Hallo Campuspedia Chingu! Untuk teman-teman yang berada di usia 20 an, pasti pernah merasakan “galau” seperti khawatir, bingung, mempertanyakan masa depan, hingga merasa tersaingi. Kemungkinan besar kalian sedang mengalami Quarter Life Crisis

Apa Itu Quarter Life Crisis?

Quarter Life Crisis adalah fase dimana seseorang mengalami keraguan dan kebingungan dalam hidupnya. Seperti namanya quarter yang berarti seperempat abad, fase Quarter Life Crisis ini umumnya dialami oleh orang yang berumur 20 – 30 tahun. Biasanya fase ini muncul akibat masalah sosial, percintaan, pertemanan, hingga pekerjaan.

Ketika mengalami fase ini kita akan mempertanyakan banyak hal di dalam hidup, kita. Namun tidak jarang fase ini bisa kalian rasakan saat berumur 17 atau 18 tahun. 

“Lalu apa aja sih minca ciri-ciri dan penyebab fase Quarter Life Crisis ini?”

Baca juga:

Ciri-Ciri Kamu Mengalami Quarter Life Crisis

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami fase ini minca akan memberitahu apa saja ciri-ciri orang yang sedang berada pada fase ini.

  1. Banyak mempertanyakan soal hidup
  2. Sulit membuat keputusan
  3. Khawatir dan tertekan dengan lingkungan
  4. Merasa tidak ada kemajuan
  5. Gelisah karena banyak orang sudah mencapai impiannya
  6. Mencemaskan yang akan terjadi di masa depan
  7. Tidak bahagia dengan kondisi saat ini

Jika chingu memiliki beberapa ciri-ciri di atas,bisa jadi kalian sedang menghadapi fase ini.

Baca juga:

Lalu kira-kira apa yang menyebabkan seseorang mengalami fase ini dalam kehidupannya.

Penyebab

Penyebab seseorang mengalami hal ini ada beberapa faktor nih chingu. Di antaranya adalah :

  1. Sedang merencanakan karir dan masa depannya
  2. Pertama kali hidup mandiri
  3. Mengalami patah hati
  4. Sedang mengalami masalah besar
  5. Insecure dengan pencapaian orang lain
  6. Harus memilih pilihan dalam hidup
  7. Tertekan dengan ekspektasi orang lain

Bagi teman-teman yang merasa sedang berada di fase ini, kalian pasti merasa kebingungan bagaimana cara menghadapinya. Tenang, kali ini minca akan memberikan informasi seputar cara menghadapi Quarter Life Crisis, yang bisa kalian terapkan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang kalian hadapi. Yuk langsung cek aja caranya di bawah ini.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Pertama, Kenali Diri Sendiri

Sebelum menjalankan cara lain, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali diri kita sendiri. Kalian harus mengetahui apa tujuan hidup, kelebihan, kekurangan, hal yang kalian suka. Dengan lebih mengenal diri sendiri maka kalian tidak akan merasa terbebani menjalankan suatu hal.

Kedua, Percaya Pada Dirimu

Jangan membandingkan diri kalian dengan orang lain, karena itu tidak akan ada habisnya ya chingu. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam dirinya, termasuk juga kamu. Jadi percaya dirilah dalam melakukan sesuatu selama itu benar dan sesuai dengan yang kalian inginkan. 

Ketiga, Rencanakan Hidupmu

Rencana penting, supaya kalian bisa menentukan langkah dalam mencapai impian yang selama ini kalian pendam. Selain itu dengan merencanakan hidup, akan membuat hidupmu semakin tertata dengan lebih baik. Kalian juga memiliki waktu untuk menyiapkan sesuatu impian yang lebih besar. So perencanaan hidup itu penting ya chingu.

Keempat, Bertindak!

Jangan ragu untuk mencoba dan bertindaklah, just do it. Kita tidak akan tahu adanya kesalahan Selama belum mencoba. Namun perlu diingat selama itu memang hal baik dan sesuai dengan yang direncanakan ya chingu. Jika menemui masalah atau kesalahan dalam melakukannya, kalian harus yakin bahwa kalian bisa memperbaikinya.

Kelima, Social Support

Kalian harus ingat jika memiliki orang terdekat yang selalu mendukung apapun keinginanmu, selama itu baik dan benar. Jangan memendam semua sendirian jika terlalu berat, bagikanlah kesulitan kalian dengan orang terdekat walau hanya sekedar bercerita atau curhat. Kalian memiliki orang tua, sahabat, bahkan pasangan yang siap mendengarkan keluh kesah yang kalian hadapi.

Baca juga:

Nah itu tadi merupakan beberapa informasi mengenai Quarter Life Crisis dan cara menghadapinya ya chingu. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *