Semangat belajar adalah elemen penting dalam menuntut ilmu. Namun tidak jarang semangat belajar tersebut kendur karena suatu penyebab yang tidak diketahui. Nah, untuk meningkatkan kembali semangat belajarmu, Campuspedia punya solusinya! yaitu dengan menonton film.

Sudahkah Campuspedia Friends tahu? Menonton film dapat meningkatkan kembali semangat belajar, lho.  Cerita yang diangkat oleh sebuah film, lengkap dengan narasi dan sinematografinya dapat mempengaruhi pikiran penontonnya. Bagi Campuspedia Friends yang sedang berada di fase penurunan semangat belajar, bisa mencoba memperbaikinya dengan menonton film atau dikenal dengan istilah “Terapi Sinema”.

Tenang saja, Campuspedia sudah merangkum rekomendasi film Indonesia bertema pendidikan yang bisa membakar semangat belajarmu. Berikut rekomendasinya.

MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta 

Film ini menceritakan kisah seorang ibu bernama Tupon (Kinaryosih) dalam memperjuangkan pendidikan anaknya. Meskipun tidak bergelimang harta dan tidak pandai membaca, Tupon enggan berhenti berjuang demi menyekolahkan Sekar Palupi (Acha Septriasa), anak semata wayangnya, sampai ke tanah Eropa.

Penggambaran tokoh Tupon yang banting tulang agar anaknya bisa bersekolah, sukses menguras emosi para penonton. Salah satu pesan yang terselip dalam film ini adalah “Ketika ada kemauan, pasti ada jalan”. Campuspedia Friends bisa mengambil pelajaran semangat pantang menyerah dari para tokoh di dalam film ini. 

Baca juga:

Mengejar Embun ke Eropa

Film Indonesia bertema pendidikan ini mengangkat kisah Puro (Rizky Hanggono) dalam meraih cita-citanya menjadi seorang dosen. Puro berasal dari keluarga sederhana, namun semangat belajarnya mampu mengantarkan Puro untuk menuntut ilmu di Eropa.

Setelah kembali dari Eropa, Puro bekerja sebagai dosen. Ia kemudian menemukan banyak kesenjangan di dunia pendidikan. Puro tidak tinggal diam, Ia bergerak untuk memperbaiki kesenjangan tersebut walau tidak mudah. Semangat juang tokoh Puro ini dapat Campuspedia Friends jadikan sebagai acuan dalam berjuang demi mimpi dan kebenaran.

Baca juga:

Sepatu Dahlan

Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang tokoh Dahlan dan mimpi sederhananya. Berasal dari keluarga tidak mampu menjadikan sepatu dan sepeda adalah dua barang mahal bagi Dahlan. Ia bertekad untuk memiliki kedua barang tersebut walau didera banyak rintangan.

Dikisahkan pula bagaimana Dahlan bersekolah dengan telanjang kaki. Acap kali kakinya melepuh karena itu. Film ini juga menceritakan sederet kisah pilu lainnya yang menghantam Dahlan. Namun Dahlan tetaplah Dahlan yang tidak gentar demi mimpinya. Dengan menonton film ini, Campuspedia Friends akan melihat arti perjuangan mencapai mimpi.

Baca juga:

Film memang dikenal sebagai salah satu media berkomunikasi, Campuspedia Friends bisa memperbaiki diri melalui pesan yang terkandung di dalamnya. Menyisihkan sedikit waktu untuk menonton film bukan perbuatan yang salah, kok. Asalkan film yang ditonton benar-benar berguna untuk diri kamu, seperti rekomendasi film pendidikan Indonesia di atas.

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *