Hallo Campuspedia Friends! Hayo jujur…siapa disini yang susah fokus bawaannya kalau lagi kelas online? Tenang aja guys, kamu gak sendirian, kok! Menjaga fokus tuh memang susah jadi terkadang kita perlu beberapa tips agar fokus terutama selama pandemi ini yang segalanya serba from home.

Baca Juga:

Nah, untuk melatih diri kita agar selalu fokus, ada teknik yang namanya teknik mindfulness. Teknik mindfulness adalah cara yang dilakukan untuk memusatkan perhatian pada apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran. Biasanya, teknik ini digunakan untuk meredakan stres, melatih fokus, hingga gangguan kecemasan atau gelisah dan termasuk salah satu teknik meditasi.

Tapi, untuk melakukan teknik mindfulness ini gak sembarangan, lho! Buat kamu yang tertarik untuk mencoba, yuk simak tips agar fokus berikut melalui teknik mindfulness!

tips agar fokus adalah luangkan waktuLuangkan Waktu 5 – 10 Menit Sehari

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meluangkan waktu. Luangkan waktu sekitar 5 – 10 menit sehari untuk melakukan meditasi sederhana.

Selama waktu tersebut, berusahalah untuk tetap fokus dan konsentrasi. Awalnya memang sulit, tapi lama – kelamaan pasti kamu akan lebih terbiasa dan lebih mudah untuk melakukannya.

Baca Juga:

mindfulness adalah meditasi yang perlu tempat sepiCari Tempat Tenang dan Sepi

Untuk dapat melakukan meditasi, tentunya kamu harus mencari tempat yang tenang dan fokus. Ini menjadi salah satu tips agar fokus yang cukup penting untuk kamu lakukan.

Semakin tenang tempat yang kamu pilih, maka kamu dapat menjaga konsentrasi dan fokusmu dengan lebih baik. Usahakan selama meditasi, kamu fokus pada satu hal saja. Misalnya, fokus pada suara nafasmu, atau suara burung yang berkicau, atau suara air terjun yang bisa kamu unduh di internet.

tarik nafasTarik Nafas

Mindfulness adalah salah satu teknik meditasi yang memerlukan ketenangan. Jadi dalam melakukannya, kamu juga harus berada dalam kondisi tenang.

Buatlah tubuhmu merasa rileks dengan menarik nafas perlahan dari hidungmu. Kemudian hembuskan perlahan melalui mulutmu. Lakukan secara berulang hingga tubuhmu merasa rileks.

Baca Juga:

tips agar fokus adalah tetap fokusStay Focus!

Selama meditasi berlangsung, penting bagi kamu untuk tetap fokus. Hindari dirimu dari segala gangguan eksternal seperti suara bising dan sebagainya.

Semakin sering kamu melakukan meditasi, maka kamu akan menjadi semakin fokus. Karena teknik mindfulness adalah salah satu cara yang paling baik sebagai tips agar fokusmu terjaga. Selain itu, teknik ini juga dapat membantumu untuk semakin produktif dalam hidupmu.

Jadi gimana, Campuspedia Friends? Itu dia teknik mindfulness sebagai salah satu tips agar fokusmu semakin terlatih. Tertarik untuk mencoba?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *