Campuspedia – Jangan sampai belum punya pengalaman kerja membuatmu merasa minder atau rendah diri saat mengikuti interview atau wawancara kerja. Justru sebaliknya, ini adalah kesempatan bagimu untuk menunjukkan versi terbaikmu.

Meski tanpa pengalaman, bukan berarti kamu tidak bisa melewati interview. Kamu harus bisa menciptakan kesan bila kamu mampu dengan kemampuan yang dimiliki.

Bagaimana caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

Tips Bagi yang Belum Punya Pengalaman Kerja

Tidak memiliki pengalaman kerja bukan berarti seseorang tidak bisa bekerja. Justru, mungkin, ada potensi tersembunyi yang dimiliki oleh pelamar kerja. Itulah hal yang ingin diyakini oleh perusahaan saat mengundang pelamar tanpa pengalaman kerja.

Bisa dibilang, meski tidak belum punya pengalaman kerja, kamu tidak perlu merasa takut. Anggaplah ini sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi.

Bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut? Berikut ini caranya: 

1. Menjelaskan latar belakang pendidikan

Langkah pertama dan pasti yang bisa dilakukan adalah dengan menyebutkan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

Kamu bisa sebut dan jelaskan beberapa mata kuliah atau proyek tugas yang pernah dibuat dalam masa perkuliahan untuk menunjukkan jika kamu memiliki pengalaman yang mirip.

2. Ciptakan pengalamanmu sendiri

Belum punya pengalaman kerja? Maka ciptakanlah pengalaman kerjamu sendiri dengan membuat proyek pribadi atau mengikuti kegiatan lain seperti bergabung dengan organisasi atau volunteer.

Pengalaman tersebut nantinya bisa kamu ceritakan saat sesi interview atau wawancara kerja berlangsung.

3. Tunjukkan soft skills yang dimiliki

Meski tidak memiliki pengalaman kerja, pastikan kamu memiliki pengalaman dalam melakukan sesuatu kegiatan, sehingga kamu bisa menunjukkan soft skills.

Ceritakan jika kamu memiliki, misalnya, kerja sama tim yang baik, manajeman waktu yang tepat, atau mampu mengelola stress dengan baik. Hal ini nantinya akan memberimu nilai plus tersendiri.

4. Belum punya pengalaman kerja harus siap berkembang

Yakinkan perusahaan jika kamu adalah sosok yang mau belajar dan berkembang. Kamu juga bisa menunjukkan jika kamu adalah orang yang cepat belajar dan beradaptasi.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Tanpa Pengalaman Kerja

Setelah melakukan tips di atas, kamu bisa mulai mengolah kalimat jawaban seperti apa yang kira-kira bisa digunakan dalam sesi wawancara nanti.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa gunakan beberapa contoh template jawaban berikut ini:

Sebelumnya, terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti wawancara ini. Perkenalkan, nama saya [sebutkan nama]. Saya adalah lulusan baru dari [sebutkan universitas dan jurusan]

“Saya tertarik dengan posisi [sebutkan posisi yang dilamar] karena saya memiliki minat yang besar di bidang ini. Saya yakin bahwa kemampuan yang saya miliki, seperti [sebutkan keterampilan/kemampuan yang relevan], dapat berkontribusi pada posisi ini.

“Meskipun saya belum memiliki pengalaman kerja profesional, saya adalah anggota aktif di [sebutkan kegiatan atau organisasi yang pernah diikuti]. Saya mendapat banyak pengalaman di sana, seperti [sebutkan pengalaman yang relevan]. Saya berpikir jika pengalaman tersebut cocok dengan posisi ini.

“Saya adalah pribadi yang rajin belajar, cepat beradaptasi, dan memiliki semangat tinggi [atau sebutkan soft skills lain yang dimiliki]. Saya yakin bahwa saya dapat belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja baru. Saya sangat antusias untuk berkontribusi dan berkembang bersama perusahaan Anda.

Itulah cara menjawab interview atau wawancara kerja bagi kamu yang belum punya pengalaman kerja. Bisa dibilang, yang penting adalah kamu percaya diri dalam menunjukkan kelebihan yang dimiliki agar pewawancara yakin dengan dirimu. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *