Hallo Campuspedia Chingu! Saat berkuliah kita akan menemui banyak sekali bidang jurusan yang berbeda. Beberapa jurusan bahkan memiliki nama yang terdengar hampir mirip satu sama lain, salah satunya ketiga jurusan ini. Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi. Walaupun terdengar mirip tapi ketiganya memiliki fokus peminatan yang berbeda loh.

“Aduh bingung minca, emang apa sih bedanya kok kedengarannya sama aja”

Kali ini minca akan membahas masing-masing dari ketiga jurusan ini beserta fokus peminatannya. Yuk langsung aja simak informasinya di bawah ini ya.

Baca juga:

Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari mengenai pengolahan data dan transformasi menggunakan teknologi komputer. Materi yang didapatkan dalam bidang ini akan lebih mengarah ke pemrograman hingga pengembangan perangkat lunak. 

Penamaan Teknik Informatika di beberapa universitas adalah Ilmu Komputer. Kedua bidang ini sama-sama mempelajari robotika, AI, dan teori lainnya. Kamu juga akan mempelajari mengenai algoritma data, logika informatika, sistem operasi, baris data, hingga jaringan komputer.

Pekerjaan yang berhubungan dengan bidang ini pun ada banyak sekali seperti Network Engineer, Software Engineer, Database Engineer, dan masih banyak lagi. Selain itu Teknik Informatika akan lebih memperhatikan praktik dibandingkan hanya teori. Kamu akan dilatih untuk bisa lebih baik dan profesional dengan yang sudah diajarkan.

Teknik Komputer

Teknik Komputer merupakan bidang yang lebih mempelajari perangkat keras dari komputer seperti mengimplementasikan hardware, membangun dan mendesain perangkat keras komputer. Umumnya lulusan bidang ini diharapkan akan bisa menciptakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk kebutuhan informasi. Namun tidak hanya berhubungan dengan perangkat keras atau hardware saja, sesekali kamu juga akan mempelajari mengenai bahasa pemrograman untuk memaksimalkan upaya penciptaan teknologi baru.

Baca juga:

Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan ilmu yang berfokus pada pengolahan informasi data untuk pengembangan bisnis agar lebih efektif dan juga efisien. Jurusan ini juga dapat dikatakan sebagai gabungan dari bisnis manajemen dengan komputer. Bidang ini dapat menjembatani antara kebutuhan bisnis dengan pengaplikasian teknologi yang dirancang.

Kamu tidak hanya akan belajar pembuatan aplikasi, namun juga belajar cara berkomunikasi secara efisien dan efektif. 

Bahkan kalian akan mempelajari ekonomi, manajemen, dan pengembangan sistem. Lulusan dari bidang ini diharapkan mampu merancang sampai mengevaluasi segala hal yang berkaitan dengan teknologi dan manajemen bisnis.

Baca juga:

So, tiap jurusan kuliah memiliki fokus peminatannya masing-masing ya chingu walaupun berada pada bidang yang sama. Sekarang kalian sudah tahu perbedaan dari ketiga jurusan di atas. Semoga informasi yang minca berikan tadi dapat membantu teman-teman dalam memahami jurusan perkuliahan, menambah informasi, dan membantu kalian menentukan jurusan yang diminati. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi jurusan kuliah ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *