Tutorial SEO Terlengkap Untuk Pemula

Tutorial SEO Terlengkap Untuk Pemula

 117,904 total views,  6 views today

Halo Sobat Teknokrat – Pada kesempatan ini mimin mau kasih Tutorial SEO Terlengkap untuk Pemula. Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi atau tindakan mengoptimalkan blog atau website agar menempati posisi utama dalam pencarian Google.

Optimasi agar mesin pencari atau search engine dapat menilai apakah sebuah blog atau website layak tampil di urutan teratas hasil pencarian dan sebaliknya.

Semakin baik SEO maka semakin mudah sebuah website untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari, sehingga banyak pemilik website yang menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan peringkat website mereka.

Jika sebuah situs web mencapai peringkat tinggi dari mesin pencari, potensi lalu lintas organik akan meningkat. Tidak hanya menghasilkan trafik website yang tinggi, trafik ini juga bisa lebih tepat dan sesuai dengan tujuan website yang Anda bangun.

Namun, ingatlah bahwa SEO bukanlah pekerjaan yang instan. Proses pengerjaan SEO juga tidak boleh berhenti disitu saja. Artinya, Anda harus selalu mengoptimasi blog atau website Anda.

Baca Juga : Apa Itu SERP atau Search Engine Result Pages

Untuk mendapatkan lalu lintas yang tinggi dan tertarget, Anda harus memahami dan mempelajari bagaimana peringkat mesin pencari blog atau situs web Anda, di mana evaluasi ini didasarkan pada persyaratan kelayakan tertentu.

Anda juga harus mengikuti berbagai aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari atau search engine (Google dalam hal ini). Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengoptimalkan SEO, memahami apa saja indikator utama SEO, dan memahami algoritma Google. Anda dapat mempelajari semua ini tanpa kursus SEO, hanya dengan menyimak dan praktikkan tutorial di bawah ini

Manfaat SEO atau Optimasi Mesin Pencari

Manfaat SEO

SEO sendiri memiliki banyak manfaat dalam dunia digital marketing, berikut ini adalah manfaat SEO.

• Mendatangkan Pengunjung Website (Trafik Website)

Setiap orang yang datang ke mesin pencari seperti Google tentu mengharapkan jawaban atas semua pertanyaan yang mereka ketikkan di mesin pencari, ini disebut Kata Kunci. Setiap kata kunci tentunya memiliki volume pencarian bulanannya masing-masing, dan datanya tentunya sangat dinamis.

Namun bayangkan jika website Anda berada di peringkat 3 besar di mesin pencari Google. Tentunya setiap artikel yang berada di posisi 3 besar akan mendapatkan lebih banyak pengunjung dibandingkan dengan peringkat 6-9.

• Mendapatkan Penjualan dari Google

Jika Anda memiliki usaha penjualan produk, Google jelas merupakan cara yang bagus untuk mendorong penjualan. Apalagi produk Anda adalah produk yang menjawab kebutuhan pengguna. Dengan memiliki website yang SEO friendly, dan memahami apa itu SEO. Maka website Anda akan mendapatkan banyak penjualan dari mesin pencari.

• Investasi Jangka Panjang

Bagi sebagian orang, kualitas situs web adalah investasi utama, karena semakin baik kualitas situs web, semakin mahal harga situs web tersebut.

Ada beberapa orang yang membuat website untuk dijual kembali, entah itu website dan trafiknya atau website dengan akun adsense, itu tergantung pemilik website.

Namun dengan menerapkan SEO pada sebuah website, pasti akan meningkatkan nilai website tersebut dalam jangka panjang dan pada akhirnya menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

• Meningkatkan Popularitas Brand (Brand Awarness)

Bayangkan jika semua orang mencari kata kunci tertentu dan website Anda selalu menduduki Peringkat #1 di Google? Tentu banyak orang yang akan mengingat nama brand Anda. Popularitas merek memang penting dalam hal penjualan karena orang akan lebih mempercayai merek terkenal daripada merek yang belum banyak dikenal orang.

• Media Iklan 24 Jam Tanpa Henti.

Bayangkan jika Anda seorang pengusaha, apakah Anda akan membuka toko selama 24 jam penuh? tentu saja tidak. Namun website berbeda dengan toko karena website selalu buka 24 jam. Sehingga pembeli bisa datang ke toko online Anda kapanpun dan dari manapun mereka mau.

• Menarik Lebih Banyak Pelanggan Potensial.

Website Anda tentunya akan mendapatkan lead dengan menargetkan kata kunci yang tepat, seperti kata kunci Jasa Sewa Mobil Terdekat, dengan mendapatkan posisi yang baik di Google dengan menggunakan kata kunci Jasa Sewa Mobil Terdekat, Tentunya hasilnya akan menarik banyak pelanggan yang mencari tempat Jasa Sewa Mobil Terdekat. Dari sudut pandang bisnis, Anda akan mendapatkan banyak prospek.

• Dapatkan Lebih Banyak Penghasilan dari Adsense.

Perhatikan bahwa jika pendapatan Adsense sangat dipengaruhi oleh jumlah orang yang mengklik iklan yang muncul di situs web, maka pengoptimalan SEO diharapkan akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dan dengan demikian peluang yang lebih baik untuk mengklik iklan tersebut.

Baca Juga : Strategi Ampuh untuk SEO dengan Google Search Essentials

Cara Kerja SEO atau Optimasi Mesin Pencari

Cara Kerja SEO

Tujuan dari optimasi mesin pencari adalah untuk mengoptimalkan situs web sehingga pengguna Internet dapat menemukan apa yang mereka butuhkan dengan menggunakan kata kunci atau frasa kunci tertentu. Setidaknya, proses optimasi memberikan tiga keuntungan, yaitu memberikan informasi yang relevan, mendatangkan trafik organik lebih banyak, dan menjadikan mesin pencari sebagai sumber terpercaya.

Pembahasan Tutorial SEO ini akan lebih mendalam, jadi lebih fokus lagi ya.

Hasil pencarian tidak akan langsung menampilkan website kita. Ini karena proses SEO tidak sesederhana dan semudah yang dibayangkan. Mesin pencari memiliki tiga tugas utama saat melakukan pencarian, antara lain:

• Perayapan / Crawling

Perayapan adalah proses pengumpulan informasi dari semua situs web. Satu halaman ke halaman lainnya, dan satu tautan ke tautan lainnya. Proses ini merupakan tahap awal dari proses kerja optimasi mesin pencari.

• Pengindekan

Selanjutnya, jika mesin perayapan google sudah mengumpulkan informasi mengenai website kita, maka informasi tersebut akan disimpan dalam daftar entri: index.

• Peringkat / Posisi Website Dalam Mesin Pencarian

Mesin pencari akan menampilkan konten secara berurutan berdasarkan peringkat website dari hasil pencarian yang paling cocok.

Untuk memastikan kualitas hasil pencarian, mesin pencari menggunakan seperangkat aturan dan regulasi yang sering disebut Algoritma. Algoritma mesin pencari ini akan memastikan bahwa orang yang menggunakan internet bisa mendapatkan informasi yang relevan dari sumber yang terpercaya.

Baca Juga : Apa itu SEO atau Search Engine Optimization

Istilah – istilah SEO atau Optimasi Mesin Pencari

istilah SEO

SEO memiliki banyak istilah kata untuk dipelajari, istilah dalam SEO ini sering membingungkan orang awam, berikut rangkuman istilah-istilah SEO yang paling umum digunakan.

Anchor Text

Anchor text adalah kata atau kalimat yang dapat diklik pada sebuah website (berisi link ke luar atau masih berada di dalam website). Biasanya anchor text memiliki hubungan yang sangat erat dengan backlink.

Leads

Leads adalah istilah kata untuk seseorang yang mengetahui tentang produk atau merek Anda dan telah mengklik situs web Anda tetapi belum melakukan pembelian atau hanya melihat penawaran Anda.

Backlink

Backlink adalah link atau tautan yang dibutuhkan website Anda dari website lain. Jadi backlink adalah ketika url website Anda tertulis di website orang lain.

SEO On-Page

SEO On-Page adalah optimasi situs web di dalam situs web itu sendiri. Ini sejalan dengan permalink, judul, judul situs, meta deskripsi, dan banyak lagi.

SEO Off-Page

SEO Off-Page adalah optimasi SEO dari luar web Anda, jadi SEO Off-Page terkait erat dengan backlink dan pembuatan tautan.

Algoritma Google

Algoritme Google adalah cara Google membuat sistem pemeringkatan di halaman pencarian. Saat algoritme Google berubah, biasanya mengubah posisi peringkat situs yang berada pada mesin pencarian.

Seorang ahli SEO tentunya harus mengetahui perubahan atau update algoritma Google terbaru, dan ada beberapa nama algoritma Google yang terkenal, antara lain Penguin, Panda, Hummingbird, Rank Brain, dan masih banyak lagi.

Untuk perubahan algoritma sederhana, Google biasanya memperbarui algoritma dalam hitungan jam, dan untuk algoritma berdampak tinggi, biasanya diperbarui setiap bulan.

Internal Link / Tautan Internal

Internal link adalah link/anchor text yang berisi tautan dari website itu sendiri. Bisa tautan ke artikel lain atau ke halaman lain yang masih dalam satu website yang sama. Seperti ini, contoh tautan internal: apa itu SEO

Broken Link / Link yang Rusak

Broken Link dapat merusak situs web Anda di mesin pencari, jadi perbaiki tautan yang rusak di halaman situs web Anda. Anda perlu tahu, Broken Link bisa merusak optimasi SEO Anda.

Domain Rating (DR)

Domain Rating adalah indikator untuk menilai kekuatan backlink suatu website, Domain Rating hanya bisa dilihat jika Anda berlangganan Ahrefs. Banyak pakar SEO menggunakan tolok ukur Domain Rating untuk membuat backlink. Semakin tinggi Domain Rating, semakin baik situs web tersebut digunakan sebagai backlink.

Domain Authority & Page Authority (DA & PA)

DA adalah Otoritas Domain dan PA adalah otoritas halaman, Istilah kata ini berasal dari MOZ, PA terkait dengan URL / Halaman dari sebuah situs web, seperti URL artikel ini, misal skor PA nya adalah 10. Sementara DA menunjukkan skor untuk Domain situs web. Misalnya, jika halaman ini memiliki PA sebesar 10, kemungkinan halaman lain memiliki PA sebesar 39, dan skor PA tersebut dapat diperoleh dari selisih jumlah backlink ke setiap halaman. Tetapi semua halaman ini memiliki DA yang sama karena berada di domain yang sama. Jika Anda masih bingung, Anda dapat coba melakukan pengecekan di MOZ.

Organic Traffic / Pengunjung Organik

Pengunjung organik adalah pengunjung situs web Anda yang berasal dari penelusuran Google atau mesin pencarian lainnya.

Keyword / Kata Kunci

Kata kunci adalah kata atau kalimat yang dioptimalkan agar situs web tertentu muncul di pencarian mesin pencari saat pengguna mengetik kata atau kalimat tersebut.

SERP

SERP adalah singkatan dari Search Engine Ranking Pages, atau lebih mudah dikenal dengan posisi website di mesin pencari.

Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang dibuat oleh Google untuk memudahkan pemilik situs web mengetahui jumlah orang yang mengunjungi situs web mereka setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan.

Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools adalah alat yang dibuat oleh Google untuk pemilik website agar pemilik website dapat memahami kesesuaian website di mesin pencari.

Riset Kata Kunci

Apa itu Riset Kata Kunci pada SEO? Adalah kegiatan mencari kata kunci yang memiliki banyak pengunjung setiap bulannya, harapan dari riset kata kunci adalah meningkatkan pengunjung website.

Baca Juga : Strategi SEO Ampuh dengan Google Search Essentials

Cara Meningkatkan Pengunjung Melalui SEO

tutorial seo terlengkap

Mimin akan merangkum dalam artikel ini cara menggunakan SEO yang paling simpel dan lugas untuk meningkatkan pengunjung website. Tahukah Anda, website tanpa SEO akan sulit mendapatkan pengunjung, apalagi jika Anda tidak menggunakan SEO untuk website penjualan produk, menjual satu produk saja akan terasa sulit.

Gunakan Google Analytics

Tahukah Anda berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda dalam seminggu terakhir? Jika Anda tidak menghubungkan Google Analytics di website Anda, jawabannya tentu saja tidak.

Nah untuk meningkatkan traffic website, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang Google Analytics, sehingga Anda dapat mengukur jumlah pengunjung, rasio pentalan setiap halaman, jumlah sesi pengguna mengunjungi situs web, dan berapa banyak pengguna baru yang mengunjungi artikel Anda.

Jika Anda sudah mengetahui halaman mana yang memiliki pengunjung, tentu Anda dapat mengoptimalkannya dengan lebih baik nantinya.

Gunakan Webmaster Tools

Setelah menginstal Google Analytics di situs web Anda, Anda harus menghubungkan situs web Anda dengan Google Webmaster Tools, tools ini sangat berguna bagi pemilik situs web untuk mengetahui bagaimana kinerja situs web saat ini, Untuk mengetahui semua ini, Anda perlu menghubungkan situs web Anda dengan webmaster tools.

Gunakan Google My Business

Google My Business adalah tools yang dibuat oleh Google untuk memudahkan pengguna menemukan listingan bisnis Anda. Gunakan tools ini untuk menarik pengunjung ke situs web Anda, karena Google My Business akan memberikan informasi tentang bisnis Anda, lokasi bisnis, alamat email, jam kerja, nomor telepon, situs web, foto kantor, dan ulasan pelanggan.

Jadi, daftarkan situs web Anda di Google My Business hari ini untuk mendapatkan manfaat yang disebutkan di atas, dan jika Anda ingin mempersempit pencarian lokal, orang-orang di dekat lokasi Anda akan memiliki akses mudah ke informasi situs web Anda dan mungkin menjadi pengunjung tetap.

Pilih Kata Kunci Yang Tepat

Saya sudah mengoptimalkan SEO saya, tetapi mengapa situs saya masih sepi? Adakah yang pernah mengalami masalah ini sebelumnya? Jika Anda mengalami masalah ini, kemungkinan Anda telah memilih kata kunci yang kurang tepat, atau Anda menargetkan kata kunci dengan sedikit atau tanpa volume pencarian.

Jika demikian, Anda harus melakukan penelitian kata kunci terlebih dahulu agar situs web Anda dapat menarik banyak pengunjung.

Berikut tutorial riset kata kunci yang paling efektif.

Riset kata kunci dari pencarian Google Suggest

Caranya adalah Anda mengakses google.com, lalu ketik kata kunci yang Anda inginkan, diikuti spasi. Maka akan muncul kata kunci yang disarankan oleh google.

Anda dapat menambahkan long tail keyword atau bahasa sederhananya adalah kata kunci panjang, sehingga semakin banyak kata kunci yang Anda miliki di situs web Anda, semakin besar volume pencarian bulanannya.

Riset kata kunci menggunakan Google Trends

Riset kata kunci selanjutnya adalah membuka Google Trends, lalu Anda bisa menulis kata kunci di sana, dan jika tren naik, Anda bisa membuat artikel berdasarkan kata kunci tersebut.

Gunakan Tools Ahrefs Berbayar

Pakar SEO tentu saja tidak menggunakan tools gratisan, mereka akan mengeluarkan biaya yang besar untuk tools penunjang kinerja mereka. Salah satu tools yang ampuh dalam dunia SEO adalah Ahrefs. Alat ini merupakan alat yang paling banyak digunakan oleh para praktisi SEO. Selain tools ini lengkap, Anda juga dapat melihat bagaimana kinerja pesaing Anda.

Namun ketahuilah bahwa langganan ahrefs tidak murah, mereka mengatur langganan bulanan, yaitu $99 per bulan atau sekitar Rp 1,4 juta per bulan. Oleh karena itu, pengguna ahrefs biasanya hanya orang-orang yang fokus pada layanan SEO.

Internal Link yang Kuat

Pernahkah Anda memperhatikan internal link? Internal Link adalah tautan aktif ke situs Anda sendiri, sehingga mudah untuk mendapatkan peringkat Google dalam sebuah artikel jika Anda membangun tautan internal yang baik dan kuat. Lantas pertanyaannya, bagaimana cara membangun internal link yang baik dan kuat?

Tidak ada batasan dalam pembuatan internal link untuk sebuah artikel, yang terpenting adalah konten tersebut terkait dengan konten artikel, dan tautan tersebut dibuat sesuai dengan konten di dalam konten. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

Buat Konten Berkualitas yang Diinginkan Pengguna

Content is King? Atau konten adalah raja. Saat ini masih sangat berhubungan dengan algoritma google, saat ini pencarian google mengarah ke kecerdasan buatan, dimana konten yang paling berguna dan jawaban dari semua pertanyaan pengguna akan menempati peringkat pertama di google. Lalu apakah Anda masih ingin membuat konten asal-asalan? Jawabannya adalah tidak!

Lantas konten seperti apa yang bagus di mata Google untuk menduduki peringkat pertama? Jawabannya adalah perbaiki konten Anda, dan tingkatkan lagi hingga pengguna menemukan apa yang mereka cari. Contohnya adalah penerapan tag H1, H2 dan H3 yang benar dan tepat.

Backlink

Apakah Anda salah satu orang yang datang ke artikel ini untuk mencari “cara membuat backlink”. Harus diakui, website tanpa backlink ibarat ambulans tanpa sirenenya, tetap bisa berfungsi, namun sangat lambat.

Ada juga komentar yang mengatakan bahwa website saya landing page, dan tidak ada artikel di dalamnya Bagaimana saya bisa mendapatkan posisi 1 Google?

Jadi, jika Anda memiliki masalah yang sama bahwa situs web Anda hanyalah landing page penjualan dan berharap mendapat peringkat terbaik, backlink adalah solusinya.

Hal-hal tentang backlink biasanya sangat dirahasiakan karena membuatnya membutuhkan keahlian khusus, namun untuk ditekankan, backlink bukanlah segalanya, tapi segala sesuatu yang menghasilkan uang membutuhkan backlink.

Sebagai penulis saya juga tidak bisa berbicara banyak tentang backlink karena ada banyak jenis backlink yang bisa diterapkan pada sebuah website. Serius, kalau didiskusikan bisa bernilai 6 sks.

Jika ingin membangun backlink, gunakan backlink white hat untuk SEO jangka panjang. Dan jangan pernah gunakan teknik black hat, karna google akan terus memperbaiki algoritmanya.

Baca Juga : Best Backlink Footprints to Search for High Quality Backlinks

Jenis-jenis Tools SEO

jenis jenis seo

Berikut ini adalah tools yang biasa digunakan untuk optimasi SEO

Ahrefs

Tools ini merupakan tools berbayar yang sangat powerfull dan bisa digunakan untuk riset kata kunci, mencari backlink, melihat posisi artikel anda di pencarian google, mencari kata kunci kompetitor, mencari backlink kompetitor.

Dengan tools ahrefs ini, Anda cukup memantau dan memonitor progress SEO website Anda. Perlu Anda ketahui bahwa alat ini tidak murah, dan Anda harus membayar setiap bulan.

Google Keyword Planner

Tools ini adalah tools gratis yang disediakan oleh Google. Dengan tools ini, Anda dapat mengetahui kata kunci dan volume pencarian. Untuk mengaksesnya klik di sini.

SEO Quake

Tools ini adalah add-on di Google Chrome, Anda dapat menginstalnya di sini, dan dengan SEOquake Anda dapat melihat lalu lintas pesaing Anda secara gratis dan sangat mudah.

SimilarWeb

Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat melihat peringkat Alexa global dari situs web pesaing Anda, melihat berapa banyak pengunjung yang dimiliki pesaing Anda, melihat bounce rate pesaing Anda, kunjungan bulanan, halaman per kunjungan, dan durasi sesi rata-rata pesaing Anda. Untuk menginstal di Google Chrome, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Keyword everywhere

Dengan menggunakan Keyword Everywhere ini, Anda akan mengetahui jumlah detail volume pencarian kata kunci bulanan.  Alat ini bagus untuk mereka yang melakukan penelitian kata kunci baru karena alat ini juga menyediakan kata kunci turunan atau kata kunci LSI.

Cara Menggunakan SEO atau Optimasi Mesin Pencari

Setelah Anda memahami cara kerja SEO, Anda juga perlu mengetahui cara mengoptimalkan SEO dengan benar. Yang perlu diingatkan kembali adalah proses optimasi SEO tidak dilakukan dalam semalam, melainkan proses tanpa henti. Hal ini dikarenakan mesin pencari selalu mengupdate algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian terbaik setiap saat.

SEO mencakup dua kategori, SEO off-site dan SEO on-site. Apa perbedaan antara keduanya? Berikut penjelasannya:

SEO On Site / On Page

SEO On site, seperti namanya, mengoptimalkan situs web atau blog dari dalam. Oleh karena itu, optimalisasi kategori ini berkaitan dengan pengaturan dan penyesuaian elemen website. Pendekatan ini akan memudahkan mesin pencari untuk merayapi informasi.

Jadi, bagaimana seharusnya optimasi SEO on-site dilakukan? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan SEO on-site dengan benar.

  • Alt Text pada Gambar
  • Hindari keyword stuffing atau mencoba memanipulasi urutan peringkat di mesin pencari Google
  • URL yang baik
  •  Gunakan heading yang sesuai, yaitu H1, H2, dst.

Pencarian Keyword atau Kata Kunci

Pemilihan kata kunci sangat penting. Kata kunci yang Anda pilih harus tepat, sehingga mendatangkan trafik alami ke konten yang Anda terbitkan. Kata kunci itu sendiri adalah ide atau topik tertentu yang diketik pengguna ke mesin pencari atau mesin pencari. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pencarian kata kunci sangatlah penting.

Pencarian kata kunci akan membantu kita memahami kata kunci mana yang sering digunakan oleh pengguna internet saat mengunjungi website di mesin pencari. Pastikan untuk memasukkan kata kunci target dalam isi judul artikel, judul dan isi.

Optimasi website

Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda dengan berbagai cara, termasuk menggunakan struktur situs yang baik, membuat konten yang relevan, dan menyediakan navigasi yang mudah.

Ketiganya sangat penting untuk meningkatkan traffic website. Sebuah website memang harus memiliki struktur yang baik karena akan mengkonfirmasi mesin pencari tentang halaman website yang paling penting.

Selain itu, memiliki konten yang relevan di situs web Anda juga sangat menguntungkan karena mendorong banyak lalu lintas berkualitas. Sementara itu, navigasi yang mudah saat mengunjungi website pasti akan membuat pengunjung website betah berlama-lama di website tersebut.

User experience

Tentunya setiap pengunjung website Anda harus terlayani dengan baik. Pelayanan yang baik yang diberikan oleh pemilik website kepada pengunjung pasti akan membuat browsing website Anda menjadi lebih nyaman bagi mereka. Jangan hanya dibiarkan sebentar lalu dimatikan lagi.

Jika Anda mengelola situs web bisnis, Anda harus membuat halaman situs web Anda terlihat seperti toko online profesional. Pengunjung yang membuka website toko online Anda tentu ingin tahu lebih banyak tentang apa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, harap berikan informasi detail tentang produk tersebut.

Semua informasi harus dikomunikasikan kepada orang yang bertanggung jawab atas prospek. Baik itu manfaat produk, harga, bahan, pilihan warna atau rasa, umur simpan atau informasi terkait produk lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan gambar yang relevan agar lebih menarik bagi calon pelanggan.

Untuk memudahkan pengunjung Anda, Anda harus membuat kategori produk yang memudahkan pengunjung Anda untuk mencari. Misalnya, Anda mendirikan toko online yang menjual produk kecantikan. Jadi, Anda bisa membuat kategori produk kecantikan, seperti kategori perawatan kulit, lipstik, wewangian, riasan mata, dan lainnya. Dengan kategori produk, pengunjung akan lebih mudah menemukan produk sesuai dengan kebutuhannya tanpa harus berulang kali mencari satu produk.

Jangan lupa juga mengatur layout atau tata letak website. Jangan membingungkan pengunjung Anda dengan tata letak yang tidak teratur.

Kecepatan loading

Kecepatan loading website sangat penting untuk meningkatkan traffic website. Tentunya siapapun yang mengunjungi situs yang loadingnya lama akan merasa kesal. Pengguna internet sering kali memilih untuk menutup halaman situs web ketika tidak mau terbuka. Akibatnya, lalu lintas situs web akan berkurang.

Sebaliknya, website yang loadingnya cepat disukai pengunjung karena tidak perlu menunggu lama untuk membuka halaman di website. Ini juga akan memberi situs peringkat yang lebih tinggi dari Google. Maka dari itu, website harus loading dengan cepat agar tidak kehilangan banyak pengunjung dan mendapat review buruk dari Google.

SEO Offpage

SEO Off-page sebenarnya kurang teknis daripada SEO onsite. Namun, bukan berarti SEO off-page kurang penting. SEO off-page berguna untuk mempromosikan website. Dengan menggunakan teknik ini, orang-orang di luar akan mengetahui bahwa situs web Anda sangat layak untuk dikunjungi.

7. Content marketing

Saat ini, content marketing merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian Google. Jika Anda menggunakan strategi pemasaran konten yang terstruktur dengan baik, ada banyak keuntungan. Keunggulan tersebut antara lain menarik pengunjung baru, meningkatkan reputasi toko atau bisnis online, mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, dan menghemat biaya promosi.

8. Promosi

Untuk mendapatkan followers atau subscriber yang banyak, sebuah website harus diisi dengan konten yang super bagus dan menarik. Namun, meski sudah diisi dengan berbagai macam konten menarik, situs tersebut tetap sepi pengunjung. Oleh karena itu, cara untuk memperbanyak penggemar adalah dengan melakukan promosi.

Dengan menjalankan promosi, maka akan semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi situs tersebut. Hal ini dikarenakan biasanya masyarakat sangat tertarik dengan urusan promosi. Selain menarik lebih banyak pengunjung, promosi yang Anda lakukan dapat memberikan keunggulan pada situs web Anda dibandingkan pesaing Anda.

9. Public Relation

Agar bisnis yang Anda bangun semakin maju dan dikenal banyak orang, sangat penting untuk melakukan hubungan masyarakat. Meski banyak biaya yang harus ditanggung, namun keuntungan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan sepadan. Beberapa keuntungan berlatih PR antara lain adalah kemampuan untuk membangun brand awareness, mengelola otoritas, memberikan lebih banyak informasi, dan meningkatkan hubungan masyarakat.

Berikut penjelasan tentang apa itu SEO dan bagaimana mengoptimalkannya dengan baik. Setelah Anda mengetahui seluk beluk SEO, saatnya Anda menerapkannya. Ingat kembali bahwa SEO adalah proses tanpa akhir yang harus berkelanjutan.

Jadi, jangan puas hanya dengan satu kali percobaan. Lakukan teknik SEO lainnya agar website Anda bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi dari Google. Menjalankan proses SEO tidak akan memberikan hasil instan. Namun, Anda harus mulai sekarang.

Setelah Anda membuat website Anda, jangan lupa untuk mengisinya dengan konten yang berkualitas. Selain itu, Anda sangat perlu menggunakan cloud hosting yang tepat dan cepat. Jadi, Anda selalu dapat mengandalkan cloud hosting jika Anda mengalami masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki situs web dan ingin mendapatkan pengunjung, Anda harus tahu apa itu SEO dan bagaimana mengoptimalkannya. Semoga artikel ini menghilangkan semua kebingungan Anda tentang apa itu SEO.

10 thoughts on “Tutorial SEO Terlengkap Untuk Pemula

  1. Undeniɑbly consider that that you stated. Your favorite justification appeared to be at the web the easiest factоr to keep
    in mіnd of. I say to you, I certainly get annoyed while other peⲟple think about concerns that tһey јust don’t
    know about. You controⅼled to hit tһe nail ᥙpon the
    top and also outⅼined ⲟut the entire thing witһout
    having side effect , folks can take ɑ signal. Will likely be back to get more.
    Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux