Hallo Campuspedia Chingu! Sebelumnya acung tangan yuk siapa yang masih berkuliah? Dan lagi yang sedang skripsian? Kalau kamu masuk di dua kriteria tersebut, berarti kamu sedang ada di fase akhir kuliah.

Di saat masa pandemi seperti ini segala sesuatu masih harus terus berjalan terutama pendidikan. Buat kalian yang masih skripsian, semangat yaa, karena nggak mudah loh mengerjakan tugas akhir waktu lagi pandemi.

Seperti yang kita tahu nih teman-teman, tugas akhir atau skripsi merupakan sebuah tahap akhir dari masa perkuliahan. Fase ini harus kita lalui sebagai bentuk pemahaman kita semasa berkuliah. Setelah mengerjakan skripsi, kita akan melaksanakan sidang akhir sampai kemudian dinyatakan lulus dari bangku perkuliahan. 

Baca juga:

Nah karena kamu lagi mengerjakan tugas akhir, minca akan memberi beberapa tips skripsi. 

“Apa aja sih minca tips-tipsnya?” 

“Kasih tau dong minca ke kita jangan pelit-pelit”  

Minca gak pelit kok chingu. Langsung aja minca kasih tau beberapa tips mengerjakan skripsi agar tetap lancar walaupun saat pandemi seperti sekarang.

Tanamkan Niat dan Impian

Tips utama mengerjakan skripsi adalah niat dari teman-teman sendiri. Dengan adanya niat ini teman-teman akan termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dengan lancar. Selain itu impian dari teman-teman setelah lulus juga bisa digunakan sebagai motivasi mengerjakan skripsi.

Baca juga:

Buatlah Timeline atau Prioritas Pekerjaan

Tugas akhir atau skripsi merupakan pekerjaan yang cukup sulit karena harus memahami topik yang dikerjakan. Salah satu cara agar pengerjaan skripsi teman-teman semakin lancar adalah dengan membuat agenda pekerjaan atau timeline. Dengan adanya agenda kerja atau timeline ini akan memudahkan kalian untuk mengetahui tahapan pengerjaan skripsi selanjutnya dan dapat menjadi reminder pengerjaan skripsi kalian. 

Rajin-Rajin Membaca dan Mencari Referensi

Seperti yang sudah sering kita dengar, membaca adalah jembatan ilmu. Yup bener banget loh! Dengan membaca dan mencari referensi terkait skripsi kita akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Saat bimbingan pun kalian akan mudah berdiskusi dengan dosen pembimbing karena sudah memahami teori yang cukup. 

Baca juga:

Banyak Bertanya

Ini dia nih yang banyak teman-teman takutkan. Banyak dari kalian pasti takut bertanya karena akan dianggap belum mengerti sepenuhnya mengenai tugas akhir kalian. Nggak papa loh bertanya Campuspedia Chingu, kalian harus menanyakan apa yang belum kalian pahami secara detail bahkan sampai hal terkecil pun. Malu bertanya sesat dijalan, dari pada tersesat di dalam pemikiran sendiri lebih baik bertanya ya chingu.

Berdoa

Setelah teman-teman menjalankan beberapa tips di atas langkah yang tidak boleh ketinggalan adalah berdoa. Dengan berdoa kita akan semakin yakin dengan apa yang kita kerjakan dan mendapat ketenangan hati. Jangan lupa untuk meminta doa dari orangtua dan keluarga ya chingu.

Itu tadi beberapa tips mengerjakan tugas akhir atau skripsi dikala pandemi dengan lancar! Semoga tips ini dapat membantu Campuspedia Chingu yang mungkin sedang atau akan mengerjakan skripsi. Minca doakan agar Campuspedia Chingu semua dapat lulus dengan nilai terbaik ya. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat mengerjakan skripsi dengan lancar ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *