Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia Menggelar International Visiting Lecture “Ketahanan Pangan Melalui IoT dan Geospasial”

Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia Menggelar International Visiting Lecture “Ketahanan Pangan Melalui IoT dan Geospasial”

Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia telah mengadakan acara berkelas internasional bertajuk “Ketahanan Pangan Melalui IoT dan Geospasial.” Acara ini merupakan salah satu upaya universitas untuk memperluas wawasan mahasiswa dalam bidang Internet of Things (IoT) dan geospasial. National Visiting Lecture ini merupakan momen berharga bagi mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan mereka tentang konsep IoT dan penggunaan geospasial dalam berbagai konteks.

Dalam acara yang berlangsung, kami memiliki kehormatan untuk memiliki Bapak Muhammad Iqbal Habibie, Ph.D., seorang pakar dalam bidang sistem pendukung keputusan spasial. Beliau merupakan kepala penelitian di Lembaga Penelitian dan Pengembangan Inovasi Nasional (BRIN). Beliau telah memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana IoT dan geospasial dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan.

Baca juga : INDONESIAN TECHNOCRAT UNIVERSITY STUDENTS WIN NATIONAL INTERNET OF THINGS CHAMPIONS AT THE 2022 ELECTRICAL ENGINEERING FESTIVAL

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Teknik Elektro tentang IoT dan geospasial. Internet of Things adalah konsep di mana objek-objek dapat saling berkomunikasi dan mengirimkan data tanpa melibatkan intervensi manusia. Hal ini memungkinkan berbagai perangkat terhubung di sekitar kita untuk berbagi informasi dan membantu dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Di sisi lain, geospasial adalah kemampuan untuk menggunakan data geografis dalam berbagai bentuk, seperti peta, grafik, statistik, dan kartogram, untuk menganalisis perubahan sejarah dan tren yang ada.

Kombinasi antara IoT dan geospasial membuka pintu bagi pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pertanian, produktivitas pertanian perkotaan, dan pengoptimasian sumber daya yang terkait dengan kepadatan penduduk. Dengan metode ini, kita dapat mendeteksi daerah-daerah yang masih memerlukan peningkatan dalam sektor pertanian, memprediksi potensi hasil pertanian di lingkungan perkotaan, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

National Visiting Lecture ini telah diselenggarakan pada tanggal 27 Desember 2022, pukul 09:00-11:00. Acara ini dipandu oleh Bapak Akhmad Jayadi, M.Cs., dan dibuka secara resmi oleh Kaprodi Teknik Elektro, Qadhli Jafar Adrian, MIT. Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dan staf akademik yang tertarik untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang IoT dan geospasial.

Kami juga sangat berterima kasih atas apresiasi dan dukungan yang diberikan oleh Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. Beliau menggarisbawahi pentingnya memiliki dosen-dosen berkualitas dan berpengalaman dalam memberikan pendidikan terbaik kepada mahasiswa. Program seperti National Visiting Lecture ini merupakan salah satu langkah nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Teknokrat Indonesia. Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan berharga untuk berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa dari luar negeri, yang merupakan pengalaman internasional yang sangat berharga.

Dengan adanya International Visiting Lecture ini, Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas wawasan mahasiswa dan menjalin kerjasama dengan para pakar di berbagai bidang. Ini adalah langkah yang sangat positif dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan dalam industri yang semakin terhubung dan berbasis teknologi. Kami berharap acara ini menjadi awal dari banyak kerjasama serupa yang akan datang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Sumber artikel : klik disini

Penulis : Asty (writing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *