CARA GW MENGUBAH DUNIA

CARA GW MENGUBAH DUNIA

Ko, katanya lu mau ngubah dunia, caranya gimana? Oke. Untuk ngubah dunia, lu butuh 3 hal. Power, influence, and money. Tapi, siapa gw untuk bilang gw bisa ngubah dunia? Mungkin gw mau mulai dengan thank you buat kalian. Dan gw tau banyak dari kalian follow gw karena kalian pengen cari uang, pengen ngembangin diri, pengen bisnis, pengen investing.

Baca juga: Flagship Tapi “Ekonomis” – Unboxing Samsung Galaxy S23 FE Indonesia!

Dan video ini sebenernya agak special untuk gw. Karena untuk pertama kalinya gw akan lebih terbuka, sebenernya apa misi hidup gw. Ya gak salah, emang sesuai dengan apa yang kalian harapkan dari video ini. Gw akan bantu kalian di 1 hal yang paling gw passionate dalam hidup gw, yaitu entrepreneurship. So, mungkin memang sedikit overstatement ya bahwa gw pengen ngubah dunia.

Tapi semua orang yang kerja sama gw—mau di Team Raymond, mau di Jadi Hacker, mau di Ternak Uang—mereka tau betul gw ga bullsh*t. Bahwa bilang tujuan hidup gw disaat gw mati nanti, bukan untuk dapet banyak duit, bukan untuk jadi orang terkaya nomor 1, nomor sekian di dunia. Sesimpel gw pengen diingat melakukan sesuatu yang berdampak positif pas gw mati.

Karena itu 1 hal yang—satu-satunya yang ditinggalin kalo kita udah ga di dunia ini. Our impact to the world. And itu sebenernya one of the reason kenapa gw ngebangun Sevenpreneur. ‘Tapi Ternak Uang gimana Ko? Bisnis lain lu gimana? Content creator lu gimana?’ Nanti kita bakal bahas satu-satu. Cuma nyambung dengan 3 aspek yang kalian butuh untuk benar-benar ngubah dunia.

Power, Influence, dan Money. Satu hal yang semua orang salah adalah, lu harus punya itu secara abundance, secara berkelimpahan sebelum lu nolong orang lain. So, kita mulai dari chapter 1. Apa yang mau gw ubah dari dunia ini? Sebnernya ga jauh-jauh. Salah satu hal yang gw passionate banget— kalo kalian liat di instagram gw, gw sering banget sharing.

Tapi selama ini tuh gw kepencar-pencar. Kadang tentang penunjang produktivitas, kadang tentang personal finance. Tapi kebanyakan orang kenal gw adalah gw businessman. Gw seorang entrepreneur yang memulai karir gw selama 8 tahun terakhir, yang udah ngalamin banyak asam dan garamnya menjadi entrepreneur. Sampe di tahap sekarang gw bisa punya influence untuk bantu kalian be a better person.

Tapi setelah 8 tahun gw balik ke core gw, yaitu entrepreneurship. That’s how gw bakal bantu kalian make a lot of money, gw bantu kalian punya kebebasan, punya dorongan untuk ngejar mimpi-mimpi kalian yang ga didoktrin sama orang lain. That’s how I’m gonna change the world. Cuma muluk ga sih kita ngomong ngubah dunia, padahal kita ga ngomong Indonesia dulu? Karena gw ga mau nge-cap mimpi gw, dan kata orang kan harus bermimpi setinggi mungkin.

Of course, gw bakal mulai dari Indonesia. Apa yang gw lakuin selama ini—sharing ke kalian untuk improve diri sendiri, untuk cari uang— Itu sesuatu yang mau gw tinggalin, at least sebelum gw mati gw mau ngebangun entrepreneurship di Indonesia. Karena jujur aja dong, lu harus ngelakuin sesuatu yang sesuai sama passion lu, yang emang lu jago.

Nanti orang bilang bantu Indonesia itu caranya ya bantu orang miskin dong, politik, dll. Gw ga jago hal itu. Gw ga punya pengalaman—the right network—untuk ngelakuin secara skala besar. Mungkin, ke depannya bisa. Tapi sekarang apa yang gw punya, yang gw pelajarin, yang bisa gw share ke kalian semua adalah entrepreneurship.

Langsung aja deh, gw tau kebanyakan dari kalian kalo ditanya mau punya bisnis atau engga, (jawabannya) mau. Kenapa? Of course, satu, buat make a lot of money. Gw di tahap bisa penghasilan ratusan juta per bulan itu pasti karena bisnis. Ada sekali-kali investment portofolio—kalo gw bener— untung 500 juta, untung 700 juta.

Tapi bisnis itu sesuatu yang gw passionate yang bisa sustainable. Motivasi satu, uang. Motivasi dua, freedom. Tapi freedom ini bukan berarti lu bisa leha-leha terus dapet duit. Freedom ini artinya kita bisa pilih apa susah yang kita mau, apa gampang yang kita mau. Emangnya punya bisnis gampang? Punya bisnis tuh lu bukan kerja 8 jam sehari, lu kerja 12 jam sehari.

Lu kerja sama orang bisa dapet gaji stabil setiap bulan. Bisnis kadang-kadang bisa minus dan lu bisa nombok. Tapi, that’s the concept of freedom. Kebebasan bukan berarti kita bisa ngelakuin apa yang kita mau, tapi kita bisa pilih apa yang kita mau. Mau itu susah atau gampang. Gw tau motivator yang paling kuat adalah motivator—apa yang menguntungkan untuk kalian.

Tapi gw mau ngundang kalian untuk zoom out sedikit. Di chapter 2, yaitu Entrepreneurship di Indonesia. Pas gw bangun Sevenpreneur, gw ngelakuin beberapa riset. Kenapa Indonesia jadi negara yang kekurangan pengusaha, kekurangan entrepreneur, tapi ga kekurangan minat? Di Indo entrepreneur itu cuma 3,4%. Tapi hebatnya. lebih dari 50% PDB kita—GDP kita—dikontribusi dari UMKM ini.

3% aja punya kemampuan segitu besar untuk majuin Indonesia. Dan ada riset tambahan juga. Indonesia butuhh 14% pengusaha untuk jadi negara maju. Kita sering—pas dibahas gimana cara kita punya kehidupan yang sejahtera di Indonesia— yaitu Indonesia menjadi perekonomian terkuat ke-4 di tahun 2045. Salah satu poinnya apa? Kalo kalian baca-baca, salah satu poinnya adalah bonus demografi.
Makin banyak populasi kita yang masuk ke usia produktif yang bisa konsumsi. Konsumsi dalam negara—kalo kalian liat rincian dari GDP kita— itu mayoritas dari pendapatan negara dan perputaran ekonomi kita. Cuma 1 hal yang gw rasa agak kurang dibahas— emang bener kalo lu nanya ekonom manapun, yang penting konsumsi naik dan negara bakal naik.

Tapi bayangin kalo misalnya di bonus demografi konsumsi naik dan produksi juga naik. Setiap orang yang beli produk dari orang lain bisa menciptakan produk mereka sendiri. Gw ga lebay—kalo itu terjadi, kalian bakal tinggal di negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Soalnya kalo kalian liat banyak pidato dari Pak Jokowi, 1 hal yang kuat banget di Indonesia adalah Sumber Daya Alam (SDA).

Negara lain tuh ga bisa ngambil itu dari kita. Kita tuh kaya banget. Tapi kita yang kurang adalah di SDM. Sumber Daya Manusia. Gimana cara bikin warga Indonesia— populasi warga Indonesia itu punya skill dan kemampuan untuk bersaing di skala global? Gw rasa itu harusnya udah cukup convince enough— siapapun yang mau mulai bisnis tapi ga mulai-mulai— kalian bukan cuma ngebantu diri sendiri, kalian ngebantu Indonesia untuk jadi negara maju.

Yang akan gw fast forward ke chapter 3, Why Sevenpreneur? Sebenernya awalnya tuh gw cliche. Sebelum ulang tahun ke-28 kemaren, gw tuh udah 7 tahun berkarir di dunia entrepreneurship— kebetulan tanggal lahir gw 7. Tapi udah berbulan-bulan gw rekap banyak teman gw nanya gimana cara gw bangun bisnis, dll. Akhirnya secara rapi gw breakdown.

Ternyata cuma ada 7 hal yang perlu kalian lakuin untuk mulai bisnis dari nol sampe 1M per bulan. Cuma itu cingcong banget ya— kayak lu ngejelasin bisnis lu, of course lah bisa dicocoklogi untuk lu jualan—analoginya. Awalnya gw mikir gw mau jalanin ini semua sendiri. Brand “Raymond Chin” ngebantu bisnis (dengan) bisnis content creator.

Tapi menurut gw itu dampaknya ga bakal segede itu. Kalo lu mau ngebangun sesuatu yang sustainable, lu ngebangun sesuatu yang bisa lebih besar dari diri lu sendiri. Sekarang Sevenpreneur timnya udah lebih dari 10, gw udah keluar duit mungkin puluhan juta—100 juta lebih mungkin ya. Tapi harus gw rekap. Dan gw ga ada pendapatan sama sekali.

Sekarang nol. Karena kalo gw bilang gw mau ngebangun entrepreneurship di Indonesia, ga bisa sekadar bikin produk, langsung jualan, berharap mereka bayar tapi ga peduliin mereka mau apa. Gw obsess, gw bilang di tahun pertama Sevenpreneur, kalo lu join perusahaan ini lu harus punya value impact first, profit later.

Gw gamau tim gw punya culture, kemakan “Bisnis kan harus profit”. Bener bisnis harus profit. Tapi bisnis yang didorong sama passion, sama purpose hidup, harus punya culture yang mendorong ke arah visi itu di luar dari cuma make money. Tapi of course, we need to make money. Kombinasi semua filosofi bisnis gw, filosofi hidup gw, yang ngebuat gw decide kenapa Sevenpreneur ini perlu menjadi brand dan company di luar dari nama Ramond Chin itu sendiri.

Dan gw akan promise sama kalian, kalian cek instagram gw—kalo kalian pengen liat komitmen gw. Kalian cek instagram Sevenpreneur. Ini 1 hal yang gw bener-bener pengen diinget, untuk mengubah Indonesia. Gw mau ningkatin jumlah pengusaha sama entrepreneur, ngurangin risiko mereka gagal melalui beberapa program yang bakal gw launch nanti di tahun ini.

Lanjut ke chapter 4, sebenernya apa yang bakal kalian dapet di Sevenpreneur? Gw kalo nanya ya—sebenernya kemaren sempet ngobrol sama Pak Chatib Basri. Kita setuju UMKM tuh jadi pendorong ekonomi Indonesia, tapi apa sih yang bikin UMKM ini bisa grow secara signifikan? Orang mikir sesimpel permodalan. Gimana nih? Resesi, suku bunga naik.

Gimana caranya mereka dapet modal? Utang dari bank? Dan ada 1 hal yang lebih penting dari permodalan, yaitu pendampingan. Ilmu, skill, dan kapasitas seorang entrepreneur untuk ngebangun bisnis jauh lebih penting daripada kucuran duit yang masuk ke bisnis itu. Gw summarize 3P untuk build a good entrepreneur.

Pendampingan, Perantara, dan Permodalan. And yes, gw pake 3P itu untuk bikin program dan product yang Sevenpreneur bakal provide untuk kalian. Kita mulai dari Pendampingan ya. Sevenpreneur sekarang cuma ada 2 program yang lagi gw jalanin. Satu yang lagi di-develop untuk kalian yang memulai bisnis dari nol.

Gw akan bener-bener share semua dari nol. Termasuk gw ngebedah materi bertahun-tahun perkuliahan manajemen dan bisnis dari beberapa university, jadi 1 complete program untuk kalian menjadi great entrepreneur dari nol dan ngebangun bisnis sampe 1M per bulan. Kenapa 1M? Soalnya kalo ngomong di atas dari itu— scaling, merger acquisition, IPO—mungkin terlalu jauh.

Dan gw bakal pisah itu ke program lain. Yang pertama itu The Blueprint Program. Kalo penasaran kalian bisa cek website, join wait list-nya, karena gw belum launching. Gw ga mau jualan dulu, karena gw mau buktiin di program kedua gw, yaitu Incubation Program. Harus di-test dong. Ini mungkin works buat gw. Gw ngebangun beberapa bisnis, Ternak Uang, Yatra Creative— yang bisa dapet omzet 8M dalam 2,5 bulan dibangun.

Gw berhasil naikin 10x lipat omzetnya Jadi Hacker dalam 1,5 bulan. Tapi, emang buat orang lain works? Makanya Incubation Program ini gw duluin dulu. Jadi gw bakal koleksiin berapa banyak bisnis yang bakal gw bantu. Ga ada biaya upfront sama sekali. Gw pake framework ini, dan bisnis kalian bakal gw janjiin untuk grow 3-5x lipat dalam 1 tahun.

Kalian bisa cek detailnya di instagram gue atau Sevenpreneur. Pertanyaannya, caranya gimana? Karena gw rasa kebanyakan entrepreneur di Indonesia itu jago 1 atau 2 hal. Mereka jago bikin produk, jago jualan. Tapi kenyataannya successful sustainable business itu butuh 3 komponen besar. Butuh vision atau strategi yang kuat.

Yang tim gw nanti bakal bantu riset market attractiveness, market sizing, competitor, barrier of entry. Kalian butuh people dan talent. Siapa orang-orang yang kalian paling butuhin di fase bisnis kalian? Bukan sekadar, ‘Gw cari senior mana yang jago banget, yang gajinya tinggi’. No. Itu malah bikin bisnis kalian hancur.

Finding the right talent itu analoginya kayak cari orang yang tepat di fase bisnis kalian, yang dibutuhkan. Dan make sure culture-nya bagus. Karena people itu bukan sekadar kayak kalian liat tukang, cuma kayak kacung, kerjain apa yang kalian suruh. Great people will make great business. Cuma kalo udah punya strategi sama people dan ga punya komponen ke-3, system & processes, itu bukan bisnis namanya.

Itu namanya kalian self-employed. Setiap hari harus pantengin terus, nyuruh orang. System & processes ini yang di-mapping secara business process, secara supply chain management, inventory, finance, business operation. Ini yang bakal bikin kalian bisa ngebangun sesuatu yang menjadi legacy. Kalian tidur, kalian lanjutin ke anak kalian—itu bakal jalan.

So, itu yang bakal kalian dapat di Sevenpreneur. Perantara—it goes without saying ya. gw bakal kasih semua koneksi gw untuk bisnis-bisnis ini, gw akan kasih semua network gw untuk kalian. Mau performance advertising? Ada. Mau design? Ada. Mau branding? Ada. Butuh kenalan? Ada. Karena gw ga mau ini jadi satu tempat yang kalian ikut programnya, udah bayer, anget-anget t*i ayam—terus udah ga bikin bisnis.

Itu menurut gw f*cked up. Hopefully yang gw lakuin ini bisa punya impact dalam skala besar di Indonesia. Cuma kita lanjut ke chapter terakhir ya. Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini yang kalian bakal banyak tanya. Gw kan CEO Ternak Uang, ngapain gw bikin Sevenpreneur? Salah satu decision yang lumayan lama gw pikirin, Ternak Uang memang lagi banyak gw rapihin semuanya.

Banyak kejadian di tahun lalu yang bikin Ternak Uang as a company, perlu bikin decision-decision yang susah. Lebih detailnya gw bakal share di video lain. Tapi bedanya Ternak Uang itu perusahaan yang udah punya tim, udah punya system & processes, vision, dan strategi yang jelas. Analoginya kalo kalian punya anak, anaknya udah di fase remaja.

Dan itu kan sebenernya mimpi banyak orang ya. Udah bikin sesuatu yang cukup rapih untuk bisa jalan dengan sendirinya. Gw tetap bakal fokus Ternak Uang. Karena gimana caranya orang mikir jadi pengusaha, expose ke risiko yang besar, tapi kalo personal finance diri sendiri aja ga jalan? Dan itu sebenernya step by step buat gw.

Karena gw bilang, ‘Lu kenapa ga jadi entrepreneur?’ ‘Gw takut Ko, takut kehilangan duit’ “Gw takut kena risiko’ ‘Gw takut duit gw ga cukup’ Of course—makanya personal finance matters. Mengubah Indonesia berarti kita harus liat aspek-aspek, atau namanya dependencies yang dibutuhin sebelum kalian jadi entrepreneur—atau mau apapun itu lah.

Finance itu tetap salah satu yang lekat di hati gw. Karena kalian ga mungkin bisa ngelakuin hal-hal lain kalo misalnya keuangan pribadi aja ga beres. Dan makanya as a company, Ternak Uang pelan-pelan— gw rasa partner gw juga setuju—harus bisa berjalan independent sebagai brand sendirinya. Bukan nempel terus atau melekat dengan gw misalnya, Timothy.

And it’s also a stepping stone buat gw biar gw bisa bangun Sevenpreneur, yang hopefully dan gw aminin banget bisa jadi salah satu legacy gw dalam jangka waktu yang panjang. Again, menurut gw, Don’t follow the business, don’t follow the brand. Follow the purpose. Tujuannya bisnis itu dibangun—brand itu dibangun untuk apa? Video ini penting buat gw karena gw lebih berani untuk cerita apa hal-hal yang pengen gw achieve di dalam hidup gw sebelum gw mati.

Di saat ini, entrepreneurship is very dear to heart. Kalo kalian pelajari 3P—Pleasure, Passion, Purpose— Passion gw entrepreneurship, tapi purpose gw adalah gw pengen diingat. Pas gw mati, gw punya dampak positif yang emang sesuai dengan passion gw. So, gw appreciate banget kalo kalian dukung, kalian kirim doa kalian untuk Sevenpreneur.

Semoga gw bisa ciptain jutaan entrepreneur baru di Indonesia. Bukan cuma untuk ngebantu kalian make a lot of money, punya freedom, tapi actually majuin Indonesia. And then kalo misalnya bisa majuin Indonesia, itu mengubah dunia. Are we gonna scale sampe negara lain? Sampe ke Southeast Asia? Sampe ke Amerika? Sampe Eropa? We’ll never know.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Wawan Koeswara Juara I Lomba Poster International

Tapi 1 hal yang gw pelajarin, kalo kita bermimpi besar sampe di tahap itu lumayan menakutkan buat kita, ujung-ujungnya kalo gagal pun kita bakal jatuh di bulan. Ya, itu quote cliche lah. Tapi, that’s how I’m gonna change the world. Kalo kalian follow gw, ini bakal jadi konten-konten yang bakal sering kalian liat ke depannya.

Kepoin, follow instagram gw sama Sevenpreneur. I guess I’ll see you guys on the next video.

Penulis: Amanda

Sumber: Kampus swasta terbaik: Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet kubet