Yang baru di Windows Server Azure Edition 2022

Yang baru di Windows Server Azure Edition 2022

 28,800 total views,  12 views today

Pusat Data Server Windows: Edisi Azure bukan versi baru dari Windows Server, tetapi untuk pengguna Azure, ini berfungsi sebagai satu. Ini adalah gambar dan edisi Windows Server yang dioptimalkan untuk dijalankan di Azure, menawarkan sejumlah fitur baru yang hanya berfungsi untuk pengguna Azure.

MELIHAT: Bundel Sertifikasi Microsoft Azure Esensial (Akademi TechRepublic)

Pendekatan ramah Azure untuk Windows Server ini baru-baru ini menerima beberapa pembaruan dan diharapkan akan dioptimalkan lebih lanjut pada tahun 2023 dan seterusnya. Dalam laporan ini, kami akan membahas fitur terbaru dari Windows Server Azure Edition dan apa yang dapat Anda lihat dalam waktu dekat.

Lompat ke:

Apa itu Windows Server Azure Edition?

Microsoft Windows Server Datacenter: Azure Edition adalah salah satu dari tiga versi utama Windows Server 2022. Dua versi lainnya memiliki lebih sedikit Azure — Windows Server 2022 Standard dan Windows Server 2022 Datacenter. Pembeda utama Azure Edition meliputi Azure Extended Network, hotpatching, SMB melalui QUIC, dan kompresi Storage Replica. Jika tidak, ini memiliki beberapa kesamaan dengan Pusat Data Windows Server 2022.

Menggunakan Azure Edition tidak berarti Anda hanya dapat menjalankannya di cloud publik; per Oktober 2022, Anda juga dapat menggunakannya untuk mesin virtual di Klaster Azure Stack HCI di infrastruktur Anda sendiri karena perangkat keras itu ditentukan dan dikelola seperti cloud publik Azure.

Anda masih tidak dapat menempatkan Azure Edition di server Anda sendiri atau menjalankannya di Hyper-V atau hypervisor lainnya. Anda juga tidak dapat menjalankannya di cloud lain karena dioptimalkan untuk Azure secara khusus.

Apakah Edisi Azure diperbarui secara berkala?

Karena berjalan di cloud, di mana Microsoft dapat memperbarui perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan lebih cepat, Edisi Azure mendapatkan fungsionalitas baru jauh lebih cepat daripada rilis Saluran Layanan Jangka Panjang yang keluar setiap tiga tahun.

Microsoft menjanjikan rilis baru Windows Server Azure Edition setiap tahun, dikirimkan melalui Pembaruan Windows daripada sebagai sistem operasi baru yang Anda harus memutakhirkan VM Anda. Anda dapat menganggap pendekatan ini sebagai pengganti rilis Saluran Semi-Tahunan Windows Server, yang ditujukan untuk organisasi yang ingin bergerak lebih cepat dengan menggunakan kontainer. Azure Stack HCI telah mengambil alih peran tersebut, dan Anda juga dapat menjalankan Azure Edition di sana.

MELIHAT: Microsoft Azure: Lembar contekan (Republik Teknologi)

Rilis baru Azure Edition akan mencapai ketersediaan umum pada musim gugur setiap tahun, tetapi Anda dapat mencoba fitur baru di VM mulai musim semi sebagai bagian dari pratinjau Program Orang Dalam Windows. Jika Anda memilih untuk melihat pratinjau sebelum siklus rilis musim gugur, Microsoft memperingatkan bahwa fitur tersebut masih dalam pengembangan, belum siap untuk beban kerja produksi, dan tidak dijamin akan disertakan dalam versi pengiriman.

Versi saat ini adalah Pusat Data Windows Server 2022: Edisi Azureyang sekarang menyertakan beberapa fitur yang ada dalam pratinjau di awal tahun 2022. Pratinjau saat ini — Windows Server VNext Datacenter: Azure Edition — akan memiliki fitur baru mulai Musim Semi 2023.

Fitur baru di Windows Server Azure Edition 2022

Hotpatch

Saat Microsoft menambal server yang dijalankan Azure, tidak perlu menunggu server dimatikan dan dinyalakan ulang. Alih-alih, itu melakukan hotpatch, yang terjadi cukup cepat sehingga mereka bahkan tidak berhenti merespons di jaringan.

Ini membutuhkan banyak kendali atas perangkat keras dan terutama driver. Ada terlalu banyak variabel untuk hotpatching agar berfungsi dengan baik di berbagai perangkat keras server yang digunakan secara lokal, tetapi dengan Azure Automanage, Anda dapat menerapkan patch keamanan ke VM Edisi Azure tanpa me-reboot.

Ini juga bekerja untuk Azure Stack HCI karena berjalan pada perangkat keras yang divalidasi, sehingga Microsoft dapat menguji dengan kombinasi perangkat keras dan driver yang harus ditangani oleh hotpatching. Saat ini, hotpatching berfungsi dengan VM yang menggunakan image Azure Edition Core.

Menjauh dari gambar pratinjau

Ada banyak peningkatan pada Edisi Azure yang tidak mengharuskan Anda menggunakan gambar pratinjau untuk rilis berikutnya. Ini karena mereka berasal dari pembaruan di produk dan layanan lain atau karena mereka telah ditambahkan ke Edisi Azure saat ini melalui Pembaruan Windows.

Akses ke fitur jaringan Azure

VM Azure Edition yang menggunakan GUI pengalaman Core atau Desktop dapat memanfaatkan beberapa fitur jaringan Azure seperti UKM melalui QUIC, yang merupakan generasi SMB berikutnya dengan kompresi dan enkripsi bawaan. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat memastikan berbagi file cloud mereka seaman di jaringan mereka sendiri.

MELIHAT: Lembar contekan Windows 11: Semua yang perlu Anda ketahui (Republik Teknologi)

SMB melalui QUIC sekarang berfungsi di Azure Stack HCI dan juga di Azure, artinya Anda dapat beralih dari VPN untuk mendukung pekerja jarak jauh yang menggunakan Windows 11, Windows Server 2022, atau klien pihak ketiga untuk platform seperti Android.

Klien QUIC dibangun ke dalam Windows 11, jadi pengguna akhir tidak akan melihat perbedaan apa pun, tetapi koneksi mereka akan berada di terowongan terenkripsi TLS 1.3 melalui port UDP 443 daripada TCP 445. Server QUIC hanya tersedia di Windows Server 2022 Edisi Azure.

Kompresi SMB di Replika Penyimpanan

Jika Anda menggunakan fitur Storage Replica untuk mereplikasi volume antara server atau cluster untuk failover dan pemulihan bencana, Anda mungkin akan memindahkan data dalam jumlah besar dalam jarak jauh, antara pusat data atau ke Azure. Pembaruan kumulatif September 2022 kini memungkinkan pengguna Azure Edition menggunakan kompresi SMB untuk replikasi asinkron di Replika Penyimpanan, yang terbukti mempercepat proses transfer file secara dramatis.

Windows Server Azure Edition: 2023 fitur baru dan seterusnya

Akses hotpatching yang diperluas

Hotpatching saat ini tersedia untuk VM yang menggunakan image Azure Edition Core, tetapi yang paling berguna adalah dengan pengalaman Desktop, karena fitur tambahannya seperti shell Explorer dan menu Start membuatnya lebih membutuhkan tambalan dan pembaruan keamanan.

Pratinjau VNext Azure Edition yang akan hadir pada musim semi 2023 akan menyertakan VM hotpatching dengan pengalaman Desktop; mereka tidak perlu melakukan boot ulang untuk pembaruan keamanan bulanan. Meskipun VM masih harus memulai ulang beberapa kali dalam setahun untuk mendapatkan baseline baru dengan pembaruan kumulatif, Microsoft memperkirakan bahwa perubahan ini dapat memerlukan 12 kali reboot dalam setahun menjadi hanya empat kali reboot tahunan.

Keamanan berbasis sertifikat tambahan

Pada Musim Semi 2023, Anda akan dapat menambahkan sertifikat klien tambahan untuk mengamankan SMB melalui QUIC. SMB melalui QUIC sudah menggunakan sertifikat di server file yang harus dipercaya oleh klien SMB. Namun, pembaruan musim semi ini akan memungkinkan Anda meminta klien untuk menyebarkan sertifikat juga sebelum mereka dapat terhubung, menambahkan lapisan keamanan tambahan ke proses.

Cara yang lebih mudah untuk menerapkan kompresi SMB

Saat ini, tidak banyak dokumentasi tentang penyiapan kompresi SMB di Replika Penyimpanan. Di masa mendatang, pengguna akan dapat menggunakan GUI Windows Admin Center untuk mengonfigurasinya dengan cara yang sama seperti Anda mengaktifkan kompresi SMB untuk berbagi file biasa. Tapi, untuk saat ini, Anda perlu gunakan perintah PowerShell ini untuk menggunakan fitur tersebut.

Cara pindah ke Windows Server Azure Edition di cloud pribadi Anda

Tukar core berlisensi

Jika Anda ingin pindah ke Azure Stack HCI sehingga Anda dapat menggunakan VM Edisi Azure, tetapi Anda telah membayar Jaminan Perangkat Lunak Pusat Data Windows Server, Microsoft membebaskan biaya langganan dan host biasa. Ini berarti Anda dapat menukar core berlisensi ke Azure Stack HCI tanpa membayar tambahan apa pun dan menjalankan beban kerja tamu Windows Server tanpa batas. Untuk Edisi Azure, Anda harus menggunakan Azure Stack HCI versi 21H2 atau 22H2 dan memilikinya Manfaat Azure diaktifkan.

Azure Hybrid Benefit untuk infografik Azure Stack HCI termasuk info tentang cara memenuhi syarat dan manfaat yang tersedia
Gambar: Microsoft. Manfaat hibrid Azure memungkinkan Anda pindah ke Azure Stack HCI tanpa biaya tambahan.

Gunakan Azure Arc dan Azure Marketplace

Menggunakan Busur Azure untuk menerapkan dan mengelola VM di Azure Stack HCI, dan Anda dapat menarik gambar, termasuk Azure Edition dari Azure Marketplace, untuk digunakan pada VM tersebut. Anda harus menggunakan Pratinjau 2 manajemen yang mendukung Arc untuk ini. Azure Stack HCI secara default menggunakan image Azure Edition yang dibuat melalui Marketplace untuk VM baru, sehingga image tersebut mendapatkan keuntungan dari hotpatching dan SMB melalui QUIC.

Unduh ISO Edisi Azure

Anda juga dapat mengunduh ISO Azure Edition untuk membuat VM baru atau memutakhirkan VM yang sudah ada di Azure Stack HCI. Unduhan tidak dibatasi dengan cara apa pun, sehingga Anda dapat bereksperimen dengan menjalankannya di VM pada perangkat keras lain jika Anda belum memiliki perangkat keras Azure Stack HCI; meskipun, itu tidak didukung di sana. Jika Anda menggunakan ISO untuk Edisi Azure, Anda harus melakukannya konfigurasikan hotpatching sendiri daripada menggunakan Azure Automanage.

Seperti mengelola kompresi SMB untuk Replika Penyimpanan, ini mungkin menjadi lebih sederhana di masa mendatang, tetapi karena Windows Server Azure Edition dirancang untuk memberi Anda lebih banyak manfaat Azure di VM Anda, alat Azure akan selalu menjadi cara paling sederhana untuk mengelolanya .

Alternatif Windows Server Azure Edition

Meskipun tidak ada alternatif yang benar untuk Windows Server yang berintegrasi mulus dengan lingkungan Azure, beberapa sistem operasi dan server lain menawarkan fitur dan kemampuan serupa kepada pengguna yang tidak memerlukan fungsionalitas khusus Azure.

Khususnya, sistem operasi dan server open-source adalah opsi bagus untuk pengguna yang menginginkan penyesuaian tambahan dan komunitas dukungan pengguna yang kuat. Ini adalah beberapa alternatif Windows Server Azure Edition terbaik untuk dipertimbangkan:

  • TrueNAS
  • Linux Ubuntu
  • SUSE Linux Enterprise Server
  • Red Hat Enterprise Linux

Baca selanjutnya: 8 alternatif terbaik untuk Microsoft Project (Gratis & berbayar) (Republik Teknologi)

4 thoughts on “Yang baru di Windows Server Azure Edition 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux