Kamu pernah bertanya-tanya mengenai jurusan Bimbingan Konseling (BK) atau jurusan Psikologi? Belajar apa? Gelarnya apa? Atau prospek kerjanya gimana ya? Nah di sini akan bahas tentang jurusan BK dan Psikologi. Yuk baca sampai akhir!

Jurusan Bimbingan Konseling (BK)

Mendengar kata Bimbingan Konseling (BK), kamu akan teringat ketika sekolah dulu ada guru BK.  Namun ternyata, jurusan BK bukan hanya diperuntukkan di lingkungan pendidikan. Lebih luas dari itu, BK juga diperlukan di lingkungan masyarakat. 

Ilmu yang dipelajari dalam BK mencakup perilaku manusia, kepribadian, dan teori-teori psikologi. Dalam BK ini, yang ditekankan adalah konseling. Jika kamu orang yang suka bersosialisasi dengan orang lain, peduli dengan permasalahan yang menyangkut personal baik di lingkungan pendidikan atau masyarakat, jurusan BK ini sangat cocok dengan kamu. Gelar yang didapatkan jika kamu kuliah di jurusan ini  adalah S.Pd. 

Prospek kerja di jurusan BK ini adalah sebagai konselor, baik di lingkungan pendidikan, lembaga pusat rehabilitasi, lembaga pemasyarakatan, konsultan di bidang pengembangan SDM, serta lembaga masyarakat. Nama pekerjaan untuk profesi BK ini diantaranya adalah sebagai Guru BK, Psikolog Konseling, Dosen Psikologi, Hipnoterapi, Psikologi Sekolah, Mediator Keluarga, Spesialis Sumber Daya Manusia, serta Konselor Edukasi. 

Baca juga:

Jurusan Psikologi

Lebih luas dari Bimbingan Konseling, jurusan Psikologi mempelajari perilaku manusia, proses perkembangan, fungsi mental, kepribadian manusia, self development, fenomena yang terjadi pada manusia seperti fase marah, sedih, bahagia, dan lain sebagainya. Jika ranah BK umumnya pada pendidikan, Psikologi mencakup ranah dinamika emosi, dinamika sosial, dan dinamika organisasi. 

Gelar yang akan didapatkan jika kamu berkuliah di jurusan Psikologi adalah S.Psi. Asal kamu tau, jurusan Psikologi ini ada yang masuk rumpun Saintek dan ada juga yang masuk rumpun Soshum. Perbedaannya adalah Psikologi di rumpun Saintek lebih memperdalam Psikologi dari segi kesehatan. Sementara Psikologi Soshum lebih memperdalam Psikologi Ilmu Sosial dan Humaniora tapi dalam pembelajarannya tetap berkaitan dengan  Sains. 

Prospek kerja di jurusan psikologi diantaranya adalah sebagai Konsultan Psikologi atau Psikolog, Ahli Psikometri, Pengajar Psikologi, Human Resource Development (HRD), Ahli Intervensi Sosial di lingkungan pemerintah, dan lain sebagainya. Profesi dan karir lulusan Psikologi diantaranya adalah sebagai Peneliti Survei, Psikolog Klinis, Psikolog Organisasi Industri, Konselor Kesehatan Mental, Psikolog Konseling, Terapis Pernikahan dan Keluarga, Psikolog Sekolah, Spesialis Anak Berkebutuhan Khusus, serta Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisis pekerjaan. 

Baca juga:

Pilih BK atau Psikologi?

Untuk menentukan apakah kamu lebih cocok di jurusan BK atau Psikologi, kamu bisa mempertimbangkan perbedaan BK dan Psikologi dari segi bidang yang dipelajari, gelar yang didapat, serta prospek kerja kedepannya. Ketiga perbedaan tersebut bisa disesuaikan dengan kapasitas yang ada dalam dirimu. Buat kamu yang menyukai hal yang berkaitan dengan pendidikan, bisa memilih jurusan BK. Sementara buat kamu yang bercita-cita menjadi psikolog dan menyukai hal yang lebih luas dari pendidikan, bisa memilih jurusan Psikologi. 

Baca juga:

Nah itu dia serba-serbi informasi mengenai jurusan BK dan Psikologi. Kamu lebih tertarik yang mana? Yuk tuliskan pendapatnya di kolom komentar!

Untuk informasi menarik lainnya, yuk follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan  

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *