Siapa sih yang nggak mau dapet beasiswa? Kuliah gratis dan dapet biaya saku per bulan atau per semesternya, menarik dan menguntungkan banget kan. Nah, kira-kira ada nggak sih di antara kalian yang baru mau mulai daftar beasiswa? Kalau iya, cocok banget nih untuk simak informasi di sini. Karena Campuspedia telah merangkum tips lolos beasiswa buat kamu pemula yang baru mau daftar beasiswa untuk pertama kalinya.

Baca juga:

Kira-kira apa saja ya yang perlu kamu ketahui dan persiapkan?

1. Carilah Sumber Terpercaya Tentang Beasiswa

lolos beasiswa

Langkah yang pertama adalah carilah sumber yang memuat tentang beasiswa tersebut, tentu saja sumber yang terpercaya ya! Misalnya kamu bisa melihat di akun-akun instagram pemberi info tentang beasiswa, bisa juga website, dan platform lainnya. Intinya, kamu harus aktif mencari informasi tentang beasiswa itu sendiri.

Selain melalui platform sosial, biasanya akun sistem akademik kampus juga menyediakan informasi mengenai beasiswa yang bisa kamu ikuti. Kamu juga bisa mengikuti dan mencari informasi mengenai beasiswa di akun himpunan jurusan atau BEM, karena biasanya pihak penyelenggara juga ingin mempromosikan beasiswa yang mereka buat melalui akun-akun sosial media ormawa.

Kamu juga bisa langsung membuka akun-akun perusahaan yang mengadakan beasiswa, misalnya beasiswa yang diadakan oleh kemendikbud, perusahaan Tokopedia, Shopee, dan lain-lain.

2. Baca dan Pahami Persyaratan Yang Ada Dengan Seksama

tips lolos beasiswa

Tips lolos beasiswa untuk pemula yang kedua adalah baca dan pahami persyaratan yang ada. Kesalahan fatal namun sepele yang paling sering ditemui adalah mengenai program studinya. Misalnya kamu ingin mencari beasiswa S1 tetapi lembaga yang menyelenggarakan ternyata hanya menyediakan beasiswa untuk program S2, maka sudah jelas meskipun kamu memenuhi persyaratan yang ada, kamu tidak akan bisa lolos beasiswa tersebut.

Persyaratan dan peraturan jelas dibuat untuk kita lakukan, oleh sebab itu perhatikan dengan seksama persyaratan yang ada. Karena satu poin persyaratan yang tidak memenuhi kriteria penyelenggara, maka kamu juga tidak akan bisa mendapatkan kesempatan untuk menerima beasiswa tersebut.

3. Persiapkan Dokumen Sesegera Mungkin

Hal ini juga kerap kali disepelekan oleh calon penerima beasiswa dengan anggapan, “oh waktunya masih lama, masih bisa dikejar nanti”. Padahal penting banget loh untuk sesegera mungkin menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk daftar beasiswa.

Misalnya, ada beasiswa dalam negeri yang harus menyertakan SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu. Untuk bisa mendapatkan surat tersebut kamu harus meminta persetujuan dan surat dari kelurahan, yang sebelumnya harus diurus terlebih dahulu di RT dan RW. Menyiapkan dokumen tersebut tentu saja memakan waktu yang tidak sebentar, sehingga jangan sampai kamu baru mulai mengurus surat tersebut ketika sudah mendekati penutupan pendaftaran.

Selain itu, beasiswa ke luar negeri juga biasanya mengharuskan penerimanya memiliki paspor. Untuk mengurus pembuatan paspor juga tidak sebentar. Sehingga di sinilah pentingnya untuk menyiapkan dokumen-dokumen tersebut sesegera mungkin jauh dar hari penutupan pendaftaran beasiswa.

4. Membuat Essay Yang Relevan dan Menarik

Tips lolos beasiswa untuk pemula yang keempat adalah membuat essay yang relevan dan menarik. Kebanyakan penyelenggara beasiswa mengharuskan calon penerimanya untuk membuat essay. Tentu saja essay yang menarik dan memiliki konten baik akan mendapatkan point plus ketika mendaftar.

Ketika menulis essay tersebut, tulislah mengapa kamu sangat menginginkan dan membutuhkan beasiswa tersebut. Lalu tunjukkan juga passion yang kamu miliki sehingga kamu bisa memberikan kontribusi pada masyarakat sekitar dan juga pada pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

Baca juga:

Tunjukkan bahwa dengan menerima beasiswa tersebut kamu bisa lebih mudah dalam membantu dan memberikan kontribusi ke orang lain, dengan harapan semakin banyak orang maka semakin baik juga.

Selain itu kamu juga bisa menuliskan tujuan dan prospek kamu ke depannya ingin seperti apa. Serta kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan demi mendapatkan tujuan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk tetap menggunakan bahasa yang sopan dan menarik ya!

5. Membuat Resume, Cover Letter, Motivation Letter, Dan Lain-Lain

Beberapa pihak penyelenggara biasanya juga menginstruksikan penerima beasiswanya untuk membuat entah resume, CV, atau motivation letter, dan lain-lain. Penting buat kamu membedakan jenis surat-surat tersebut, tetapi sebenarnya mereka juga tidak jauh berbeda dengan essay.

Yang perlu diperhatikan adalah buatlah surat menarik yang menunjukkan keantusiasan kamu dalam memperoleh beasiswa tersebut dan kenapa mereka harus mempercayakan beasiswa tersebut kepada kamu.

6. Konsultasi dengan Teman Atau Orang Yang Pernah Menerima Beasiswa Tersebut

Ini juga merupakan hal yang paling penting, dengan bertanya dan mengonsultasikan hal tersebut ke orang yang pernah menerima beasiswa yang sama, maka kamu bisa mengetahui kira-kira apa yang kurang dari persiapan kamu. Selain itu, masukan-masukan yang diberikan oleh mereka juga bisa kamu jadikan acuan untuk memperbaiki persiapan kamu atau bahkan menambah persiapan supaya lebih mantap.

7. Latihan dan Persiapkan Interview

Tips lolos beasiswa untuk pemula selanjutnya adalah kamu juga harus mempersiapkan interview. Pihak penyelenggara beasiswa biasanya mengadakan proses wawancara untuk menyaring penerimanya agar mereka bsia mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempersiapkan hal ini. Banyak sekali platform yang menyediakan latihan atau tips lolos interview beasiswa, kamu bisa mengakses di website dan Youtube Campuspedia juga loh. Semangat!

8. Catat Tanggal Beasiswa

Jangan lupa untuk mencatat dan kalau bisa kamu set saja tanggal-tanggal penting untuk beasiswa. Karena biasanya beberapa pihak penyelenggara beasiswa tidak memberikan reminder penutupan pendaftaran, sehingga kamu harus mencatat sendiri tanggal-tanggal penting untuk pendaftaran beasiswa tersebut.

Terkesan sepele memang, tetapi ini penting banget loh!

9. Cari Tahu Karakteristik Penyelenggara Beasiswa

Yang terakhir yang paling penting nih! Cari taulah mengenai pihak penyelenggara beasiswa. Kira-kira penerima beasiswa seperti apa yang mereka inginkan. Belum lagi, beberapa perusahaan biasanya menyertakan persyaratan-persyaratan khusus yang harus kamu ikuti, misalnya magang yang harus diikuti, IPK minimal, dan lain-lain. Jadi jangan sampai kamu melewatkan informasi-informasi sepenting itu ya!

Selain itu perhatikan juga mereka mencari penerima beasiswa yang seperti apa, misalnya mereka hanya menerima beasiswa pada bidang akuntansi atau IT, maka apabila jurusan kamu bukan jurusan tersebut juga akan semakin kecil peluang diterimanya. Teliti dalam mengikuti beasiswa sangatlah penting!

Beasiswa:

Itu dia 9 tips yang harus kamu ketahui kalo kamu mau lolos beasiswa! Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *