponik Vertikal: Cara Mudah Menanam Tanaman di Rumah

Alat hidroponik vertikal merupakan solusi praktis untuk bercocok tanam di rumah. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga tanaman hias.

Cara menanam dengan metode hidroponik vertikal melibatkan penggunaan bibit. Media penanamannya menggunakan Rockwool yang terbuat dari batu, dengan masa pembibitan selama 7 hingga 10 hari.

Proses penanamannya membutuhkan waktu 30-35 hari, lebih cepat dibandingkan dengan tanaman konvensional yang tidak menggunakan lampu UV. Beberapa contoh tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik meliputi selada, pokcoy, tomat, cabai, paprika, stroberi, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Metode Hidroponik Vertikal:

  1. Hemat lahan
  2. Mudah perawatan
  3. Hasil panen lebih cepat
  4. Cocok untuk berbagai jenis tanaman
  5. Ramah lingkungan

Spesifikasi Alat Hidroponik Vertikal:

  • Panjang: 2m
  • Lebar: 1m
  • 150 lubang tanaman
  • 15 talang air
  • Nutrisi air: 220-3000 ppm

Sinar UV dapat dikontrol melalui perangkat ponsel. Dengan menggunakan alat hidroponik vertikal, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan dalam bercocok tanam di rumah secara efisien dan ramah lingkungan.

Baca juga : SMK Putra Bangsa HADIR MENGIKUTI TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO 2024 DAN BANGGA DENGAN INOVASI MAHASISWA


Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM Nasrullah Yusuf SE MBA, yang diwakili oleh Wakil Rektor Dr. H Mahathir Muhammad SE, MM, memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah menginisiasi pameran semacam ini. Mahathir menilai bahwa Academic Expo memiliki signifikansi penting untuk disosialisasikan agar masyarakat dapat mengetahui inovasi yang telah dihasilkan oleh mahasiswa Universitas Teknokrat.

Mahathir menyatakan bahwa UTI secara aktif mendukung program ekonomi hijau dan teknologi ramah lingkungan. Ia berharap semua hasil akademik dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat, karena menurut Mahathir, kekuatan kampus di masa depan terletak pada penguasaan teknologi.

Mahathir berharap bahwa inovasi ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang, dan produk-produknya dapat diproduksi secara massal. Ia juga menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan kerja sama yang telah terjalin dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Lampung.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis, sangat mendukung program-program yang dilaksanakan oleh Universitas Teknokrat. Ia menekankan perbedaan antara Universitas Teknokrat dengan kampus lain, yaitu kemampuan setiap mata kuliah di UTI untuk menghasilkan inovasi.

Penulis : Ida pratiwi

Sumber : Kampus Swasta Terbaik : Teknokrat

One thought on “TEKNOKRAT ACADEMIC EXPO 2024 DIRAMAIKAN DENGAN KARYA DAN INOVASI VERTIKAL HIDROPONIC

  1. Thanks I have recently been looking for info about this subject for a while and yours is the greatest I have discovered so far However what in regards to the bottom line Are you certain in regards to the supply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *