Halo Campuspedia Friends! Pada bingung gak sih buat mikirin karir kita di masa depan nanti akan jadi apa? Karena dalam menentukan karir itu gak boleh sembarangan. Oleh karena itu diperlukan beberapa tips agar karir yang akan kamu jalani bisa cocok dan sesuai denganmu.

Baca Juga:

Nah kali ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menentukan karir yang cocok untukmu di masa depan. Yuk simak ada apa aja!

pelajari pilihan karir yang adaPelajari Pilihan Karir

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah mempelajari berbagai pilihan karir yang ada. Semakin banyak kamu mengetahui pilihan karir yang bisa kamu pilih, maka kamu dapat membuat pertimbangan yang lebih matang.

Mulailah dari mencari prospek kerjanya hingga kisaran gajinya. Kamu juga bisa bertanya-tanya kepada kerabat yang mungkin punya karir yang kamu ingin lakukan di masa depan.

memprioritaskan karir yang akan dilakukanPrioritasin Karir yang Akan Kamu Lakukan

Nah, setelah kamu mempelajari berbagai pilihan karir yang ada, kamu bisa mulai membuat list prioritas. List prioritas ini bisa mempermudah kamu dalam menentukan karirmu di masa depan.

Baca juga:

Kamu bisa mulai mengurutkan karir dari yang paling kamu inginkan atau paling sesuai dengan dirimu. Selain itu kamu juga bisa kok kalau mau mengurutkannya berdasarkan gaji. Pokoknya ini berdasarkan preferensimu saja.

menentukan karir di masa depan dengan mempertimbangkan hobiPertimbangkan Hobimu

Dalam menentukan karir yang cocok untukmu di masa depan, tentu saja idealnya adalah sesuai dengan hobimu. Kamu bisa mencari-cari karir yang sekiranya cocok dengan hobimu. Misalnya kalau kamu doyan menggambar, kamu bisa menjadi seorang graphic designer, arsitek, pelukis, dan masih banyak lagi pilihan karirnya.

Dengan mempertimbangkan hobimu, maka kamu bisa lebih enjoy dalam menjalani karirmu nanti. Tapi kamu juga harus memikirkan kira-kira kenapa kamu menyukai hobi tersebut, dan apakah memungkinkan untuk dijadikan karir di masa depan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mantap dalam menentukan karirmu kedepannya.

menentukan karir dengan menghubungkannya dengan mimpi
Businesswoman writing plan for a successful career

Hubungkan Karir Dengan Mimpimu

Menentukan mimpi atau cita-cita sepertinya sudah pernah kita lakukan bahkan sewaktu di taman kanak-kanak ya. Namun, seiring berjalannya waktu mimpi kita terkadang akan berubah. Misalnya yang awalnya ideal menjadi lebih realistis seiring kita bertumbuh dewasa.

Baca Juga:

Dalam menentukan karir, kamu bisa menghubungkannya dengan mimpi atau goals yang ingin kamu capai. Dengan memiliki sebuah tujuan atau goals dalam hidup, kita bisa menjadikannya sebagai motivasi dalam melakukan pekerjaan kita nantinya.

jangan terlena di zona nyamanJangan Terlena Di Zona Nyaman

Terkadang kita takut atau malas untuk keluar dari zona nyaman dan sudah berpikir pesimis lebih dulu. Namun, kalau kamu berani untuk keluar dari zona nyaman, maka kamu selangkah lebih maju untuk membuat dirimu berkembang lho!

Selama kamu masih muda, cobalah untuk explore hal-hal baru, apalagi yang bisa membantumu dalam menentukan karirmu di masa depan. Misalnya, mengikuti kursus bahasa asing, melatih leadership, atau bahkan mengikuti kegiatan volunteer untuk membangun networking.

Isi waktu luangmu dengan hal-hal yang bermanfaat dan paksa dirimu untuk keluar dari zona nyaman. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap dan yakin dalam menentukan karirmu di masa depan nanti.

Berdasarkan tips-tips menentukan karir tersebut, kira-kira Campuspedia Friends sudah melakukan yang mana saja nih? Semoga mimpi dan tujuan hidup yang kamu miliki bisa tercapai ya! Intinya jangan malas untuk mempersiapkan masa depan kita sendiri.

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *