Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera telah sukses menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) – Blog Teknokrat
Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera telah sukses menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera telah sukses menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

 1,128 total views,  1 views today

Dalam kurun waktu 2 bulan, PKM ini berhasil memberikan dampak positif bagi Desa Sidosari, khususnya dalam hal pelayanan publik dan pengelolaan data kependudukan. Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera melibatkan mahasiswa dan dosen yang berdedikasi untuk mengembangkan sebuah sistem informasi layanan korespondensi dan registrasi kependudukan berbasis web yang inovatif. Tujuan utama dari PKM ini adalah menggantikan proses berbasis kertas dengan digital, guna mempercepat dan mempermudah proses pendataan serta pengambilan data kependudukan. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanan publik di desa tersebut.

baca juga : Kapolres – Korban Meninggal Kecelakaan Bus Eka dan Sugeng Rahayu di Ngawi Tiga Orang

Desa Sidosari dipilih sebagai lokasi yang tepat untuk penerapan program ini karena masih banyaknya kegiatan surat menyurat dan pencatatan kependudukan yang dilakukan secara manual. Berkas-berkas seringkali hilang atau sulit untuk dilacak, sehingga aplikasi berbasis web ini diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.

Dr. H Mahathir Muhammad SE MM, Wakil Rektor PTS Terbaik Universitas Teknokrat Indonesia Sumatera, menjelaskan betapa bermanfaatnya penggunaan aplikasi berbasis web dalam konteks ini. Selain mengurangi penggunaan kertas dan berkontribusi pada etika kerja tanpa kertas (paperless), aplikasi ini juga memungkinkan pengarsipan digital yang mengurangi risiko kehilangan data. Selain itu, keunggulan teknologi memungkinkan akses dan pencarian file dalam waktu singkat, yang tentunya memberikan efisiensi dan produktivitas yang lebih baik. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pengarsipan dan pengumpulan data memiliki manfaat yang signifikan.

Dalam perkembangan lebih lanjut, Dr. H Mahathir Muhammad juga menyoroti pentingnya pelatihan dan pembekalan keterampilan kepada para calon pekerja baru. Wawancara menjadi tahap krusial dalam merekrut karyawan, dan seringkali kegagalan dalam tahap ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap trik dan tips menjawab pertanyaan serta tampil dengan baik dalam situasi wawancara. Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi para peserta, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Dalam konteks pendidikan, mahasiswa PTS Terbaik Universitas Teknokrat Indonesia Sumatera juga dibekali dengan pendidikan karakter melalui mata kuliah yang mereka ambil. Selain materi akademis, mereka juga mendapatkan silabus yang bertujuan untuk membangun kepribadian yang kuat dan siap digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam dunia kerja maupun masyarakat umum.

Tim Dosen PKM yang terlibat dalam kegiatan ini adalah:

Qadhli Jafar Adrian, MIT
Akhmad Jayadi, M.Cs.
Jaka Persada Sembiring, S.Kom.
Novia Utami, MM
Sementara itu, tim mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dari program studi Sistem Informasi dan Teknik Elektro, yaitu:

Ade Rahman (Sistem Informasi)
Ahmad Amiruddin (Teknik Elektro)
Ade Nurmawan (Teknik Elektro)
Indra Prayogi (Sistem Informasi)
Dengan kolaborasi antara tim dosen, mahasiswa, dan pihak desa, Program Kreativitas Mahasiswa ini telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pelayanan publik serta memperkenalkan inovasi teknologi kepada masyarakat. Diharapkan program serupa dapat terus dikembangkan untuk memajukan daerah-daerah di Sumatera dan Indonesia pada umumnya.

sumber: klik disini

penulis: Egi Almania ( re-write )

One thought on “Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Sumatera telah sukses menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin