Halo Campuspedia Friends! Hayo hayo…siapa disini yang punya cita-cita kuliah ke luar negeri? Pastinya bakal seru dan menjadi pengalaman tak terlupakan tersendiri bagi kita ya. Nah, kali ini kita bakal bahas top 5 beasiswa favorit di dunia nih! Kira-kira ada apa aja ya?

Baca Juga:

beasiswa fulbright beasiswa favorit amerika serikatFulbright Scholarship

Di urutan pertama pada beasiswa favorit ini ada Fulbright Scholarship yang merupakan beasiswa fully funded di Amerika Serikat. Beasiswa ini merupakan beasiswa terpopuler di dunia dan sangat bergengsi.

Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk meningkatkan pemahaman antara warga Amerika Serikat dengan negara lain melalui pertukaran pelajar, pengetahuan, dan kemampuan. Setiap tahunnya pun ada sekitar 7500 pelajar internasional yang menerima beasiswa ini.

Kalau di Indonesia sendiri, beasiswa ini dikelola melalui AMINEF sebagai lembaga yang mengurus kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan adalah:

  • Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program,
  • Fulbright – DIKTI Master’s Degree Program,
  • Fulbright Presidential Scholarship,
  • Fulbright – Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain.

Beasiswa favorit ini memberikan banyak keuntungan, yakni: tunjangan kuliah, tiket pesawat, uang saku, hingga asuransi kesehatan. Untuk info penutupannya sendiri, biasanya akan dilaksanakan pada bulan April setiap tahunnya.

erasmus mundus scholarshipErasmus Mundus Scholarship

Beasiswa favorit yang kedua ditujukan untuk kamu yang berminat kuliah di Eropa. Program beasiswa ini juga memberikan fasilitas fully funded untuk mahasiswa Uni Eropa dan Asia.

Beberapa bidang studi yang diprioritaskan untuk beasiswa ini, diantaranya Ilmu Agrikultur, Arsitektus, Ilmu Kedokteran, Hukum, Teknologi, Ilmu Sosial dan Politik, dan beberapa bidang lainnya.

Beasiswa ini termasuk beasiswa yang paling terkenal dan bergengsi karena dikelola dengan dana besar yang melibatkan konsorsium sejumlah negara.

Baca Juga:

daad scholarship jermanBeasiswa DAAD

Untuk kamu yang memilih Jerman sebagai negara untuk menuntut ilmu, maka beasiswa ini cocok untukmu. Beasiswa ini rutin berjalan dan terdapat sekitar 70.000 penerima setiap tahunnya.

Biasanya, beasiswa ini memiliki durasi pendaftaran 12 hingga 24 bulan dengan deadline aplikasinya yang bervariasi dalam rentang Agustus hingga Oktober.

Salah satu hal yang perlu kamu tahu, beasiswa ini tidak menanggung biaya pendaftaran kuliah atau biaya masuk universitas. Sehingga, biaya ini harus ditanggung oleh pelamar sendiri.

beasiswa favorit inggris cheveningChevening Scholarship

Lanjut, ada beasiswa favorit dan paling bergengsi di Inggris. Setiap tahunnya, beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Inggris dan didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FPO).

Beasiswa ini menanggung biaya kuliah, tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, hingga tunjangan hidup. Kamu juga tidak perlu takut untuk mendaftar walaupun sainganmu adalah mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Karena, masing-masing negara memiliki kuotanya masing-masing, kok!

Baca Juga:

beasiswa favorit australia awardsAustralia Awards Scholarship

Terakhir, ada beasiswa yang berasal dari Australia, nih! Australia Awards Scholarship memberikan kesempatan bagi para calon pemimpin untuk melakukan studi, penelitian, dan pengembangan keprofesian di Australia.

Dengan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, biaya hidup, hingga Pre-course English. Pendaftarannya pun biasanya akan dibuka mulai Februari hingga April.

Wih…itu dia top 5 beasiswa favorit di dunia yang pastinya bergengsi semua ya, Campuspedia Friends! Kira-kira kalian tertarik buat mendaftar yang mana nih?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *