Hallo Campuspedia Friends! Jurusan matematika selalu berkembang dengan berbagai rumor tentang kesulitannya. Walau begitu, nyatanya jurusan matematika pada bangku perkuliahan masih banyak diminati oleh para calon mahasiswa. 

Akan tetapi, terkadang saat sudah yakin akan mengambil fokus studi matematika kedepannya, kalian masih harus dibingungkan dengan pilihan untuk ambil matematika murni, terapan, atau ke pendidikan. 

Nah apakah ada dari kalian yang masih bingung membedakan jurusan-jurusan-jurusan matematika yang sudah ada tersebut? Simak arikel ini sampai akhir ya!

Matematika Murni

Dengan sebutan murni di belakangnya, jurusan matematika ini tentunya berfokus pada matematika sebagai pondasi untuk struktur berpikir logis serta sistematis. Mirip seperti yang diajarkan saat sekolah. Penempatan jurusan matematika ini berada pada departemen/fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). 

Akan tetapi, biasanya dalam pilihan prodi yang tersedia dalam FMIPA, jurusan matematika ini tidak terdapat embel-embel murni di belakangnya. 

  • Prospek kerja : Data analyst, auditor, market researcher, peneliti, dan beragam prospek kerja lainnya.
  • Rekomendasi Perguruan Tinggi : ITS, UGM, UI, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, dan BINUS University.
  • Gelar : S. Mat. (Sarjana Matematika)

 

 

Matematika Terapan

Sesuai dengan namanya ‘terapan’, ilmu matematika dalam jurusan ini menekankan bagaimana menerapkan ilmu matematika dalam kehidupan manusia. Hal yang dipelajari pun mengerucut pada salah satu bidang dalam lingkup besar matematika itu sendiri. Contohnya adalah prodi statistika dan aktuaria.

Statistika berfokus pada bagaimana mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Sedangkan aktuaria belajar bagaimana mengukur risiko asuransi, produk-produk keuangan, serta industri atau profesi lain berdasarkan prinsip matematika dan statistika.

 

Baca juga :  

 

  • Prospek kerja : Ahli statistik, aktuaris, penyelidik klaim asuransi, dan lain-lain.
  • Rekomendasi Perguruan Tinggi : UGM, UI, Universitas Brawijaya, dan Universitas Airlangga.
  • Gelar : Bervariasi tergantung prodi. Misalnya statistika (S. Si ; S. Stat) , Aktuaria (S.Aktr)

 

 

Pendidikan Matematika

Nah, kalau kamu ingin menjadi guru matematika di kemudian hari, maka prodi ini yang akan kamu ambil. Semua prodi yang berada memiliki nama ‘pendidikan’ di depannya adalah calon-calon guru di masa depan. Selain belajar matematika, tentunya kamu harus menguasai cara bagaimana ilmu matematika itu bisa tersampaikan dengan baik pada anak didikmu kelak.

  • Prospek kerja : Guru matematika, pembimbing les privat matematika, entrepreneur di bidang pendidikan matematia, dan lain-lain.
  • Rekomendasi Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Jember.
  • Gelar : S. Pd. (Sarjana Pendidikan)

 

 

Nah dengan adanya penjelasan minca berikut, semoga sekarang kalian ngga bingung lagi ya membedakan 3 jurusan matematika tersebut! Pastikan juga kalian mantapkan pilihan kalian dalam matematika sesuai dengan apa yang kamu kehendaki kedepan ya, Campuspedia Friends!

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *