Halo Sahabat Campuspedia! Kali ini Campuspedia akan membantu kamu para calon mahasiswa baru yang mungkin masih bingung ingin masuk ke jurusan apa. Atau mungkin di antara kalian sudah ada yang memiliki gambaran ingin masuk ke jurusan tertentu, misalnya jurusan PWK atau jurusan Arsitektur?

Baca juga:

Beberapa orang kerap kali kesulitan ketika ditanya mengenai perbedaan antara jurusan PWK dan jurusan Arsitektur. Keduanya sama-sama ada mata kuliah menggambar teknik, sama-sama merancang dan merencanakan. Lalu, dimanakah letak perbedaan jurusan PWK dan Arsitektur? Yuk, simak informasinya disini!

Perencanaan Wilayah dan Kota

jurusan pwk

Sumber Gambar: https://sappk.itb.ac.id/

Sedikit informasi tentang jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, jurusan ini disebut juga sebagai jurusan Planologi. Planologi sendiri adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang suatu wilayah atau kota dan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Sama seperti namanya.

Fakta menariknya, mungkin bagi kamu yang suka main game membangun sebuah kota atau penataan wilayah, mungkin jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini bisa cocok untuk kamu. Di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai hal-hal terdasar dari perencanaan suatu pembangunan, baik pembangunan tempat, daerah, atau pun kota. Semuanya hal yang perlu disiapkan akan dipelajari di jurusan ini.

Bukan hanya mempersiapkan mengenai tatanan bangunannya saja, kamu juga akan mempelajari aspek-aspek lain yang dapat terjadi. Misalnya ketika kamu ingin membangun sebuah gedung untuk penjualan, maka akan diteliti lebih detail apakah lokasi tersebut sudah strategis untuk ditempati. Mulai dari sisi ekonominya, aspek masyarakat, jalur transportasi, struktur tanah, dan lain-lain.

Mahasiswa PWK sendiri sering menyebut jurusan mereka adalah jurusan SAINTEK yang nggak SAINTEK SAINTEK amat, karena ada mata kuliah ekonomi dan beberapa ilmu sosial yang dipelajari di dalamnya.

Prospek pekerjaan dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini juga luas banget loh. Ketika kamu lulus, kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan. Di sana kamu dapat berperan untuk membantu proses pembangunan lingkungan, penataan kota, infrastruktur, dan lain-lain.

Selain di instansi pemerintahan, banyak juga perusahaan swasta profit maupun non profit yang selalu membutuhkan lulusan jurusan Planologi ini. Jadi jangan khawatir, karena bidang keilmuan yang dipelajari di jurusan PWK ini juga sangat luas.

Baca juga:

Arsitektur

jurusan arsitektur

Sumber Gambar: https://www.ar.itb.ac.id/

Mungkin kebanyakan dari kalian sudah sangat familiar dengan jurusan yang satu ini. Jurusan arsitektur kerap kali disebut juga sebagai jurusan gambar-gambar, alias di dalam jurusan ini mahasiswanya akan belajar bagaimana merancang suatu bangunan yang sesuai dengan kebutuhan tetapi tetap memperhatikan nilai estetika.

Ketika kamu belajar mengenai desain rancang bangunan ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan selain sesuai dengan kebutuhan dan estetikanya adalah keamanannya juga. Oleh sebab itu, ketika kamu menjadi mahasiswa Arsitektur, kamu tidak hanya berusaha memberikan hasil desain yang indah, tetapi desain tersebut juga dapat direalisasikan dengan baik.

Meskipun Arsitektur erat kaitannya dengan Fakultas Teknik, tetapi sebenarnya jurusan ini juga nggak terlalu teknik banget kok! Kamu juga akan belajar menganalisis kebutuhan ruang, desain bangunan maupun interior, fungsinya, dan lain-lain.

Kreatif adalah salah satu hal yang paling penting karena ketika kamu membuat rancangan desain suatu bangunan, pastinya dibutuhkan ide yang baru dan menarik juga. Selain itu, kamu juga bisa belajar dari bentuk-bentuk bangunan yang ada di sekitar kamu untuk memahami struktur bangunannya. Keren banget kan!

Prospek kerja Arsitektur ini juga besar banget loh. Pembangunan akan terus berlangsung setiap saat, dan orang-orang membutuhkan lulusan arsitektur untuk membantu mewujudkan hunian impian mereka. Jadi, jangan khawatir kalau kamu masuk ke jurusan Arsitektur, karena kamu juga pasti jadi rebutan.

Entah tergabung ke tim tertentu atau bekerja secara individu, kamu bisa menerapkan ilmu arsitektur yang kamu miliki.

Perbedaan PWK dan Arsitektur

Nah, kemudian apa sih yang membedakan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota dengan jurusan Arsitektur?

Secara singkatnya, jurusan PWK itu mempelajari hal yang lebih luas jika dibandingkan dengan Arsitektur. Di jurusan PWK kamu akan mempelajari mengenai merencanakan pembangunan mulai dari skala terkecil misalnya perumahan hingga skala besar yaitu kota, provinsi, atau bahkan nasional.

Sementara itu, di jurusan Arsitektur kamu akan mempelajari mengenai perancangan pembangunan hunian yang lebih kecil seperti rumah, toko, cafe, dan lain-lain.

Yang membuat keduanya saling berhubungan adalah kedua mempelejari mengenai ilmu perancangan. Kalau Arsitektur ke perencangan estetika maka PWK ke perancangan tata letak bangunan.

Baca juga:

Nah itu dia sedikit tentang jurusan PWK dan jurusan Arsitektur serta apa yang membedakannya. Kira-kira kamu condong ke arah mana nih? Jurusan PWK atau jurusan Arsitektur? Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *