Halo sobat Campuspedia! Kamu udah tahu belum, ternyata di Indonesia terdapat beberapa jurusan kuliah yang unik dan mungkin kamu merasa belum pernah mendengarnya. Jurusan unik ini tepatnya berada di Politeknik. Apa saja jurusan unik tersebut? Simak selengkapnya di artikel ini!

Apa itu Politeknik?

Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan untuk dapat menghasilkan orang-orang yang profesional di bidang keahlian tertentu. Di Indonesia, terdapat banyak Politeknik, di antaranya adalah Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Manufaktur, Politeknik Negeri Jakarta, dan masih banyak lagi. 

Jurusan Teknologi Game

Jurusan ini mempelajari mengenai bagaimana suatu game dibuat dan banyak digunakan orang, dimulai dari perancangan, programing, produksi, hingga distribusi game tersebut. Jurusan teknologi game berada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus, di antaranya adalah dapat bekerja di bidang developer game, baik itu sebagai tim desain game, game art, dan programmer game.

Baca juga:

Jurusan Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal Elektrikal Plumbing (Tru-mep)

Merupakan jurusan yang termasuk dalam program sarjana terapan di bawah manajemen jurusan Teknik Mesin. Jurusan ini berada di Politeknik Negeri Bali atau PNB. Hal yang dipelajari di jurusan ini adalah ilmu Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing yang mencakup mesin pendingin, mekanik HVAC, distribusi dan instalasi, dan masih banyak lagi. 

Prospek kerja jurusan ini sangat menjijikan, yaitu dapat bekerja di berbagai sektor, seperti kapal pesiar, industri retail, bangunan gedung perkantoran dan pemerintah, perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, pertambangan, dan masih banyak lagi 

Jurusan Logistik Perdagangan Internasional

Jurusan ini berada di Politeknik Batam dan termasuk jurusan baru yang ada di politeknik ini. Hal yang dipelajari di jurusan ini adalah perencanaan keuangan, anggaran dan pembayaran logistik perdagangan internasional, serta masih banyak lagi. Oleh sebab itu, lulusan dari jurusan ini akan mempunyai kemampuan di bidang  supply chain, procurement, project management, pengusaha, dan lain sebagainya. Prospek kerja dari lulusan ini di antaranya adalah sebagai Tenaga Pemasaran Manajerial, Warehouse Supervisor, Manajer Proyek Logistik, dan lain sebagainya. 

Baca juga:

Jurusan Rekayasa Keamanan Siber

Sama seperti sebelumnya, jurusan Rekayasa Keamanan Siber juga berada di Politeknik Batam. Buat kamu yang mau masuk jurusan ini, harus siap dihadapkan dengan matematika terapan dan dasar rekayasa karena jurusan ini menuntut mahasiswa untuk mampu menerapkan konsep matematika terapan dan dasar rekayasa dalam pelaksanaan keamanan siber yang berpacu pada standar internasional. 

Prospek kerja jurusan ini menjanjikan, seperti konsultan Cyber Security, Chief Information Security Officer, Security Engineer, Computer Forensic Specialist, Penetration Tester, Incident Responder, dan masih banyak lagi. 

Baca juga:

Jurusan Produksi Tanaman Hortikultural

Jurusan ini berkaitan dengan agribisnis, dimana jurusan ini mempelajari cara pembibitan, budidaya tanaman, penindakan pasca panen, serta pemasaran tanaman hortikultura. Prospek kerja dari lulusan ini adalah bekerja di Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pertanian, perusahaan perkebunan, Wirausaha pertanian, dan lain sebagainya. 

Itu dia informasi terkait jurusan unik yang ada di Politeknik di Indonesia. Kamu berminat untuk berkuliah di jurusan tersebut? Gali terus informasi lebih dalam dan tentukan pilihanmu sekarang! Biar kamu bisa terus update banyak info

Pastikan kamu follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan Youtube biar kamu bisa terus update banyak info!

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *