Halo Campuspedia Friends! Memasuki masa-masa puasa, menjadi produktif itu menjadi tantangan tersendiri ya. Apalagi tuntutan kuliah dengan tugasnya yang bejibun.

Baca Juga:

Tapi tenang aja, karena ada beberapa tips produktif yang bisa kamu lakukan biar kamu tetap produktif kuliah selama puasa. Coba ikutin yuk!

pilih baju yang nyaman agar tetap produktif kuliahPakai Baju yang Nyaman

Tentu saja, biar kamu bisa kuat selama puasa ditengah keseharianmu yang padat, tentunya kamu harus memakai baju yang nyaman. Memakai baju yang nyaman bisa membuatmu merasa nyaman juga dalam melakukan tugas-tugasmu.

Kalau kamu merasa nyaman, otomatis kamu bisa menjadi lebih produktif. Jadi kamu bisa lebih enjoy dalam mengikuti perkuliahan walaupun dilakukan secara online.

pilih waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas agar tidak kelelahan selama puasaPilih Waktu yang Pas Buat Ngerjain Tugas

Nugas tuh emang melelahkan banget! Makanya kamu perlu pintar-pintar dalam memilih waktu untuk meminimalisir kelelahan selama bulan puasa.

Baca Juga:

Kalau kamu mampu memilih waktu yang tepat, otomatis kamu bisa tetap produktif tanpa harus kecapekan. Kamu juga bisa mengerjakan tugas di pagi hari setelah sahur karena menurut penelitian, otakmu bisa lebih fokus dan lebih segar saat di pagi hari lho!

konsumsi makanan bergizi sebagai tips tetap produktifPilih Konsumsi yang Tepat

Tips biar kamu tetap produktif selanjutnya adalah memerhatikan apa yang kamu konsumsi selama puasa. Biar tubuhmu tetap memiliki stamina yang baik, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak, protein, sayur, dan buah saat sahur.

Ketika berbuka pun kamu juga harus tetap menjaga kadar makanmu dan jangan berlebihan. Selain itu, ingat juga untuk mengonsumsi air putih. Gunakan pola 2-4-2 atau 2 gelas saat berbuka, 4 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

jangan lanjut tidur setelah solat subuh agar tetap produktifHindari Tidur Setelah Solat Subuh

Ini bisa menjadi godaan yang cukup besar ya karena selama bulan puasa umat muslim harus bangun lebih awal dari biasanya. Walaupun godaan untuk tidur setelah solat subuh itu besar, lebih baik kamu jangan melakukannya biar kamu bisa tetap produktif di pagi harinya.

Baca Juga:

Kalau kamu melanjutkan tidur setelah solat subuh, itu malah akan membuat tubuhmu lemas dan tambah ngantuk. Bisa gawat banget kalau kamu ada kelas pagi. Jadi lebih baik kamu ganti rencana tidurmu setelah solat subuh tersebut dengan mengerjakan tugas atau kegiatan bermanfaat lainnya.

perbanyak ibadah selama puasaJangan Lupa Ibadah

Last but not least, apalagi kalau bukan ibadah ya kan? Selama bulan puasa jangan lupa untuk perbanyak ibadah juga ya.

Selain bisa menambah pahala, ibadah dapat membantu hatimu tetap tentram dan tahan terhadap godaan. Tentu saja bisa membantumu untuk tetap produktif juga daripada ghibah bareng teman.

Jadi itu dia Campuspedia Friends, beberapa tips produktif yang bisa kamu praktikkan selama bulan puasa. Apa kamu punya tips produktif lainnya? Jangan lupa share ke teman-temanmu juga ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *