5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika – Blog Teknokrat
5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika

5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika


Pesatnya kemajuan teknologi informasi telah meningkatkan permintaan akan profesi IT di Indonesia. Tidak heran jika jurusan Teknik Informatika semakin diminati oleh calon mahasiswa baru belakangan ini. Selain karena prospek kerjanya yang luas, memilih jurusan kuliah juga memerlukan pertimbangan matang. Hal ini karena pilihan jurusan dapat memengaruhi keseriusan mahasiswa dalam menjalani kehidupan perkuliahan.

Mahasiswa Teknik Informatika memiliki peluang besar untuk membiayai kuliah mereka sendiri, asalkan mereka memiliki kemauan belajar dan keahlian di bidang IT. Ian Rachman Dana, mahasiswa Teknik Informatika di Politeknik Negeri Jakarta, merupakan salah satu contoh yang mampu membiayai kuliahnya sendiri melalui lomba dan proyek freelance.

Alasan Anda ingin mengambil jurusan Teknik Informatika bisa beragam. Apakah Anda mengikuti tren, terpengaruh oleh teman, atau memang memiliki minat pada dunia IT? Sebelum memilih jurusan ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan 5 hal berikut agar lebih mantap dalam niat Anda.

1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Pertimbangan pertama adalah apakah jurusan Teknik Informatika sesuai dengan minat dan bakat Anda. Minat dan bakat ini sangat penting dalam membantu Anda beradaptasi di dunia perkuliahan. Perhatikan mata kuliah yang ditawarkan oleh program studi Teknik Informatika, dan pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

2. Tentukan Tujuan Anda

Selanjutnya, tentukan dengan jelas tujuan Anda dalam memilih jurusan Teknik Informatika. Apakah Anda memilihnya karena prospek kerja yang menjanjikan atau karena Anda benar-benar menyukai bidang tersebut? Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas sehingga Anda dapat mempertahankan motivasi Anda selama perkuliahan.

baca juga:Selamat Kepada Penerima Beasiswa Lanjutan Kelas Intermediate Alur Belajar Android dan Kelas Expert Front-End Web Developer IDCamp 2020

3. Siap untuk Tetap Update dengan Teknologi

Sebagai mahasiswa Teknik Informatika, Anda harus siap untuk tetap update dengan perkembangan teknologi. Belajarlah bahasa pemrograman dan tools baru yang muncul, karena kepekaan terhadap perkembangan teknologi akan mendukung kesuksesan Anda di dunia perkuliahan dan karier di masa depan.

4. Bersiap untuk Bergelut dengan Logika dan Matematika

Jurusan Teknik Informatika membutuhkan keterampilan dalam logika dan matematika. Sebagian besar mata kuliah yang akan Anda pelajari berkaitan dengan hal ini, jadi pastikan Anda siap untuk bergelut dengan logika dan matematika selama perkuliahan.

5. Bersiap untuk Bertahan

Terakhir, menjadi mahasiswa Teknik Informatika tidaklah mudah. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari pemrograman dan menyelesaikan proyek-proyek aplikasi. Bersiaplah untuk menghadapi tantangan ini dan tetaplah bertahan meskipun ada rintangan di sepanjang jalan.

Mengambil jurusan Teknik Informatika adalah pilihan yang serius, jadi pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan. Mulailah mempersiapkan diri sejak dini dengan belajar pemrograman, dan jangan ragu untuk membagikan pengalaman dan alasan Anda mengambil jurusan ini di kolom komentar.

penulis:Akbar Katon Saputra

One thought on “5 Hal yang Kamu Harus Pertimbangankan Ketika Mengambil Jurusan Teknik Informatika

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, Menentukan jurusan Teknik Informatika memang keputusan yang penting dan tidak bisa diambil secara sembarangan. Pembahasan tentang 5 hal yang harus dipertimbangkan saat memilih jurusan ini memberikan panduan yang sangat berguna bagi para calon mahasiswa. Terima kasih atas panduan yang sangat berguna ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *