Flowchart, Tips dan Cara Praktis Membuatnya

Flowchart, Tips dan Cara Praktis Membuatnya

Mengenal flowchart adalah langkah pertama yang penting dalam merancang alur aksi atau proses tertentu. Flowchart adalah representasi visual dari alur kerja atau proses yang menggunakan simbol-simbol grafis untuk menggambarkan langkah-langkah, keputusan, dan aliran data dalam suatu sistem.

baca juga : Python: Pengertian, Contoh Penggunaan, dan Manfaat Mempelajarinya

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam merancang flowchart:

  1. Pahami alur fitur atau aplikasi: Sebelum mulai merancang flowchart, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang spesifikasi dan alur fitur atau aplikasi yang akan dirancang. Hal ini akan membantu dalam menentukan simbol-simbol yang tepat dan arah alur dalam diagram.
  2. Gunakan simbol yang konsisten: Penting untuk menggunakan simbol-simbol flowchart yang telah disepakati secara umum dan konsisten. Ini akan membantu menghindari kesalahan interpretasi dan memudahkan pemahaman alur oleh orang lain.
  3. Buat diagram sesederhana mungkin: Usahakan untuk membuat flowchart sesederhana mungkin agar mudah dipahami. Hindari menyimpan informasi yang kompleks dalam satu diagram, dan pertimbangkan untuk memecahnya menjadi beberapa subproses jika diperlukan.
  4. Mulai dengan hal-hal umum terlebih dahulu: Ketika merancang flowchart, mulailah dengan menjabarkan hal-hal yang lebih umum terlebih dahulu sebelum masuk ke detail-detail yang lebih spesifik. Ini akan membantu dalam membuat diagram yang lebih ringkas dan mudah dipahami.
  5. Gunakan label dengan bijak: Jika flowchart memiliki banyak langkah atau subproses, pertimbangkan untuk menggunakan label pada simbol subproses untuk memberikan informasi tambahan atau menjelaskan fungsi dari langkah-langkah tersebut.

baca juga : Baparekraf Digital Talent (BDT) Challenge 2023

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan flowchart yang dirancang akan menjadi lebih efektif dalam memvisualisasikan alur aksi atau proses tertentu, serta lebih mudah dipahami oleh orang lain yang melihatnya.

penulis : Adi Pratama

teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *