Halo Sobat Campuspedia! Saat ini kamu sedang merintis sebuah startup? Pasti kamu sudah tahu dong bahwa salah satu hal penting dalam sebuah startup adalah modal yang didapatkan dari investor. Nah, pitch deck merupakan salah satu cara yang dapat menunjukkan kelayakan perusahaan untuk mendapatkan pendanaan dan perhatian dari pihak lain lho. Simak terus cara membuat pitch deck di bawah ini, ya!

Apa Itu Pitch Deck?

Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang bisa menjelaskan gambaran umum tentang rencana bisnis startup kamu.

Dengan bantuan file presentasi tersebut, kamu bisa memperkenalkan produk kamu di hadapan calon investor sehingga mereka dapat tertarik untuk memberi pendanaan.

Tak hanya itu, pitch deck juga bisa berguna ketika kamu sedang bertemu dengan calon konsumen atau perusahaan lain yang ingin kamu ajak kerja sama. 

Baca Juga:

Baca Juga:

Kenapa Wajib Tahu Cara Membuat Pitch Deck yang Tepat dan Menarik?

Untuk dapat menarik perhatian investor terhadap startup milikmu, kamu harus dapat menguasai teknik pembuatan pitch deck yang tepat dan menarik.

Investor pada dasarnya mengharapkan pengembalian dari investasi yang telah diberikan sebanyak 10-20 kali lebih besar jumlahnya.

Oleh karena itu, kamu harus mempresentasikan bisnis startup dengan cara tepat dan menarik supaya mampu meyakinkan para investor dan membuat mereka mau berinvestasi. 

Tips Membuat Pitch Deck Startup

membuat pitch deck startup
sumber foto: cloudways

Beberapa tips pitch deck startup yang akan minca bagikan dibawah diambil dari . Di bawah ini adalah  14 kerangka yang baik dalam membuat pitch deck yang bisa mengambil perhatian investor.

  • Cover Slide

Umumkan ide besar dari startup yang kamu bangun. Berikan gambaran umum tentang perusahaan dilengkapi gambar-gambar yang menarik. Pada bagian cover slide, kamu memiliki 10 detik untuk menentukan apakah audiens akan tertarik untuk mendengarkan sampai akhir atau tidak. 

  • Summary Slide

Rangkum hal-hal penting dari bisnis/peluang investasi perusahaan. Kamu juga bisa mencantumkan visi misi perusahaan, ringkasan produk yang dibuat, dan target pasar atau tekankan peluang bisnis dan cara meminimalisir risiko pasar, produk, dan eksekusi.

  • Problem Slide

Jelaskan masalah yang akan perusahaanmu pecahkan, untuk siapa kamu menyelesaikannya, dan alasan mengapa target pelanggan/pengguna frustrasi dengan solusi saat ini sehingga membutuhkan solusi baru yang akan perusahaanmu tawarkan. 

  • Solution Slide

Jelaskan bagaimana kamu memecahkan masalah dan apa keuntungan/manfaat dari solusi yang kamu tawarkan. Pastikan bahwa produk kamu user friendly, mudah digunakan, dan sesuai dengan target pasar sehingga produk bisa lebih gampang ditawarkan dan dijual.

  • Product Slide

Uraikan terkait produk kamu dan bagaimana proses kerjanya. idealnya , uraikan cara kerja produk hanya dalam tiga langkah sederhana.

  • Business Model Slide

Business model slide memuat gambaran bagaimana kamu melakukan monetisasi atau menghasilkan uang. Investor umumnya memilih aliran pendapatan aktif (pelanggan membayar) dibandingkan aliran pendapatan pasif (iklan atau afiliasi).

  • Market Opportunity Slide

Slide ini menjelaskan berapa banyak uang yang dapat kamu hasilkan jika kamu mendominasi pasar sasaran. Pasar adalah kumpulan orang-orang yang akan membayar untuk menggunakan produk atau jasa. 

  • Competition Slide

Slide ini untuk menjabarkan siapa saja kompetitor dari perusahaan dan jelaskan alasan mengapa produk kamu lebih baik dari mereka. Jangan pernah mengungkapkan bahwa saat ini tidak memiliki kompetitor. Hal ini akan berimbas kepada kredibilitas perusahaan. Produk yang tidak memiliki kompetitor bisa terkesan menjadi produk yang tidak terlalu dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Growth Slide

Slide ini membahas bagaimana kamu akan mendapatkan dan mempertahankan pelanggan secara menguntungkan, dalam skala besar, dan menjaga produkmu tetap kompetitif. Selain itu, dapat juga membahas risiko eksekusi. Investor ingin diyakinkan bahwa kamu tahu bagaimana mengubah produk kompetitif untuk pasar yang besar, tumbuh menjadi bisnis besar, dan berkelanjutan. 

  • Traction Slide

Bukti nyata bahwa pelanggamu menyukai produk dan dengan senang hati membayarnya. Kamu harus memiliki produk yang kompetitif dan kamu telah menunjukkan keahlian operasional yang cukup untuk berhasil memasarkan dan menjual produk.

  • Financials Slide

Finansial slide adalah perkiraan atau tebakan terbaik mengenai pendapatan, biaya, dan pengeluaran selama tiga sampai lima tahun kedepan.

  • Team Slide

Tim yang memiliki pengalaman dan keahlian untuk mengubah peluang perusahaan menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan.

  • Funding Slide

Slide ini menunjukkan apa rencana mengenai jumlah banyaknya uang yang kamu butuhkan dan apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan dan menggunakan uang tersebut.

  • Summary Slide

Slide ini menampilkan rangkuman dan kesimpulan secara keseluruhan dari pitch deck. 

  • Appendix Slide 

Mencantumkan lampiran tidak wajib ada di pitch deck, tetapi jangan ragu untuk menyertakan beberapa slide terkait lampiran, seperti testimoni, model keuangan terperinci, dll.

Yuk, Ambil Hati Para Investor dengan Pitch Deck yang Tepat dan Menarik!

Apakah kamu tahu kenapa butuh pitch deck untuk mempresentasikan sebuah bisnis startup? Atau apa yang harus kamu letakkan di pitch deck supaya investor merasa tertarik?

kelas online cara membuat pitch deck startup

Untuk menjawab semua pertanyaan dan kebingunganmu, kamu bisa nih ikutan online career class edisi “Learn How to Create a Successful Pitch Deck to Boost Your Career in Start-Up Industry” pada 27 Februari 2021 pukul 19.15 WIB bersama Azellia Alma Shafira, CEO of Banoo Indonesia. Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

What will you learn:

  • Introduction: Pengertian apa itu pitch deck
  • Pentingnya pitch deck dalam start-up industry
  • Komponen penting dalam pitch deck
  • Tips dan trik bagaimana cara membuat pitch deck yang baik dan benar
  • Bagaimana cara menyampaikan materi dengan baik di depan umum
  • Bagaimana cara menjadi interaktif saat berbicara di depan umum
  • Sharing Session

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *