Hallo Campuspedia Friends! Kali ini minca bakal bawain info tentang jurusan bahasa, nih! Ada ngga dari kalian yang minat banget pada bidang bahasa? Atau malah udah masuk peminatan bahasa nih dari sekolah. Nah kamu dapat menyimak artikel berikut ini, untuk dijadikan referensi jurusan kuliah pada bidang bahasa kelak! Yuk simak!

Sastra

Hal ini tentunya tak diragukan lagi. Dalam prodi sastra, kalian akan belajar tentang seluk beluk perbahasaan yang akan dibahas lebih mendalam. Mulai dari pembelajaran linguistik, terjemah bahasa, hingga pembelajaran suatu karya seperti novel, puisi, dan esai.

Jurusan sastra biasanya mengandung banyak pilihan prodi seperti sastra Indonesia, sastra daerah, sastra Inggris, sastra Perancis, sastra Jerman, dan banyak lagi. Hal ini tergantung kalian ingin fokus pada pembelajaran sastra pada bahasa apa.

 

Baca juga :

Pendidikan Bahasa

Jika sudah ditambahi embel-embel pendidikan di depannya, tentunya hal ini akan mengarah pada program studi untuk para calon guru di masa depan. Bagi kalian yang berminat di bidang bahasa dan punya keinginan untuk berkarir sebagai pengajar bahasa kelak, maka program studi ini cocok kamu ambil.

Serupa dengan jurusan sastra, kamu dapat memilih bahasa mana yang akan kamu fokuskan. Seperti Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Jerman, dan lain-lain.

Jurnalistik

Saat mendengar namanya, yang akan terlintas di benak kita mungkin berita, kamera, naskah, dan artikel. Memang, dalam prodi ini, kalian akan belajar tentang pemberitaan. Mulai mencari, menulis, editing, hingga proses distribusinya.

Ilmu bahasa diperlukan agar kamu tau bagaimana cara mengemas berita dalam bentuk artikel maupun lisan. Kamu juga akan belajar bagaimana menyampaikan berita dengan bahasa yang baik, sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Broadcasting

Prodi ini kerap disalahpahami bahwa ia sama dengan jurnalistik. Padahal konsentrasi dalam kedua prodi sangatlah berbeda. Dalam broadcasting, kalian akan belajar bagaimana suatu produksi program berita dari aktual maupun non aktual dan penyebarannya dari berbagai media. Mata kuliah yang ditawarkan juga tak luput dari teknik pemberitaan hingga manajemen penyiaran.

Broadcasting adalah tentang pembuatan program yang akan disiarkan, di dalamnya kalian akan belajar bagaimana membuat program yang menarik dengan bahasa serta pengemasan yang baik sehingga menarik penonton.

 

Baca juga :  

Antropologi

Antropologi sering disebut sebagai ilmu yang mempelajari tentang manusia. Didalamnya, kalian akan belajar mengenai masyarakat dan perkembangannya. Mulai dari evolusi homo sapiens, ciri-ciri masyarakat dalam suatu budaya, dan aspek biologinya. Objek ilmu antropologi berkisar antara budaya dan objek berpikir manusia dan apa yang menjadikan manusia disebut manusia. Termasuk juga bagaimana bahasa mempengaruhi lingkungan sosial manusia.

Pariwisata

Tidak melulu tentang liburan, dalam prodi ini, kalian akan belajar bagaimana manajemen bisnis pariwisata, pemasaran suatu wisata, hingga public relation. Tentunya ilmu bahasa akan sangat ditekankan, guna penyampaian suatu hal tentang sebuah pariwisata dengan cara yang baik dan tepat. Kalian juga mungkin akan dikenalkan beberapa budaya dari asal tempat wisata untuk dipelajari. Manfaatnya, selain memasarkan sebuah wisata, kalian juga memperkenalkan budaya dan adat istiadat setempat pada khalayak umum.

 

Nah itu tadi 6 jurusan bahasa rekomendasi minca. Kalian yang pas sekolah minat banget sama bahasa, 6 jurusan di atas bisa dijadikan pertimbangan, ya!

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *