Halo Campuspedia Friends! Kira-kira kalian udah pada paham belum cara penulisan CV yang benar? Soalnya, kalau kalian belum paham, efeknya bisa fatal loh! Bisa jadi beberapa kesalahan dalam menulis CV ini pernah kalian lakukan.

Baca Juga:

Tapi sebelumnya, apa sih gunanya bikin CV? Nah, kegunaan dari CV sendiri itu untuk meyakinkan perusahaan bahwa kalian memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. Namun, tak jarang HRD menemukan kesalahan dalam penulisan CV pelamarnya. Yuk disimak, kira-kira 5 kesalahan dalam menulis CV tuh ada apa aja sih?

terlalu banyak informasi yang bersifat personalTMI (Too Much Information)

Pertama, jangan menuliskan hal-hal yang bersifat personal atau giving too much information, alias TMI.

Dalam menulis CV, jangan disamakan dengan menulis biografi ya. Jadi kalian tidak perlu memasukkan informasi-informasi yang terlalu personal. Misalnya, kalian merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, atau sebagai jomblo ngenesin. Haduh… HRD tuh gak perlu tahu dan gak peduli hal-hal seperti itu ya, jadi gak perlu kalian masukin.

Lebih baik, kalian fokus pada informasi-informasi yang penting dan relevan dengan posisi yang kamu lamar.

tata cara penulisan cv yang benar tanpa menulis sejarah pendidikan yang kepanjanganMenceritakan Sejarah Pendidikan

Mungkin masih ada beberapa orang yang suka bingung, sebenarnya kalau memasukkan pendidikan terakhir itu haruskah dari SMA atau bahkan dari TK.

Nah, pada bagian pendidikan terakhir itu kalian hanya perlu memasukkan pendidikan yang terakhir kali kalian tempuh sebelum melamar pekerjaan tersebut. Misalnya kalian akan melamar kerja setelah lulus kuliah, berarti pendidikan terakhir yang perlu dimasukkan adalah pendidikan kuliah. Contoh lainnya, ketika kalian mau melamar kerja setelah lulus SMA atau SMK, berarti kalian masukkan saja pendidikan SMA atau SMK tersebut.

Tapi, selain memasukkan info pendidikan terakhir tersebut, ada baiknya kalian berikan sedikit penjelasan. Misalnya jurusan apa yang kalian ambil atau IPK yang kalian raih. Jadi jangan sampai membuat kesalahan yang sama lagi ya, Campuspedia Friends!

Baca Juga:

kesalahan dalam menulis CV typoTypo

Nah kalau ini sih, menjadi kesalahan dalam menulis CV yang umum terjadi ya. Mungkin ketika lagi menulis CV, kita lagi dalam keadaan ngantuk, nah udah deh jadi ada typo di CV nya.

Typo atau kesalahan dalam menulis itu wajar. Makanya, lebih baik sebelum kalian submit CV kalian, mending dibaca ulang dulu CV nya. Tujuannya untuk mengecek kembali apakah masih ada typo atau bahkan penggunaan kata yang salah. Karena selain typo, kita juga harus menggunakan tata bahasa yang baik tentunya.

1 cv untuk semuaAll For One, One For All

Ini biasanya menjadi kesalahan dalam menulis CV yang dimiliki oleh orang mageran nih. Karena malas membuat CV untuk melamar pekerjaan yang berbeda-beda, alhasil yang digunakan hanya 1 CV untuk semua pekerjaan.

Tentunya hal ini jangan ditiru ya, Campuspedia Friends! Sesuaikan CV kalian dengan pekerjaan yang kalian lamar. Karena tentunya, setiap pekerjaan membutuhkan kemampuan atau skill yang berbeda-beda.

Kalian juga tidak perlu menyebutkan semua pengalaman kerja atau skill yang kalian miliki, cukup sebutkan yang relevan dengan pekerjaan yang kalian lamar saja. Karena semakin relevan pengalaman dan skill yang kalian miliki, maka kamu sudah mengantongi poin plus untuk diri kalian sendiri.

Baca Juga:

design over qualityOrientasi Pada Desain, Bukan Pada Isi

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau ini menjadi kesalahan yang cukup sering terjadi juga dalam penulisan sebuah CV. Banyak orang yang lebih berorientasi pada desain CV-nya, ketimbang isinya.

Padahal, HRD lebih mementingkan isinya loh ketimbang desain CV. Tapi beda halnya kalau kamu mencoba melamar kerja ke lowongan yang membutuhkan skill desain ya. Kalau yang itu sih pasti visual CV kalian juga akan menjadi bahan pertimbangan.

Dalam tata cara penulisan CV yang benar, lebih baik kalian menggunakan format bahasa yang mudah dipahami. Jangan sampai kalian menggunakan kalimat ambigu yang bikin susah dimengerti.

Jadi itu dia 5 kesalahan dalam menulis CV yang umum ditemukan HRD, Campuspedia Friends. Intinya, selama kamu memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan dan CV yang kalian buat itu niat, pasti hasilnya tidak akan mengkhianati usaha kok!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *