Cari Kerja Freelance Bidang IT? Inilah Cara dan Tempatnya!

Cari Kerja Freelance Bidang IT? Inilah Cara dan Tempatnya!

Tren Bekerja Jarak Jauh

Peningkatan fleksibilitas dalam kegiatan sehari-hari telah menjadi tren yang signifikan, didorong oleh kemajuan teknologi. Menurut riset dari Cisco yang dilaporkan oleh Liputan 6, 84% responden mendukung tren kerja fleksibel dari mana saja, menunjukkan adopsi yang luas terhadap konsep “work from anywhere”.

Pandemi Covid-19 juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran akan fleksibilitas pekerjaan. Ketika semua orang harus beradaptasi dengan situasi yang tidak pasti, banyak yang mulai bekerja dari rumah untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

Meskipun dampak dari pandemi mulai berkurang, kebanyakan orang tetap merasa nyaman dengan kerja jarak jauh. Riset dari McKinsey yang disampaikan oleh Binus Academy menunjukkan bahwa 80% responden merasa nyaman dengan bekerja jarak jauh.

Selain itu, hasil riset McKinsey yang berbeda menunjukkan bahwa ada peningkatan produktivitas dengan bekerja jarak jauh, dengan 28% responden menyatakan produktivitas lebih tinggi daripada bekerja di kantor. Bahkan, 41% responden menganggap tingkat produktivitas antara bekerja di kantor dan di rumah sama saja, menunjukkan bahwa bekerja jarak jauh dapat menjadi alternatif yang setara dalam hal produktivitas.

Baca juga : Ini Beberapa Faktor Yang Bisa Sebabkan Anak Jadi Pelaku Bullying

Cara Mencari Freelance IT

Terima kasih sudah membagikan panduan tentang mencari pekerjaan lepas di bidang IT! Ternyata, fleksibilitas dan kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai bidang menjadi daya tarik besar bagi orang-orang yang ingin mencoba menjadi freelancer. Sekarang mari kita lihat beberapa platform tempat kamu bisa mulai mencari pekerjaan lepas di bidang IT:

  1. Upwork: Salah satu platform freelance terbesar dan paling populer. Upwork menawarkan berbagai jenis proyek di berbagai bidang, termasuk pengembangan web, pengembangan perangkat lunak, desain grafis, dan banyak lagi.
  2. Freelancer: Platform lain yang sangat populer untuk pekerjaan lepas. Kamu bisa menemukan proyek-proyek IT dari seluruh dunia di sini.
  3. Fiverr: Fokus pada layanan digital, Fiverr adalah tempat di mana kamu bisa menawarkan keterampilan dan layananmu dalam bentuk “gig”. Kamu bisa menawarkan layanan pengembangan web, desain, penulisan kode, dan lainnya.
  4. Toptal: Lebih eksklusif, Toptal menyediakan layanan pengembang dan desainer yang sangat terampil. Proses seleksi untuk menjadi anggota Toptal lebih ketat, tetapi ini juga berarti proyek-proyek yang ditawarkan cenderung lebih besar dan bayarannya lebih tinggi.
  5. Guru: Platform ini menawarkan berbagai proyek di bidang IT, mulai dari pengembangan perangkat lunak hingga administrasi sistem dan banyak lagi.
  6. PeoplePerHour: Tempat yang bagus untuk menemukan proyek-proyek IT dalam berbagai kategori seperti pengembangan web, desain, penulisan kode, dan lainnya.
  7. LinkedIn: Selain sebagai jaringan profesional, LinkedIn juga menjadi tempat yang baik untuk mencari proyek-proyek freelance. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian dan mengikuti grup-grup terkait IT untuk menemukan peluang.
  8. Dice: Lebih fokus pada industri teknologi, Dice adalah tempat yang baik untuk mencari pekerjaan lepas di bidang IT, terutama untuk pengembang perangkat lunak, insinyur perangkat lunak, dan peran teknis lainnya.

Pastikan untuk memperbarui profilmu dengan baik dan menjaga portofoliomu terorganisir dan terkini agar dapat menarik perhatian klien potensial. Semoga berhasil dalam pencarian pekerjaan lepas di bidang IT!

Baca Juga : FF.Luisitogeek.Com, Situs Akun Dan Diamond Gratis Free Fire?

Sribu

Benar, Sribu merupakan salah satu platform terbesar untuk mencari freelancer di Indonesia. Didirikan pada tahun 2014 dan awalnya dikenal dengan nama Sribulancer, platform ini memang fokus pada penyediaan layanan jasa dari para pekerja lepas kepada klien. Berbagai jenis pekerjaan dapat ditawarkan di Sribu, termasuk di dalamnya bidang teknologi seperti perbaikan bug dan pembuatan website. Dengan adanya platform ini, para freelancer memiliki kesempatan untuk menawarkan keahlian mereka kepada klien yang membutuhkan layanan tersebut, sementara klien juga dapat dengan mudah menemukan tenaga ahli untuk proyek mereka.

Fastwork

Fastwork memang merupakan salah satu situs terbesar untuk freelancing di Asia Tenggara, dan kehadiran aplikasi mobile memudahkan pengguna untuk mengakses platform ini secara praktis. Meskipun memiliki kemiripan dengan Sribu dalam hal menyediakan layanan jasa dari freelancer kepada klien, Fastwork cenderung menawarkan beragam pekerjaan yang lebih umum dan tidak terlalu spesifik. Ini berarti para freelancer dapat mengeksplorasi berbagai jenis proyek yang lebih luas sesuai dengan keahlian dan minat mereka. Dengan demikian, Fastwork memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi para freelancer dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keahlian mereka.

Terima kasih atas penjelasannya! Informasinya sangat bermanfaat dan akan sangat membantu bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan lepas. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan memberi semangat kepada pembaca untuk mengeksplorasi dunia freelance lebih lanjut. Jiayou juga untuk kamu dalam mengejar impian dan mencapai kesuksesan di bidang yang kamu geluti!

Penulis : Kevin Praditya

Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *