Jakarta, CNN Indonesia — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberikan klarifikasi setelah salah satu anggota polwan viral di media sosial karena menegur seorang pria yang sedang makan di warung pinggir jalan. Dalam video yang beredar, seorang anggota polisi menanyakan tempat kerja pria berbaju hitam tersebut, sementara pria itu terus mengunyah makanannya.

Tindakan ini segera mendapatkan respons dari polwan di lokasi, yang menegur pria tersebut dengan menyentuh bahu kanannya. “Eh mas, kalau diajak ngobrol tuh emang sopan ya sambil makan. Sopan gak kayak gitu saya tanya?” tanya polwan tersebut.

Baca juga : Makna Kebangkitan Nasional 1908 dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia pada Masa Awal

Polwan tersebut kemudian melanjutkan tegurannya dengan menanyakan lokasi kerja pria itu untuk mengajarkan sopan santun. “Biar kami tahu sopan santun. Kalau orang gak sopan santun sama kamu, kamu gimana?” ujarnya.

Baca juga : Wahyu Syah Putra, Mahasiswa S1 Teknik Elektro Wakili Lampung dalam Kejuaraan PON Ke-21 Cabor Pramotor tahun 2024 di Aceh

Pria tersebut merespons dengan mengatakan, “Biarin aja, biar Gusti Allah sing balas (Biar Tuhan yang balas).” Polwan itu kemudian melanjutkan teguran dengan mendorong bahu pria tersebut.

Korlantas melalui akun Twitter resminya, NTMC Polri, menjelaskan bahwa video yang viral adalah cuplikan dari acara The Police yang dirilis pada 22 Agustus 2024 pukul 22.45 WIB. Korlantas menyatakan bahwa teguran tersebut ditujukan kepada lima orang yang kedapatan mengonsumsi minuman keras, namun salah satu dari mereka mengabaikan teguran dan menunjukkan sikap kurang sopan. “Malah menaikkan kaki ke kursi serta membuang puntung rokok ke arah petugas. Sehingga, kami memberikan teguran lisan kepada orang tersebut,” ungkap Korlantas pada Minggu (25/8).

Penulis : Riska Damaranti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *