Yuk Kenalan dengan Tiga Karakter Utama dalam StartupHustlerHipster, dan Hacker – Di tengah pandemi seperti ini, banyak inovasi yang bermunculan, salah satunya datang dari perusahaan rintisan atau startup. Berdirinya startup cukup banyak membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat. 

Namun, tahukah kamu bahwa dibalik kesuksesan sebuah startup, ada tim yang kuat di dalamnya. Setiap startup minimal harus memiliki tiga karakter penting, yaitu hustlerhipster, dan hacker. Masih asing dengan ketiga istilah tersebut? Yuk langsung saja kepoin informasinya berikut ini. 

1. Hustler, Si Ahli Marketing dan Bisnis 

hustler sebagai karakter utama dalam startup

Tujuan membangun sebuah startup selain dapat menyelesaikan masalah, pastinya ingin mendapat profit bukan? Artinya yang pasti ada dalam sebuah startup adalah visi. Oleh karenanya, karakter utama dalam tim startup adalah seorang hustler. 

Hustler merupakan dia yang ahli di bidang marketing dan bisnis. Biasanya sebagian besar hustler merupakan pemimpin atau biasa disebut CEO. Di sinilah ia berperan penting baggi keberhasilan perusahaan. 

Karena pandai marketing dan bisnis, si hustler ini dituntut untuk dapat menjual ide ke investor. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan pada saat pitching. Selain itu, hustler juga harus mampu menjaga networking dan fokus pada manajemen perusahaan. 

Baca juga:

2. Hipster, Si Desainer dan Ahli User Experience 

hipster si desainer

Salah satu kekuatan di dunia digital adalah mengenai visualisasi. Kamu mungkin bisa memberikan ide, tetapi ide tersebut akan dikemas dengan bahasa visual sehingga mampu sampai ke tangan konsumen. 

Nah di sinilah dibutuhkan peran hipster sebagai si ahli desain. Perusahaan startup membutuhkan orang yang memiliki pasion di bidang desain dan kreatif. Adapun bagi si hipster sendiri, ia harus peka dan mampu menggambarkan citra startupnya. Tujuannya adalah agar produk yang dibuat sesuai dengan karakter konsumen sehingga dapat mempertahankan citra perusahaan di mata konsumen. 

Baca juga:

3. Hacker, Si Engineer dan Software Development 

hacker dalam startup

Karakter utama dalam startup yang terakhir adalah hackerHacker merupakan dia yang bertanggung jawab dalam teknologi perusahaan. Peran hacker tentunya sangat berguna dalam membuat platform berbasis teknologi untuk mengembangkan bisnis. 

Sebab, startup tentu memiliki teknologi untuk menunjang pengembangan bisnis. Nah seorang hacker ini harus memiliki keterampilan dasar coding atau programming. Intinya si hacker inilah yang harus mampu mengadaptasi teknologi dalam sebuah perusahaan. 

Baca juga:

Nah itulah tiga karakter utama dalam startup. Kalau kamu bertanya, bisakah hanya satu saja? Sebenarnya beberapa perusahaan sukses hanya dengan solo founder alias founder tunggal saja.  

Namun, siapa sih yang memiliki tiga kemampuan itu sekaligus? Sangat jarang bukan? Oleh karenanya, untuk membangun perusahaan digital alias startup, dibutuhkan minimal tiga karakter utama tadi, yaitu hustlerhipster, dan hacker. 

Bagaimana, apa kamu punya salah satu dari tiga karakter tersebut? Kalau iya, tidak ada salahnya kamu merambah ke dunia startup! 

Jangan lupa terus pantengin informasi menarik seputar kampus, dunia mahasiswa, karier, beasiswa, dan info lainnya dengan mengikuti ,,line, dan  campuspedia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *