Hallo Campuspedia Chingu! Siapa nih yang hobi mengolah suatu data? Kali ini minca akan mengajak chingu untuk mengenal jurusan statistika. Mulai dari mata kuliah yang dipelajari, universitas, hingga prospek kerja ke depannya. Yuk langsung aja simak informasinya berikut ini.

Jurusan Statistika 

Jurusan statistika merupakan jurusan yang mempelajari segala hal terkait pengolahan data. Mulai dari memproses dan mengolah data, mengumpulkan data, menganalisis dan menginterpretasi data, hingga mengubahnya menjadi bahasa yang mudah dipahami. Statistika berbeda dengan matematika, statistika lebih memfokuskan pengolahan dan data. Ilmu statistika banyak dibutuhkan dan diterapkan dengan ilmu-ilmu lainnya. Statistika juga banyak digunakan bahkan pada kehidupan sehari-hari

Jurusan statistika merupakan salah satu jurusan dengan peminat terbanyak. Hal ini dikarenakan prospek kerja yang cukup menjajikan. Selain itu kemampuan pengolahan data akan sangat berguna dimanapun. Statistika dibutuhkan untuk menganalisis data secara akurat, setelah melakukan analisis baru kita bisa mengambil sebuah keputusan.

Baca juga:

Mata Kuliah 

Bagi teman-teman yang tertarik dengan jurusan statistika pasti penasaran, mata kuliah apa saja sih yang akan kalian pelajari nanti. Berikut adalah daftar mata kuliah yang akan kamu temui:

  • Metode Statistika
  • Teori Statistika 
  • Aljabar Linier 
  • Statistika Genom
  • Komputasi
  • Analisis Perencanaan Survey
  • Analisis Real
  • Sampling 
  • Regresi
  • Analisis Data Kuantitatif & Data Katagorik

Nah itu dia beberapa gambaran mata kuliah yang akan kalian ambil nanti chingu. Bagi kamu yang tertarik bisa coba cari dan pelajari dulu nih dasar dari ilmu statistika.

Prospek Kerja 

Prospek kerja dari jurusan statistika antara lain:

  • Badan Pusat Statistik
  • BAPPENAS
  • Data Entry
  • Data Scientist
  • System Analyst
  • Peneliti Survey
  • Ahli Pemasaran
  • Ahli Riset
  • Dan masih banyak lagi

Pengetahuan yang Akan Didapat

  • Dasar Perhitungan
  • Kemampuan Analisis
  • Memecahkan masalah
  • Programming
  • Mengolah Data

Baca juga:

Universitas dengan Jurusan Statistika 

Kedinasan:

  • STIS

Universitas:

  • UGM
  • IPB
  • ITS
  • UNPAD
  • UNDIP
  • Universitas Brawijaya 
  • UI
  • UNJ
  • Universitas Airlangga 

Keuntungan Memilih Jurusan Statistika

Keuntungan yang akan didapatkan ketika memilih jurusan ini yaitu:

  1. Ahli statistik akan dibutuhkandi semua perusahaan, terutama saat era big data
  2. Mudah diterima di instansi pemerintahan seperti Badan Pusat Statistik (BPS)
  3. Tidak hanya di instansi pemerintahan, namun juga dibutuhkan di banyak perusahaan swasta dan media
  4. Ilmu yang dimiliki dapat dengan mudah diaplikasikan pada berbagai kebutuhan

Baca juga:

Sekian informasi yang dapat minca berikan seputar jurusan statistika. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan chingu, apapun cita-citanya kalian harus bekerja keras untuk dapat mewujudkannya. Share info ini ke teman-temanmu supaya kalian sama-sama dapat informasi lainnya ya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *