Berikut adalah panduan untuk membuat jamu temulawak yang tidak hanya meningkatkan nafsu makan anak-anak dan meningkatkan imunitas tubuh orang dewasa, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar asam urat, kolesterol, gula darah, dan tekanan darah tinggi.

Temulawak memiliki rasa pahit dan aroma khas yang berasal dari kandungan minyak atsiri di dalamnya. Dengan kandungan terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol yang tinggi, temulawak memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antikanker, serta efek antidiabetes.

Baca Juga : Langkah-langkah Mengajukan Izin Penggunaan Air Tanah dari Sumur ke Kementerian ESDM

Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, temulawak dapat secara efektif mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi temulawak adalah dengan meraciknya menjadi jamu.

Berikut langkah-langkahnya

  1. Parut rimpang temulawak dan rebus dalam 2 gelas air.
  2. Biarkan mendidih dan kemudian saring.
  3. Tambahkan satu sendok makan madu atau gula pasir.
  4. Dinginkan ramuan jamu sebelum diminum oleh anak Anda.

Selain cara ini, ramuan temulawak juga bisa disajikan dengan cara lain, seperti dengan mencampur rimpang temulawak parut dengan air dan merendamnya sejenak. Air hasil perasan bisa ditambahkan dengan sedikit garam dan gula pasir untuk meningkatkan rasanya.

Baca Juga : Beasiswa LPDP 2024: Terbuka Kembali Peluang Emas Menuju Puncak Prestasi Pendidikan

Jika anak-anak enggan mengonsumsi jamu tersebut, temulawak juga dapat dicampur dengan makanan favorit mereka. Misalnya, temulawak parut dan sedikit lada dapat ditaburkan ke dalam telur orak-arik atau hidangan lain yang disukai oleh anak-anak.

penulis : M.aditya fadillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *