JAKARTA (Sketsa.co) — Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Persaingan cukup ketat, terutama bagi fresh graduate dan mahasiswa yang belum memiliki pengalaman kerja. Untuk meningkatkan peluang sukses, penting untuk melamar ke beberapa perusahaan sekaligus, karena tidak semua perusahaan akan langsung merespons lamaran Anda.

Agar lamaran Anda lebih menarik perhatian, ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Pertama, kenali potensi diri Anda. Luangkan waktu untuk mengetahui bidang yang Anda minati, bahkan jika tidak sesuai dengan jurusan kuliah Anda. Anda bisa belajar dari berbagai sumber untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Kedua, buat CV yang menarik. Fokuslah pada pengalaman dan keterampilan yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar, serta sesuaikan desain CV dengan identitas bidang pekerjaan yang dituju.

Ketiga, manfaatkan aplikasi pencari kerja dan media sosial untuk mencari informasi lowongan. Ada banyak situs dan aplikasi yang menyediakan informasi pekerjaan secara online. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi sumber informasi yang berguna.

Keempat, jangan ragu melamar pekerjaan sebelum lulus. Banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerja sebelum lulus. Hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk mempersingkat waktu dalam mencari pekerjaan setelah lulus.

Kelima, perhatikan perilaku Anda di media sosial. Karena perekrut juga melihat profil sosial Anda, pastikan untuk menjaga citra diri Anda dengan baik.

Baca juga:

Terakhir, jangan takut untuk terbuka pada berbagai opsi pekerjaan dan perusahaan. Karena persaingan cukup ketat, penting untuk mempertimbangkan berbagai kesempatan yang ada.

Dengan menerapkan tips-tips ini, diharapkan Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *